serangga membahayakan

Berikut cara menghilangkan serangga yang masuk ke telinga Anda dengan aman,

TerSurat.com Yogyakarta – Telinga merupakan salah satu organ paling sensitif di tubuh. Karena itu, bisa berakibat fatal jika benda asing masuk ke liang telinga Anda. Pasalnya, hal ini tidak hanya menyumbat telinga Anda, tetapi juga menyebabkan iritasi dan bahkan memengaruhi pendengaran Anda untuk sementara. Salah satu benda asing paling umum yang masuk ke telinga adalah serangga. Bagaimana Anda menangani telinga yang dimasuki serangga? Apa akibatnya jika tidak disingkirkan? Bagaimana telinga bisa masuk ke serangga?

Baca juga: Berikut 11 jenis serangga yang baik untuk lingkungan

Cara mengeluarkan hewan dari telinga

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebagai pertolongan pertama jika ada hewan yang menyerang telinga, termasuk serangga seperti semut:

1. Jangan panik

Cara utama untuk mengeluarkan serangga hidup dan mati seperti semut dari telinga Anda adalah dengan menenangkan diri. Wajar jika Anda merespons syok saat merasakan benda asing masuk ke telinga Anda. Ini karena serangga biasanya membuat kerincingan atau dengungan dan mungkin disertai dengan sensasi kesemutan di liang telinga. Pastikan tetap tenang dan jangan panik agar tidak menimbulkan gerakan berlebihan yang bisa menyebabkan serangga seperti semut masuk lebih dalam ke liang telinga bagian dalam.

2. Jangan memasukkan jari atau benda lain ke telinga Anda

Saat semut masuk ke telinga, orang tersebut biasanya secara refleks mencoba menggali atau menangkap serangga dengan tangan. Untuk mengeluarkan semut dari telinga Anda, jangan pernah memasukkan benda-benda seperti jari, penjepit, atau penyeka kapas. Memasukkan jari atau benda Anda sebenarnya akan mendorong serangga lebih dalam dan dapat menyebabkan serangga menggigit. Akibatnya, serangga dapat menyebabkan cedera dan kerusakan pada selaput telinga atau gendang telinga.

Baca Juga  Dunia digital di zaman modern. Depresi pada remaja meningkat, Ketahui Berbagai penyebabnya

3. Miringkan kepala Anda

Dikutip dari US National Library of Medicine, ketika seekor serangga masuk ke telinga, ia langsung memiringkan kepalanya di seberang sisi telinga yang dimasuki serangga tersebut. Jika serangga masuk ke telinga kiri, coba miringkan telinga yang dimasuki serangga.

4. Taruh minyak di telinga

Dengan kepala dimiringkan, teteskan telinga Anda dengan air hangat atau minyak yang tidak akan mengiritasi kulit Anda, seperti air B. baby oil, minyak mineral atau minyak zaitun. Kemudian tarik daun telinga sedikit untuk menghilangkan gelembung udara di telinga selama beberapa detik. Namun, pastikan Anda tidak berlebihan saat memasukkan cairan ke dalam telinga Anda. Cairan yang dimasukkan ke dalam saluran telinga digunakan untuk membunuh serangga yang menyerang. Ini akan memudahkan Anda mengeluarkan hewan dari telinga Anda.

5. Singkirkan serangga dari telinga

Selanjutnya, miringkan kepala Anda ke sisi yang berlawanan (telinga yang dimasuki serangga menghadap ke bawah) untuk mengeluarkan minyak dan air dari telinga. Setelah melakukan ini, perhatikan baik-baik serangga yang keluar dari liang telinga Anda. bila belum utuh, kembali ulangi langkah sebelumnya hingga semua bagian serangga keluar dari dalam telinga sampai tidak ada yang tertinggal. Cara terakhir untuk mengeluarkan hewan aneh dari  telinga Anda adalah dengan melakukan pembersihan telinga dengan air hangat. Hal ini penting dilakukan untuk mengantisipasi perdarahan internal dan mengurangi risiko infeksi telinga.

Kapan harus ke dokter

Jika Anda masih tidak bisa mengeluarkan serangga, jangan paksa. Berikut gejala yang harus diwaspadai:

  • nyeri yang sangat parah di telinga,
  • telinga meradang dan bahkan bengkak
  • gangguan pendengaran.

Jika Anda mengalami gejala di atas, periksakan telinga ke dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Pada beberapa orang, gigitan serangga juga dapat menyebabkan reaksi alergi yang membutuhkan pertolongan pertama. Dalam hal ini, segera konsultasikan ke dokter. Memperhatikan! Sebaiknya Anda tidak melakukan tindakan apa pun selain yang diuraikan di atas, karena dapat merusak telinga Anda. Jika Anda tidak yakin pertolongan pertama apa yang akan diberikan tepat setelah serangga memasuki telinga Anda, mis. B. semut, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda lebih lanjut.

Baca Juga  3 Khasiat Daun Kemangi Untuk Kesehatan, Nggak Cuma Sebagai lalapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *