Berbagai metode untuk mengobati sakit gigi yang terbukti efektif

Berbagai metode untuk mengobati sakit gigi yang terbukti efektif

Yogyakarta, tersurat.com – Saat Anda sedang sakit gigi, solusi terbaik adalah pergi ke dokter gigi. Dokter biasanya memberikan pereda nyeri bila ada masalah pada gigi sehingga bisa kembali pada waktu yang berbeda saat rasa nyeri mereda.

Hal ini karena dokter gigi tidak bisa melakukan perawatan lain saat gigi masih sakit. Maka Anda perlu mencari cara untuk menyembuhkan sakit gigi sendiri, yang bisa dilakukan di rumah.

    Baca Juga : Jangan lupa beralih ke pasta gigi khusus bagi penderita gigi sensitif

Cara lain ini bisa membantu meredakan nyeri pada gigi Anda sebelum pergi ke dokter gigi. Berikut berbagai cara mengobati sakit gigi yang bisa dilakukan di rumah.

Beberapa pilihan untuk mengobati sakit gigi di rumah

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan sakit gigi, di antaranya kerusakan gigi, infeksi, penyakit gusi, dan gangguan sendi rahang. Namun apapun penyebabnya, rasa sakit yang Anda rasakan biasanya sulit untuk makan dan minum serta menjalar ke kepala Anda.

Beberapa cara tradisional untuk mengobati sakit gigi di rumah sebelum pergi ke dokter

Mengatasi sakit gigi dengan air garam
Berkumur dengan air garam merupakan pertolongan pertama sebelum pergi ke dokter gigi. Berkumur akan tetap membantu menghilangkan sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi Anda. Selain itu, karena garam bersifat penyerap, ia memiliki efek membunuh bakteri jahat di mulut Anda.

Bakteri bersifat asam dan hanya dapat berkembang biak di lingkungan yang lembab. Oleh karena itu, mulut menjadi kering dan bakterinya tidak dapat bertahan hidup. Oleh karena itu, menyikat gigi akan membantu meredakan sakit gigi, meredakan pembengkakan pada gusi. Cara mengobati sakit gigi tradisional ini juga bisa mempercepat penyembuhan luka di area mulut.

Menggunakan air garam sebagai obat sakit gigi alami sangatlah sederhana. Hanya 1/2 sendok teh garam yang dilarutkan dalam 1 cangkir air panas. Berkumurlah dengan air garam setidaknya dua kali sehari hingga sakit gigi reda. Pemanfaatan air laut sebagai pereda sakit gigi sudah ada sejak lama, lho! Anda mungkin mengira bahwa cara alami ini aman bahkan untuk wanita hamil.

Mengatasi sakit gigi dengan cengkeh
Senyawa eugenol yang terkandung dalam cengkeh secara alami dapat meredakan nyeri. Cengkeh dikenal membantu mengurangi peradangan dan membunuh kuman penyebab sakit gigi. Ada berbagai cara untuk menggunakan cengkeh sebagai pengobatan sakit gigi alami.

Ada yang menyarankan untuk mengunyah batang cengkeh utuh di area gigi yang sakit sebentar. Beberapa menyarankan penggunaan bola kapas yang direndam dalam minyak cengkeh dan ditempelkan pada gigi yang sakit.

Namun, saat menggunakan cengkeh, perhatikan risiko iritasi, sesak nafas, dan pendarahan. Selain itu, setelah menangani cengkeh, perhatikan risiko iritasi mata jika bersentuhan langsung dengan mata. Oleh karena itu, pastikan untuk segera mencuci tangan setelah memegang cengkeh.

Selain itu, mengkonsumsi biji atau minyak cengkeh dapat meningkatkan risiko sakit tenggorokan dan muntah. Jadi, pastikan minyak cengkeh tidak menetes ke lidah dan gusi sensitif Anda. Kelalaian ini dapat menimbulkan sensasi terbakar pada gusi atau merusak jaringan dan saraf di sekitar gigi yang sakit. Minyak cengkeh tidak boleh digunakan pada wanita hamil dan menyusui, anak-anak, dan siapapun dengan riwayat kesehatan.

Mengatasi sakit gigi dengan daun jambu biji
Jika Anda baru saja membeli buahnya, jangan membuang daun jambu biji. Daun jambu biji memiliki khasiat anti inflamasi, antibakteri, penghilang rasa sakit, dan merupakan cara untuk mengobati sakit gigi di rumah
.
Daun ini dikabarkan dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan pada gigi akibat periodontitis. Daun jambu biji efektif dalam mengobati peradangan. Cara pemakaiannya, silahkan kunyah 1-2 lembar daun jambu biji hingga keluar airnya. Selanjutnya, ekstrak daunnya dioleskan langsung ke gigi yang sakit di lidah.

Tidak suka rasa pahit daunnya? Cara lainnya, rebus 4-5 lembar daun jambu biji dan masukkan ke dalam gelas. Biarkan hingga suam-suam kuku dan tambahkan sedikit garam. Gunakan larutan daun jambu biji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *