dasar-dasar Digital Marketing

Digital Marketing Dan Internet Marketing Apa Bedanya?

TerSurat.com Yogyakarta –  Banyak orang bertanya-tanya apa sih perbedaan antara digital marketing dan internet marketing. Dilihat dari asal kata, baik bentuk pemasaran maupun pemasarannya adalah. Namun, kedua istilah tersebut sebenarnya sedikit berbeda. Pada artikel ini, Glints menjelaskan semua perbedaan antara pemasaran digital dan pemasaran internet. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Baca juga : 5 mitos pemasaran media sosial akan ditinggalkan pada tahun 2021

Pemasaran digital

Dalam beberapa tahun terakhir, istilah pemasaran digital telah digunakan secara luas oleh para pemasar di seluruh dunia. Apa sebenarnya pemasaran digital itu? Pemasaran digital yang dilaporkan oleh HubSpot mencakup segala upaya pemasaran yang menggunakan perangkat elektronik atau internet.

Dengan kata lain, semua teknik pemasaran yang dilakukan dengan perangkat digital merupakan bagian dari pemasaran digital. Perbedaan pertama antara pemasaran digital dan pemasaran internet adalah pada bentuk pemasarannya. Berbagai bentuk pemasaran yang termasuk dalam pemasaran digital antara lain adalah pemasaran konten, pengoptimalan mesin telusur (SEO), pemasaran email, bayar per klik (PPC), papan reklame elektronik, dan iklan televisi. Dengan melihat berbagai bentuk pemasaran ini, Anda dapat mengetahui bahwa pemasaran digital adalah istilah yang luas. Pemasaran digital tidak hanya terbatas pada pemasaran melalui media internet, tetapi juga pada platform digital seperti televisi.

Pemasaran Internet

Sebelum istilah pemasaran digital sepopuler saat ini, para pemasar menyebut istilah internet marketing. Apa itu Pemasaran Internet? Menurut MTarget, pemasaran internet merupakan aktivitas pemasaran yang ditujukan kepada pengguna internet. Pemasaran internet sering disebut sebagai pemasaran online. Pemasaran Internet mencakup semua bentuk pemasaran yang berhubungan dengan internet. Untuk dapat melakukan pemasaran internet Anda harus terhubung ke internet.

Baca Juga  5 Alat Otomatisasi Pemasaran Email untuk Strategi Pemasaran yang Sukses

Inilah perbedaan antara pemasaran digital dan pemasaran internet.

Pemasaran internet memiliki cakupan yang relatif sempit dibandingkan pemasaran digital. Padahal, Anda bisa menyimpulkan bahwa internet marketing adalah bagian dari digital marketing. Jika pemasaran digital mencakup iklan televisi, papan reklame elektronik, dan layanan pesan singkat (SMS), pemasaran Internet tidak. Pemasaran Internet tidak mencakup ketiga hal ini karena tidak terhubung langsung ke koneksi internet.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, Anda dapat menyimpulkan bahwa kedua bentuk pemasaran tersebut memiliki banyak kesamaan. Maka tak heran jika beberapa orang bahkan menyamakan keduanya. Namun, Anda bisa membedakan sedikit antara pemasaran digital dan pemasaran internet dengan menggunakan kata “internet”. Semua upaya pemasaran yang menggunakan teknologi digital dapat dimasukkan ke dalam pemasaran digital. Singkatnya, pemasaran internet adalah bagian dari pemasaran digital. Namun, tidak semua yang disebut pemasaran digital adalah bagian dari pemasaran internet, seperti yang dapat dilihat dari WebFX. Pemasaran digital memiliki ruang lingkup yang lebih luas sehingga bisa disebut sebagai payung pemasaran internet.

Demikian penjelasan tentang perbedaan antara digital marketing dan internet marketing. Kesimpulannya, tidak ada perbedaan yang signifikan antara keduanya. Padahal, internet marketing bisa dikatakan bagian dari digital marketing. Mana yang lebih efektif? Itu semua tergantung pada model bisnis dan tujuan pemasaran yang ingin Anda capai. Anda dapat memilih bentuk pemasaran yang sesuai dengan tujuan Anda. Selain digital marketing dan internet marketing, masih banyak istilah dan bentuk pemasaran lainnya lho!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *