5 Penyebab sakit lidah yang membutuhkan perhatian medis

5 Penyebab sakit lidah yang membutuhkan perhatian medis

Yogyakarta, tersurat.com – Hal ini tidak bisa diremehkan. Itu juga membuat Anda sulit untuk makan, menelan, dan berbicara secara otomatis saat lidah Anda sakit. Ada beberapa penyebab sakit lidah. Untuk informasi lebih lanjut, lihat review ini.

    Baca Juga : Sangat perlu membersihkan lidah! Lihat yuk cara membersihkan dan kegunaannya

Berbagai penyebab sakitnya lidah

1. Berhenti atau terluka
Nyeri lidah umumnya terjadi saat Anda ditusuk secara tidak sengaja. Ini sangat mungkin terjadi, terutama saat mengunyah makanan. Selain itu, lidah saya terkadang sakit saat terluka, seperti saat saya terbentur gigi saat mengalami kecelakaan atau jatuh. Gangguan kejang seperti epilepsi juga bisa menggigit tanpa disadari dan mengakibatkan kerusakan lidah.

Berkumur dengan air garam dapat meredakan nyeri dan meningkatkan kecepatan penyembuhan cedera ringan. Namun, jika Anda mengalami cedera parah, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

2. Glositis
Glositis adalah suatu kondisi di mana lidah menjadi meradang. Ada beberapa jenis Glositis. Tapi tidak semuanya menembus lidah. Misalnya, geografi lidah adalah salah satu kondisi di mana beberapa orang dapat mengalami sakit lidah.

Kondisi ini terjadi ketika puting (tonjolan kecil lidah) diratakan dan diganti dengan lesi merah halus yang dikelilingi oleh garis putih. Ini membuat lidah Anda terlihat seperti bar pulau di peta. Lidah geografis sering menimbulkan sensasi dan nyeri seperti lidah.

Selain geografi lidah, lidah bisa meradang karena reaksi alergi, penyakit rongga tubuh, dan kekurangan zat besi dan B12. Untuk menyembuhkannya, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya. Dokter Anda kemudian akan menawarkan perawatan terbaik untuk kondisi Anda.

Segera periksa jika lidah terasa panas

3. Sindrom mulut terbakar
Burning oral syndrome adalah suatu kondisi di mana mulut terus memanas tanpa alasan yang jelas. Kondisi ini memengaruhi semua bagian mulut, termasuk lidah, gusi, bibir, pipi bagian dalam, dan langit-langit. Sensasi terbakar begitu inti sehingga terasa seperti melepuh biasa.

Selain rasa sakit dan sensasi terbakar, kondisi ini umumnya disertai gejala lain seperti mulut kering dan pahit serta rasa haus yang terus-menerus akan rasa aneh di lidah seperti logam. Jika Anda mengalami kondisi yang satu ini, segera kunjungi dokter Anda.

4. Tumor lidah
Nyeri lidah terkadang bisa terlihat saat ada tumor di sensasi rasa. Tumor lidah umumnya muncul dengan gejala seperti nyeri, benjolan, bintik merah atau putih pada lidah, nyeri saat menelan dan anestesi. Jika Anda merasa ada yang tidak beres dengan lidah Anda, segera bicarakan dengan dokter Anda.

5. Sariawan
Stomatitis dan penyakit Ulkus inersia adalah lesi kecil yang terbentuk di jaringan lunak mulut dan di bagian bawah gusi. Lesi umumnya bulat atau lonjong, dengan pusat berwarna putih atau kuning dan tepi merah. Sariawan bisa muncul di lidah, di dalam pipi dan bibir, di dasar gusi, di atas atau di bawah langit-langit. Jika Anda mengalami sakit maag inersia, maka maag tersebut akan benar-benar muncul dan Anda akan mengalami kesemutan atau sensasi terbakar 1-2 hari sebelum terlihat.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan masalah mulut yang satu ini. Misalnya luka ringan pada rongga mulut, pasta gigi dan obat kumur, penyakit radang usus, dan penyakit rongga tubuh yang mengandung sodium lauryl sulfate (SLS). Selain itu, penyakit ini lebih mudah menyerang wanita dibandingkan pria.

Konsumsi makanan yang bisa mengurangi sakit lidah

Makan makanan bisa menjadi cara mudah dan sehat untuk menjaga kebersihan lidah. Makanan yang perlu dikonsumsi seperti stroberi, lemon, keju cheddar, dan apel dapat membantu membersihkan lapisan putih pada lidah. Jika lidah Anda sakit dan rasanya tidak hilang, itu lebih buruk, jadi bicarakan dengan dokter Anda segera untuk mengetahui penyebab pastinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *