Menu Praktis andalan anak kos untuk sahur

Menu Praktis andalan anak kos untuk sahur

Yogyakarta, Tersurat.com – Menjalani kenyataan selama bulan puasa tentu menjadi tantangan tersendiri bagi anak-anak kuliah yang kos. Namun, ada solusi baik untuk anak kos, jadi gak perlu susah payah untuk menyajikannya. Kalau begitu, apa menu yang sehat dan praktis untuk anak kos?

    Baca Juga : Perbedaan khasiat antara kuning telur vs putih telur

Beragam menu sehat dan praktis untuk anak kos

Jika nasi goreng, ayam goreng, dan mie instan sudah bosan, saatnya mengganti menu sahur dengan yang baru. Di bawah ini adalah daftar pilihan menu makanan sehat, praktis, dan ekonomis.

1. Nasi dan telur
Makanan ini memang tergolong mudah disajikan, tapi jangan remehkan menu populer ini. Nasi memiliki karbohidrat yang memberikan energi bagi tubuh. Telur di sisi lain kaya akan nutrisi protein dan lemak sehat dan menjadi penyimpanan energi saat karbohidrat terbatas.

Telur sangat mudah diolah. Telur bisa dimasak menjadi omelet, telur mata sapi, telur orak-arik dan keju serta tambahkan sayuran cincang halus untuk nilai gizinya.

2. Sereal dan susu
Sereal bisa menjadi menu darurat sahur untuk anak-anak yang bangun mepet imsak. Campurkan segelas sereal dan susu panas, kemudian makanan akan siap untuk menu makan sahur. Praktisnya, makanan ini bisa memberikan energi dan serat untuk tubuh. Namun, kebanyakan produk sereal mengandung banyak gula.

Oleh karena itu, pilih sereal yang mengandung kurang dari 5g gula dan lebih dari 3g serat per porsi. Batasi porsinya dan makan setiap hari.

3. Sup sayuran
Sup sayuran merupakan menu yang tepat saat sahur untuk anak kos yang ingin makan banyak serat. Menu tersebut juga mengandung banyak vitamin, mineral, dan cairan yang mencegah dehidrasi saat perut kosong.

Baca Juga  Bagi yang tidak suka memakan buah dan sayuran, apakah bisa mengganti dengan minuman berserat?

Sebelum tidur, masak sup sayuran dan bumbu favorit Anda untuk menambah rasa. Anda juga bisa menambahkan ayam, daging sapi, telur puyuh, atau sumber protein lain untuk mendapatkan energi dari nutrisi protein.

4. Cap Cay
Seperti sup sayuran, cap cay kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Asupan serat penting karena memberikan rasa kenyang yang tahan lama, membantu mengatur kadar gula darah, dan mencegah kesulitan buang air besar selama puasa.

Cap cay juga menjadi alternatif bagi mereka yang menyukai makanan asin tetapi ingin mengurangi konsumsi minyaknya. Minyak nabati bisa diganti dengan minyak kedelai atau minyak jagung.

5. Pasta
Pasta mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan serat sekaligus, sehingga mengandung posterior yang sehat dan praktis untuk anak kos. Menu serba guna ini dapat disiapkan dengan mudah karena hampir semua jenis makanan ini mudah ditemukan.

Namun, kebanyakan pasta siap saji mengandung gula yang tinggi dan tidak terlalu baik untuk dikonsumsi. Jika memungkinkan pilih pasta sereal yang akan membantu Anda menahan rasa lapar, mengatur kadar gula darah, dan menjaga kadar kolesterol Anda tetap normal.

6. Oatmeal dan buah
Gandum adalah salah satu biji-bijian paling sehat. Makanan ini kaya akan karbohidrat, protein, dan serat, tapi rendah kalori. Gandum juga merupakan makanan bergizi yang mengandung vitamin B kompleks dan puluhan mineral.

Anda bisa menambahkan madu, yogurt, dan buah-buahan untuk membuat gandum menjadi hidangan manis. Makanan ini juga bisa ditambahkan ke dalam sup dengan telur, keju, atau jamur cincang.

7. Sandwich yang terbuat dari roti gandum
Anda bisa memilih sandwich saat tidak punya cukup waktu untuk memasak. Makanan Inggris yang praktis dan sehat ini mengandung karbohidrat, protein dan lemak daging, serta vitamin dan mineral dari selada.

Baca Juga  Fakta: Apakah benar cokelat masuk kategori makanan sehat?

Gunakan roti gandum yang kaya serat dan tambahkan irisan keju agar sandwich Anda lebih sehat. Tidak hanya enak, menu sahur untuk anak kos akan mampu membuat Anda tahan lapar saat puasa. Jangan lupa minum cukup air saat sahur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *