Bagi pecinta teh, ini macam-macam teh herbal yang wajib dicoba

Bagi pecinta teh, ini macam-macam teh herbal yang wajib dicoba

Yogyakarta tersurat.com – Selain tanaman Kamiracinensis, ada juga teh yang diperoleh dengan menyeduh bunga, daun, dan batang tanaman jenis lain. Ini biasa digunakan sebagai minuman herbal teh dari bahan-bahan ini. Penjelasan lengkapnya bisa Anda baca di bawah ini.

    Baca Juga : Teh Herbal untuk kesehatan tubuh yang wajib dikonsumsi

Teh berbahan Bunga Rosella

Bunga rosella mengandung zat penting bagi tubuh seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, dan protein esensial. Selain itu, bunga ini mengandung 18 macam asam amino yang membantu dalam peremajaan sel tubuh seperti arginin dan lignin.Karenanya, rosella yang awalnya merupakan tanaman hias akhirnya diolah untuk berbagai makanan dan minuman. Produk olahan termasuk sirup, selai, dan teh.

Cara membuat minuman ini sangat sederhana. Pertama, bunga yang dipetik dijemur selama 1-2 hari. Proses ini bertujuan untuk memfasilitasi pemisahan mahkota dari biji. Bisa dipisahkan dari bijinya, dicuci dan langsung direndam dalam air. Minuman ini memiliki warna merah kecoklatan dengan rasa yang agak asam. Jika kurang suka dengan rasa asam, Anda bisa menambahkan gula rendah kalori dan sedikit mempermanisnya.

Teh berbahan bunga mawar

Bunga mawar lebih dikenal sebagai tanaman hias. Namun tahukah Anda bahwa ada juga jenis gerbong yang bisa dikonsumsi bunga ini? Pasalnya, kelopak mawar mengandung zat yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti vitamin C dan polifenol. Semua zat tersebut dapat bertindak sebagai antioksidan yang dapat memblokir radikal bebas dan menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat minuman ini adalah memilih banyak kelopak mawar organik segar. Kemudian bagian putih di bawah mahkota terasa pahit, jadi keluarkan bagian ini. Kemudian Anda perlu merebus kelopak yang sudah dibersihkan dalam air sampai mendidih. Gunakan filter untuk memisahkan kelopak dari perendaman. Saat mengonsumsinya, Anda bisa menambahkan madu seperti minuman tidak pahit.

Teh berbahan Daun salam

Daun salam biasanya digunakan sebagai bumbu tambahan untuk membuat aroma masakan semakin enak. Padahal, daun ini bisa digunakan sebagai bahan pembuatan minuman teh herbal. Rebus 10 lembar loli hingga mendidih dengan 3 gelas air. Saat menuangkan ke dalam gelas saji berikutnya, rendam daun salam dan saring airnya.

Anda bisa mengkonsumsinya sebelum makan siang dan makan malam. Minuman ini memiliki banyak khasiat, di antaranya adalah pengontrol gula darah, pencegah stroke, dan pengobatan batuk.

Teh berbahan dari serai

Tanaman serai sering digunakan sebagai tanaman hias di taman. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, aroma lemon juga bisa digunakan untuk mengusir nyamuk. Pemanfaatan tanaman serai lainnya merupakan salah satu bahan baku minuman teh herbal di Indonesia.

Berendam dalam air serai memiliki banyak khasiat, seperti mulai buang air kecil, mengatasi nyeri sendi, menurunkan gula darah, dan lainnya. Proses pembuatannya tidak sulit, Anda hanya perlu menyiapkan air serai segar dan air.

Caranya adalah dengan membuang serai dengan pisau, agar batangnya rata dan rebus air hingga mendidih. Air mendidih serai berwarna cokelat tipis. Ini populer dan juga bisa dimakan dingin. Untuk rasa manis, tambahkan gula rendah kalori atau es.

Nah, sudah tahu Anda informasi tentang jenis-jenis teh yang ada di Indonesia. Dimulai dengan sejarah minuman, jenisnya, dan minuman teh herbal yang bermanfaat bagi kesehatan. Teh herbal selain berkhasiat juga enak loh untuk dikonsumsi. Pastinya dari teh satu ke teha lainnya memiliki rasa yang berbeda dan memiliki ciri khas masing-masing.

Mungkin ada beberapa hal yang tidak Anda sukai dari semua jenis minuman di atas. Jika ingin tahu seperti apa rasanya, jenis ini bisa ditemukan di supermarket dan toko online tempat teh biasanya juga dijual. Selamat mencoba ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *