Sembelit mengganggu, Berikut 5 kiat ampuh atasi sembelit

Sembelit mengganggu? Berikut 5 kiat ampuh atasi sembelit

Yogyakarta, Tersurat.com – Tahukah Anda bahwa Anda tidak perlu menggunakan obat pelunak usus untuk mengatasi sembelit? Sebelum beralih ke terapi kombinasi, cobalah membuat teh herbal hangat di rumah untuk meredakan masalah sakit perut.

Minuman hangat dapat membantu meredakan gejala sembelit dengan merangsang pencernaan. Apa saja pilihan teh herbal untuk mengatasi sembelit?

    Baca Juga : Tips menjaga kesehatan tubuh agar tetap segar saat puasa

Daftar teh herbal untuk mengobati sembelit

Teh herbal adalah cara alami untuk mengatasi sembelit, dan mungkin memiliki efek samping yang minimal. Beberapa jenis teh herbal bahkan dapat dianggap membantu melancarkan gerakan terbang dengan mengendurkan otot-otot usus.

Atasi sembelit dengan teh senna

Teh Senna, yang berasal dari daun kering semak Senna Alexandrina, mengandung senyawa glikosida. Glikosida memiliki efek pencahar alami, yang melemaskan otot-otot pencernaan, membuat feses lebih mudah keluar dari anus di sepanjang usus besar. Rasa senna cukup pahit, jadi anda bisa menambahkan madu sebagai pemanis untuk memberikan rasa yang ringan di lidah anda.

Mengatasi sembelit dengan teh hitam dan teh hijau

Teh hijau dan hitam mengandung kafein. Kafein memiliki efek pencahar yang merangsang pergerakan usus dan mendorong buang air besar. Efek pencahar ini lebih terasa dengan teh di pagi hari saat perut kosong. Namun, orang yang sensitif terhadap kafein perlu mencari teh lain yang aman untuk pencernaan dan tubuh.

Baca Juga  8 Menu makan malam untuk diet bebas lemak, gak perlu takut gemuk dengan makanan ini!

Teh mint bisa untuk atasi sembelit

Mint dikenal baik untuk pencernaan. Efek mentol pada peppermint membantu mengendurkan otot-otot di perut. Jadi, minum 1 cangkir teh peppermint setiap hari dapat membantu meredakan kolik dengan mengatasi sembelit.

Teh dandelion ampuh atasi sembelit

Minum teh dandelion cukup kuat untuk menyembuhkan sembelit. Teh dandelion juga membantu mengatasi masalah sistem pencernaan lainnya yang mungkin disebabkan oleh kembung dan lainnya. Selain itu, teh ini merangsang hati untuk memproduksi empedu, yang secara tidak langsung membantu mengatasi sembelit. Singkirkan rasa sakit sembelit, biarkan mereka minum teh dandelion setelah makan.

Teh chamomile dapat meredakan sembelit

Teh kamomil dikenal sebagai obat tradisional, dan berkat aromanya, teh ini juga memiliki efek menenangkan. Jika terjadi sembelit, minumlah teh kamomil setelah makan atau sebelum tidur untuk menenangkan otot usus Anda.

Bunga telang dapat membantu kesehatan

Bunga telang adalah tanaman merambat yang tumbuh di sebagian besar wilayah Asia. Kelopak bunga telang berwarna biru nila dan bagian bawahnya berwarna putih atau kuning. Nama latin dari bunga ini adalah Clitoriaternatea. Warna biru bunga terran bersumber dari kandungan antioksidan antosianin.

Antosianin, serta jenis antioksidan lainnya, dapat mencegah radikal bebas, sehingga sel-sel tubuh Anda selalu sehat dan mencegah kerusakan dini. Bunga telang bermanfaat untuk kesehatan otak. Senyawa yang terkandung dalam bunga telang dapat meningkatkan fungsi otak dan mengurangi aktivitas otak penyebab stres.

Bunga telang adalah ramuan terbaik bagi mereka yang menyukai bunga terran dan minuman herbal. Bunga telang tidak hanya unik, namun juga mengandung banyak bahan yang dapat membuat Anda tetap sehat. Keunggulan ini tidak terlepas dari kandungan antioksidan yang tinggi pada bunga telang. Untuk memperkaya khasiatnya, Anda bisa menambahkan madu, jahe cincang, atau bahan alami lainnya.

Baca Juga  8 Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan: Mengurangi Demam Untuk Mengontrol Gula Darah

Adakah efek samping saat minum teh herbal untuk sembelit?

Teh herbal merupakan salah satu cara mengatasi sembelit jangka pendek. Hindari minum teh herbal secara konsisten karena dapat menimbulkan risiko kesehatan tertentu. Misalnya, karena mengandalkan minum teh, maka buang air besar menjadi lebih sulit jika tidak minum teh sejak awal.

Selain itu, hindari mengkonsumsi senna karena dapat menyebabkan diare dan dehidrasi pada ibu hamil. Penyakit Pencernaan dan Ginjal, mengkonsumsi senna dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan hati. Tidak hanya itu, teh herbal juga berpotensi menimbulkan interaksi negatif dengan obat yang sedang Anda konsumsi.

Oleh karena itu, sebelum membuat teh untuk mengatasi sembelit, penting untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mempertimbangkan manfaat dan risikonya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *