8 Menu makan malam untuk diet bebas lemak, gak perlu takut gemuk dengan makanan ini!

8 Menu makan malam untuk diet bebas lemak, gak perlu takut gemuk dengan makanan ini!

Yogyakarta, Tersurat.com – Siapa yang menyuruhmu untuk tidak makan malam saat sedang diet? Hal ini tidak benar dan tidak sehat. Padahal jika Anda mencoba menurunkan berat badan, Anda tetap dapat mengisi perut di malam hari. Namun bahan dan menu harus dipilih dengan cermat untuk diet saat makan malam.

Menu makan malam yang sehat tidak hanya bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, tetapi juga mengisi perut agar tidak makan berlebihan. Selanjutnya, apa sajakah menu malam yang akan membantu menurunkan berat badan?

    Baca Juga : Asupan baik untuk tubuh: Buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin C

Menu makan malam bagi yang sedang menjalankan diet

Prinsip utama penurunan berat badan adalah memastikan bahwa Anda mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang Anda konsumsi. Anda dapat mencapainya dengan menghitung kebutuhan kalori dan mengonsumsi makanan berdasarkan nutrisi dan kalori.

Namun, tidak semua makanan melewati tubuh dengan cara yang sama. Walaupun dua makanan tersebut mengandung kalori yang sama, salah satunya mungkin dapat membuat berat badan bertambah saat dikonsumsi pada malam hari. Nah, agar diet Anda sukses berikut ini makanan-makanan yang cocok untuk diet Anda.

Makanan penunjang diet saat dikonsumsi pada malam hari

1. Telur rebus
Telur adalah salah satu makanan terbaik untuk dimakan karena mengandung protein dan lemak sehat. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir akan lapar dan lapar lagi di malam hari.

Menariknya, kuning telur mengandung hampir semua jenis nutrisi. Telur yang padat dan bergizi dapat membantu memenuhi kebutuhan harian mereka yang mengkonsumsi makanan rendah kalori.

Baca Juga  Mirip, Tapi Tak Sama, Inilah Perbedaan SARS Dan Coronavirus COVID-19

2. Tumisan sayuran berbonggol
Sayuran ini juga harus dimasukkan dalam menu makan malam untuk makan. Sayuran Cruciferous, yaitu tanaman silangan seperti kubis, brokoli, dan kembang kol sangat padat serat makanannya. Sayuran ini memang tidak sebanyak produk hewani, tetapi kaya akan protein.

Serat makanan dan protein dapat sebagai pengisi perut. Pada saat yang sama, sayuran ini rendah kalori dan dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

4. Sup bening
Sup bening rendah kalori tetapi kaya akan air dan nutrisi. Sup bening merupakan kombinasi menu malam yang cocok untuk diet. Pasalnya, meskipun Anda tidak mengonsumsi terlalu banyak kalori, Anda dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan cepat merasa kenyang.

Anda bebas memilih jenis protein dan sayuran dalam sup, tetapi sebaiknya menggunakan sup bening. Hindari sup yang terlalu berlemak, seperti sup kental atau santan.

5. Alpukat
Alpukat yang tinggi lemak tidak perlu dikhawatirkan. Lemak alpukat merupakan asam lemak tak jenuh yang bermanfaat bagi tubuh. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa lemak ini membantu menurunkan berat badan. Asam lemak tak jenuh membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Tak hanya itu, serat alpukat dan air membuat buah ini rendah kalori dan tidak menambah kalori berlebihan pada mereka yang sedang diet.

7. Kentang kukus
Kentang dikenal untuk menggantikan nasi dalam makanan. Faktanya, itu bukan satu-satunya fitur. Sumber karbohidrat ini dianjurkan untuk dikonsumsi karena mengandung hampir semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh yang cepat membuat kenyang.

Saat mengukus kentang, biarkan kentang agak dingin. Ini menginduksi pembentukan serat yang disebut pati resisten. Serat ini bisa dipertahankan lebih lama dan mempercepat penurunan berat badan.

Baca Juga  Ternyata mengkonsumsi buah strawberry dapat memberikan segudang manfaat loh

8. Kacang dan biji-bijian
Jangan lupa untuk menambahkan kacang dan biji-bijian ke dalam menu makan malam Anda. Kacang dan biji-bijian merupakan sumber serat dan protein nabati yang sangat baik. Seperti kentang, makanan ini juga mengandung serat yang dapat dicerna.

Namun, beberapa jenis kacang mengandung kalori yang sangat banyak, seperti kacang almond. Sebaiknya konsumsi kacang polong, kacang hijau, dan kacang polong biasa yang bisa menjadi pilihan lebih baik.

Saat makan, Anda perlu memenuhi energi dan nutrisi yang Anda butuhkan melalui makan malam. Sayangnya, banyak orang melewatkan ini karena takut berat badan bertambah. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan memilih bahan dan metode pengolahan yang tepat. Jangan lupa makan lebih awal hari agar usus dapat mencerna dengan baik dan tidak mengganggu tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *