Asupan baik untuk tubuh, Buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin C

Asupan baik untuk tubuh: Buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin C

Yogyakarta, Tersurat.com – Asupan makanan dan minuman yang tidak mencukupi selama puasa tidak memenuhi kebutuhan gizi dengan baik. Salah satu nutrisi penting untuk asupannya adalah vitamin C yang bisa didapatkan sehari-hari. Buah dan sayuran apa sajakah yang memiliki kandungan vitamin C berlimpah?

    Baca Juga : Bagi lansia yang susah makan, cobalah untuk beralih ke makanan ini

Buah-buahan dan sayuran kaya vitamin C

Hal ini penting bagi tubuh karena memiliki manfaat sebagai antioksidan yang melindungi kerusakan sel somatik saat terpapar vitamin C atau spesies oksigen reaktif asam askorbat. Spesies oksigen reaktif berbahaya dan dapat menyebabkan penyakit serius.

Anda bisa mengonsumsi makanan dan suplemen yang tinggi vitamin C, atau Anda bisa menyuntikkan vitamin C untuk mendapatkan vitamin C di tubuh Anda setiap hari. Namun, sebenarnya buah dan sayur yang diminum pada pagi hari untuk memenuhi asupan vitamin C sangat berpengaruh dalam aktivitas keseharianmu loh.

Makanan penunjang vitamin C yang baik untuk sehari-hari

1. Jambu biji
Buah sumber vitamin C adalah buah jambu biji. Kandungan vitamin C dari 100 g jambu biji bisa mencapai 108 mg vitamin C. Kandungan vitamin C buah jambu biji jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk. Kandungan vitamin C buah jambu biji berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan memiliki efek anti inflamasi. Jika Anda tidak suka makan langsung, Anda bisa mengubah buah ini menjadi jus.

2. Apel
Kandungan vitamin C apel merah dan hijau juga cukup tinggi. Kandungan vitamin C dari 100g buah apel adalah 5 mg vitamin C. Anda bisa makan apel saat fajar untuk memenuhi kebutuhan vitamin C Anda. Anda bisa makan buah ini sebelum makan utama saat fajar.

Baca Juga  Merasakan ponsel Anda bergetar padahal tidak? Mungkin Anda pernah

3. Strawberry
Strawberry adalah salah satu jenis buah dari golongan berry. Kandungan Vitamin C yang terkandung dalam 100g buah strawberry adalah 83mg Vitamin C. Kandungan vitamin C pada buah strawberry membantu mencegah radikal bebas, mencegah peradangan, dan menurunkan risiko kanker.

4. Pepaya
Selain kandungan vitamin A pepaya yang tinggi, pepaya juga mengandung vitamin C. Kandungan Vitamin C yang terdapat pada 157g biji pepaya mencapai 95,7 mg. Keunggulan lain dari pepaya adalah membantu mempercepat laju metabolisme pencernaan dalam tubuh.

5. Buah markisa
Buah yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin C adalah buah markisa. Buah ini memiliki banyak kandungan termasuk vitamin C, serat makanan, kalori, dan protein. Kandungan vitamin C dari 100g buah markisa adalah 72 mg vitamin C.

6. Kubis
Rasa sayur yang satu ini memang sedikit unik, sehingga sebagian orang kurang suka mengkonsumsinya. Padahal kubis dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Hal ini karena 100g kubis mengandung 92,6 mg vitamin C. Makan kubis setiap hari dapat memenuhi sekitar 5g, 50 kalori, dan 3,76g serat yang membutuhkan protein.

7. Kembang kol
Banyak kembang kol bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan. Selain rasanya yang enak, 100 g brokoli mengandung 26 mg vitamin C. Kembang kol mengandung 2g serat, 12 kalori dan 1,23g protein. Mengkonsumsi kembang kol direkomendasikan saat fajar yang berfungsi untuk menjaga kesehatan fisik, menjaga kekebalan, dan melawan bakteri dan bakteri pemicu infeksi.

8. Brokoli
Brokoli berbentuk seperti kembang kol, tetapi berwarna hijau pekat. Sayuran ini sering dimasak dalam sup, bubur, dan hidangan lainnya. Kami menemukan 49 mg vitamin C, 3 g serat makanan, 23 kalori dan 1,76 g protein dalam 100 g brokoli. Brokoli Vitamin C mencegah kanker dan merupakan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh.

Baca Juga  Hati-hati: Risiko kesehatan jika langsung tidur sesaat setelah makan sahur

9. Labu kuning
Pada labu kuning ditemukan mengandung 23 mg Vitamin C. 100 g labu mengandung hingga 2,1 g serat makanan, 23 kalori, dan 1,23 g protein. Kandungan vitamin C dalam labu kuning juga melawan oksigen aktif untuk mencegah kanker dan mengurangi risiko penuaan dini.

10. Paprika hijau
Paprika hijau memang tidak setenar paprika merah. Paprika adalah campuran salad dan bumbu yang hanya disukai sebagian orang. Meski demikian, paprika mengandung nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan fisik. Sekitar 56,5 g vitamin C, 1,6 g serat makanan, 13 kalori dan 0,52 protein ditemukan dalam 50 g paprika. Kandungan semua nutrisi tersebut dapat membantu kebutuhan asupan harian tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *