dasar-dasar Digital Marketing

7 Jenis Pekerjaan Pemasaran yang Mungkin Belum Anda Ketahui

TerSurat.com Yogyakarta – Ragam dan jenisnya semakin beragam. Kecenderungan anak-anak saat ini untuk mengakses segala sesuatu yang ada di ponsel berdampak besar pada sistem kerja pemasaran dalam pendekatannya kepada konsumen yang sebagian besar adalah kaum muda. Jangan salah sangka, para orang tua saat ini cukup melek teknologi, sehingga mereka juga sudah paham dengan proses pembelian barang melalui situs online atau layanan berbasis digital. Dalam hal ini, pekerjaan pemasaran pasti akan meningkat.

Baca juga : Berikut beberapa Tips Membuat Storytelling yang Menarik di Media Sosial

Perubahan perilaku konsumen ini tampaknya memaksa terjadinya perubahan ritme dan pola kerja pemasaran. Strategi yang digunakan adalah tidak hanya barang berkualitas baik, pengemasan, tampilan pada iklan, mitra pemasaran seperti penyedia cetak dan penyelenggara acara memainkan peran penting dalam semua pekerjaan pemasaran. Bagi Anda yang tertarik untuk bekerja di bidang pemasaran, simaklah 7 Jenis Pekerjaan Pemasaran yang Mungkin Belum Anda Ketahui Sebelumnya.

1 .Penulis konten

Pernahkah Anda mendengar tentang lowongan pekerjaan sebagai penulis konten? Menulis sekarang juga memasuki pekerjaan pemasaran, lho. Pekerjaan pemasaran penulis konten juga bervariasi dalam karakter, tergantung pada persyaratan perusahaan dan koordinator departemen yang merancang perencanaan konten reguler.

2. Pemilik produk

Posisi ini tidak secara langsung memiliki departemen pemasaran, tetapi fungsi profesionalnya hampir sama dengan pekerjaan pemasaran. Pemilik produk di sebagian besar organisasi pindah ke TI karena pekerjaan mereka berbasis teknologi.

3. Perancang grafis

Seperti yang saya bahas di atas, pendekatan kepada konsumen yang sebagian besar merupakan Gen Y ini berbeda dengan generasi sebelumnya. Tampilan visual sangat penting agar calon konsumen dapat membayangkan terlebih dahulu bentuk produk yang akan mereka beli. Nah, pekerjaan marketing seorang desainer grafis berkaitan dengan kemunculan produk atau iklannya di media, baik cetak maupun digital.

Baca Juga  Berbagai Cara Yang Bisa Anda Gunakan Dalam Pemasaran Digital Gimana Metodenya?

4. Spesialis media sosial

Media sosial di era digital ibarat menu yang sayang untuk dilewatkan dari pagi hingga malam. Alhasil, pemasaran pun harus bisa menjangkau konsumen melalui media sosial. Ketika Anda membayangkan kegembiraan posisi ini yang akan menghantam berbagai media dan orang-orang baru dalam lingkungan yang dinamis, citra Anda sama sekali tidak salah. Namun tentunya tantangan juga ada untuk pekerjaan marketing yang satu ini. Terkadang Anda harus rela bekerja di akhir pekan karena ada acara yang sedang berlangsung di suatu tempat. Tidak jarang pekerjaan Anda melelahkan sepanjang hari, mobilitas tinggi, namun Anda perlu menjaga mood agar tetap terkendali agar aktivitas kerja tidak terganggu.

5. Eksekutif / Manajer Akun

Jenis pekerjaan pemasaran ini mungkin mudah untuk Anda bayangkan, meskipun istilah tersebut tidak terlalu dikenal dalam jenis bisnis tradisional. Tugas seorang eksekutif akun adalah bekerja dengan klien korporat. Pelanggan bisa individu atau bisnis, tergantung pada jenis layanan dan produk yang ditawarkan oleh perusahaan tempat Anda bekerja.

6. Copywriter

Seorang copywriter berbeda dari penulis konten. Anda diminta untuk menulis surat yang pendek dan meyakinkan serta memberikan “jiwa” pada produk yang akan diiklankan. Pekerjaan pemasaran ini juga membutuhkan kreativitas dalam menangani bahasa dan mengolah kata. Copywriter memainkan peran penting dalam aktivitas branding tim pemasaran.

7. Influencer

Tentunya Anda sering mendengar tentang pekerjaan marketing yang satu ini. Padahal, pasti banyak dari Anda yang mengikuti akun Instagram atau blog influencer. Faktanya, tidak semua perusahaan melihat kebutuhan akan influencer sebagai bagian dari serangkaian tugas pemasaran. Faktanya, lebih mudah dan lebih umum bagi konsumen target saat ini untuk mengakses informasi melalui posting Instagram, posting blog, atau video di saluran YouTube influencer. Menjadi influencer bisa menjadi pekerjaan atau pekerjaan paruh waktu, tergantung pada seberapa besar minat dan keseriusan Anda di dalamnya. Influencer sendiri biasanya tidak bekerja dalam sistem kantor, lebih sering bertemu pelanggan saat makan siang atau mengikuti acara.

Baca Juga  5 Tips berbisnis baju bekas sebagai kerja sampingan yang menguntungkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *