4 Tips Staycation Saat Puasa yang Wajib Kamu Ketahui

4 Tips Staycation Saat Puasa yang Wajib Kamu Ketahui!

Yogyakarta, Tersurat.com – Liburan saat Puasa, Kenapa Tidak? Nyatanya, banyak dari kita yang mengurangi aktivitas fisik agar tidak mudah lelah dan menghadapi rasa lapar hingga waktunya berbuka puasa. Sebagian dari kita juga memilih tinggal di rumah agar tidak cepat lemas saat sedang menjalankan puasa. Padahal, berpuasa bukan berarti mengurangi aktivitas kita sehari-hari, termasuk saat liburan. Sangat membosankan hanya berada di rumah dan tidak melakukan apa-apa.

Staycation bisa jadi pilihan yang tepat dan aman karena yang perlu Kamu lakukan hanyalah menginap di penginapan yang nyaman dengan suasana berbeda dari rumah Kamu. Kamu tetap bisa berpuasa sambil menenangkan pikiran sejenak. Selain itu, dengan Staycation Kamu dapat menghemat budget liburan Kamu

    Baca Juga : Gambaran umum Iklim, Karakteristik cuaca yang terjadi di suatu wilayah

Apa itu staycation?

Staycation berasal dari dua kata yaitu stay dan vacation. Stay bisa diartikan “tinggal”, sedangkan vacation berarti liburan”. Gabungan, kedua kata ini dapat dengan mudah diartikan sebagai liburan dengan tinggal atau menetap di suatu tempat.

Menurut Cambridge Dictionary, definisi Staycation berarti liburan yang Kamu habiskan di rumah atau di dekat rumah, daripada bepergian ke lokasi yang jauh. Namun, tinggal di Indonesia Staycation identik dengan menginap di hotel atau vila bersama keluarga atau teman.

Meski bisa dibilang trend staycation di Indonesia baru meledak dalam beberapa tahun terakhir, namun trend staycation di AS sudah dikenal sejak tahun 2003, lho! Di Indonesia sendiri tren staycation cenderung lebih banyak ditemukan hanya dikota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Makassar, Palembang dan lainnya

Baca Juga  5 Cara Mudah Atasi Casing Posnsel Menguning

Berikut 4 tips pengalaman tak terlupakan saat Staycation sambil berpuasa:

Tips Staycation Saat Berpuasa

1. Manfaatkan fasilitas tempat Kamu menginap
Dengan Staycation Kamu akan menghabiskan banyak waktu di akomodasi tempat Kamu menginap. Tentunya jika tidak ada yang bisa dilakukan di sekitar Kamu, Kamu akan bosan dan harus menunggu sampai berbuka.

Oleh karena itu, Kamu perlu memilih hotel atau akomodasi yang tepat dengan memilih akomodasi dengan area aktivitas berbeda seperti ruang olahraga, kolam renang, atau ruang permainan. Undang teman atau keluarga Kamu untuk lebih bersenang-senang!

2. Hunting foto Untuk Kamu Yang Tertarik Dengan Fotografi
Saat menginap, pastikan Kamu memilih tempat menginap yang memiliki sudut pandang yang instagramable untuk konten media sosial Kamu. Beberapa hotel telah mendekorasi dan mendesain interiornya dengan gaya yang unik, modern, dan milenial.

Tidak peduli foto apa yang Kamu ambil, itu akan terlihat menarik. Untuk para Photo Hunter, momen ini juga bisa digunakan untuk melatih kemampuan fotografi dan berpose!

3. Maraton film
Gunakan waktu santai Kamu untuk menonton banyak film bersama keluarga atau teman pada waktu yang sama. Saat Kamu menonton film, Kamu dapat menunggu waktu berbuka puasa tanpa merasa bosan.

Pilih film yang mungkin akan sangat Kamu lewatkan jika Kamu harus bekerja pada hari-hari biasa. Kamu tidak perlu khawatir masalah kuota karena Kamu dapat memanfaatkan WiFi atau TV kabel hotel.

4. Buka puasa dengan menu jajanan setempat
Bahkan jika Kamu sedang berpuasa, jangan lewatkan tempat makan maupun jajanan disekitar tempat kamu menginap. Pada akhirnya, Kamu akan menikmati buka puasa di tempat kamu menginap.

Agar lebih mudah, Kamu bisa memilih akomodasi yang berada di lokasi yang strategis atau dikelilingi berbagai wisata kuliner. Ada banyak menu yang bisa dicoba sehingga menu buka puasa Kamu akan bervariasi.

Baca Juga  Badan Anda Tidak Ideal Wajib Lakukan Hal Ini

Berlibur di bulan puasa bukanlah hal yang buruk, bukan? Yang terpenting, Kamu perlu berhati-hati saat memilih penginapan. Selain itu, pilihlah akomodasi yang menjamin kebersihan dan keamanannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *