7 Kebiasaan Gaya Hidup Sehat yang Lebih Baik Dilakukan Pada Malam Hari

7 Kebiasaan Gaya Hidup Sehat yang Lebih Baik Dilakukan Pada Malam Hari

Yogyakarta, Tersurat.com – Pola hidup sehat bisa dilakukan kapan pun, dimana pun. Misalnya, Anda akan belajar banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi, berlatih yoga untuk mengontrol stres hingga membuat menu sehat untuk keluarga Anda. Tentunya ini semua bisa dilakukan di waktu senggang. Namun, ada beberapa kebiasaan yang bisa membawa manfaat besar jika dilakukan di malam hari.

    Baca Juga : 8 Kebiasaan kecil yang secara tidak sadar dapat merusak kesehatan Anda

Berbagai kebiasaan kesehatan yang bekerja dengan baik di malam hari

Tidak semua kebiasaan sehat akan memberikan hasil yang maksimal jika dilakukan pada pagi hari. Padahal, malam hari adalah waktu terbaik untuk menerapkan pola hidup sehat. Ya, karena tubuh memproduksi sel secara optimal di malam hari. Jika Anda memiliki pola hidup sehat di malam hari, hal ini akan membantu memaksimalkan proses pembaruan sel. Bahkan ganti sel mati dengan yang baru agar sel-sel tubuh Anda sehat.

Kiat yang baik dilakukan pada malam hari

1. Cuci muka dan mandi
Setelah seharian beraktivitas, yang dapat Anda pikirkan hanyalah kasur dan tidur malam yang nyenyak. Eits, tunggu sebentar. Lebih baik aktivitas ini bagus dilakukan pada malam hari loh. Tidak hanya menghemat waktu di pagi hari, mencuci muka atau mandi di malam hari akan membuat tubuh lebih bersih dan sehat.

Ini semua karena kuman, kotoran, dan alergen lain di rambut dan kulit Anda semuanya hilang dengan mandi di malam hari. Dengan rutin membasuh wajah di malam hari, Anda bisa memaksimalkan proses peremajaan kulit secara alami. Alhasil, tidak ada bakteri penyebab jerawat di kulit dan wajah, sehingga terlihat lebih muda.

Baca Juga  Susah Tidur? 6 Cara Mengatasi Insomnia Ini Patut Dicoba

2. Sisir rambut Anda
Rambut kusut adalah salah satu masalah gairah yang paling umum. Oleh karena itu, ada baiknya menyisir rambut sebelum tidur malam. Hal ini membantu untuk mencegah ikal saat Anda bangun ketika membutuhkan beberapa menit untuk menyisir rambut Anda sebelum tidur.

Ini akan membuat rambut Anda lebih mudah diatur, mengurangi kerusakan pada rambut, dan menghemat waktu meluruskan rambut di pagi hari sebelum memulai aktivitas.

Nutrisi kesehatan kulit pada malam hari

3. Gunakan lotion
Kebanyakan orang bekerja lebih keras menggunakan body lotion di pagi hari untuk melindungi kulit mereka dari paparan sinar matahari. Tapi mengapa tidak mencobanya di malam hari dan bertukar kebiasaan sehat ini? Lotion tubuh dan tabir surya mengandung retinoid yang meningkatkan pembentukan kolagen di kulit. Karenanya, bila digunakan secara rutin, kulit menjadi kenyal, dan terhidrasi.

Sayangnya, bagaimanapun kandungan retinoid ini bisa rusak akibat paparan sinar ultraviolet matahari. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan body lotion atau krim topikal lainnya yang mengandung retinoid pada malam hari. Sehingga kulit Anda bisa terserap sempurna tanpa menyia-nyiakan manfaat retinoid.

4. Menggunakan obat kumur
Selain menyikat gigi, Anda juga bisa minum obat kumur atau menjadi bagian dari kebiasaan sehat sehari-hari. Jika Anda sering melakukannya di pagi hari, ubah waktu malam. Obat kumur pagi hari ternyata bisa membuat mulut Anda kering. Alasannya, meskipun mulut menghasilkan lebih sedikit air liur di malam hari, hal itu menyebabkan rasa asam di mulut, yang berfungsi untuk menetralkan air liur mulut.

Berbeda dengan menggunakan obat kumur di malam hari, jumlah air liurnya masih sangat banyak karena pengaruh makanan yang Anda konsumsi sepanjang hari. Menggunakan obat kumur di pagi hari alih-alih bukan untuk menyehatkan gigi dan mulut justru bisa menyebabkan periodontitis dan kerusakan gigi.

Baca Juga  Manfaat manakah yang lebih baik antara susu putih dan susu cokelat?

5. Makan yogurt
Makan yogurt sebelum tidur bisa meningkatkan pencernaan sekaligus menjaga kekebalan semalaman. Selain itu, kandungan protein pada yogurt dapat mengoptimalkan perbaikan otot tubuh yang rusak setelah seharian beraktivitas.

6. Menggunakan deodoran
Menggunakan deodoran di pagi hari bisa membantu menyembunyikan bau badan saat beraktivitas. Tapi bukan berarti ini mubazir kalau dilakukan di malam hari lho. Menggunakan deodoran sebelum tidur lebih efektif dalam mengontrol keringat daripada menggunakannya pada siang hari.

Hal ini dikarenakan kandungan deodoran yang membuat lebih mudah masuk ke dalam kulit, serta dapat lebih maksimal melindungi tubuh dari keringat berlebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *