Teh Herbal untuk kesehatan tubuh yang wajib dikonsumsi

Teh Herbal untuk kesehatan tubuh yang wajib dikonsumsi

Yogyakarta, tersurat.com – Teh herbal dipercaya tidak hanya enak, tapi juga memiliki banyak efek pada tubuh. Teh ini bisa didapatkan dari buah-buahan, daun, bunga, atau akar seperti tanaman chamomile, rosehip, rooibos, kembang sepatu, mint, dan jahe. Seperti teh biasa, teh herbal bisa disajikan panas atau dingin. Karena jenis ini tidak mengandung kafein, maka lebih aman bagi orang yang sensitif terhadap kafein.

    Baca Juga : Bagi pengidap asam lambung, cocok minum teh chamomile secara teratur untuk kesehatan

Manfaat teh herbal untuk tubuh

1.Teh herbal dapat mengatasi insomnia
Teh herbal yang terbuat dari bunga chamomile dan lavender dikenal memiliki khasiat yang menenangkan. Oleh karena itu, minuman ini dapat membantu seseorang yang menderita gangguan tidur dan insomnia. Sebuah penelitian terhadap 80 wanita yang pernah mengalami insomnia menemukan bahwa meminum teh kamomil selama dua minggu berturut-turut berhasil meredakan gejala insomnia dan depresi.

2.Teh herbal sebagai anti inflamasi alami
Khasiat teh herbal lainnya adalah sifat anti inflamasi alami, seperti teh rosehip dan chamomile. Tindakan anti inflamasi alaminya membantu mengurangi keluhan nyeri di tubuh. Teh herbal seperti kamomil, daun thyme, dan peppermint bertindak sebagai agen antibakteri alami selain sifat anti-inflamasi.

3.Teh herbal dapat membantu tekanan darah
Teh kembang sepatu tidak masalah, tapi saya yakin bisa membantu menurunkan tekanan darah. Percobaan pada hewan telah menunjukkan efek pada tekanan darah, yaitu penurunan tekanan darah.

Namun, jika Anda sedang mengkonsumsi aspirin atau hydrochlorothiazide (golongan diuretik), minum hisbicasti tidak dianjurkan. Karena teh herbal ini dapat mempengaruhi keefektifan obat.

Baca Juga  Segudang Manfaat Telur Asin Untuk Kehamilan Dan Nutrisi

Echinacea dapat meningkatkan daya tahan tubuh

4.Teh herbal untuk meningkatkan daya tahan 
Penelitian menunjukkan bahwa tumbuhan echinacea memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh terutama terhadap berbagai macam virus, termasuk yang menyebabkan masuk angin (flu atau batuk). Saat ini ekstrak echinacea dikemas dalam bentuk kapsul sebagai suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Tapi jangan hanya mengandalkan teh herbal. Pola hidup sehat juga bisa mendapatkan daya tahan tubuh yang baik. Pastikan Anda mengonsumsi makanan bergizi, olahraga, dan istirahat yang cukup.

5.Teh herbal sebagai sumber antioksidan
Bunga kembang sepatu dan rosehip dikenal tinggi vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat membantu tubuh Anda melawan radikal bebas. Selain itu manfaat minum teh herbal ini membantu menjaga kesehatan kulit. Diantaranya, kandungan antioksidannya mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan garis halus. Tentunya upaya ini perlu diimbangi dengan gaya hidup sehat untuk mencapai hasil yang maksimal.

6.Teh herbal untuk menjaga kesehatan pencernaan
Daun peppermint diketahui dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Ramuan ini bisa meredakan gejala kembung, mual, muntah, dan sakit perut. Selain peppermint, teh jahe terbukti aman dikonsumsi ibu hamil karena memiliki khasiat meredakan mual dan muntah. Oleh karena itu, tidak mengherankan bila para ginekolog dan ginekolog merekomendasikan konsumsi jahe pada ibu hamil yang pernah mengalami mual dan muntah pada tahap awal kehamilan.

7.Teh herbal dapat membantu meningkatkan daya ingat
Teh Daun Sage merupakan salah satu jenis teh herbal yang dipercaya dapat menjaga kesehatan otak. Dalam penelitian tabung reaksi, teh sage berpotensi melawan pembentukan plak di otak penderita penyakit Alzheimer. Namun, penelitian ini masih terbatas, dan diperlukan penelitian manusia lebih lanjut. Meski demikian, meminum teh daun sage untuk meningkatkan fungsi otak dan daya ingat tidak berbahaya.

Baca Juga  4 Cara Sederhana Mengobati mata lelah

Diet sehat menggunakan teh herbal

8.Teh herbal dapat membantu menurunkan berat badan
Manfaat teh herbal yang tidak terlalu penting adalah membantu menurunkan berat badan. Untuk teh hijau misalnya, minuman 1 ini paling banyak dikonsumsi untuk menyukseskan program diet Anda. Teh hijau memiliki senyawa katekin, yaitu antioksidan yang meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lemak. Dalam studi ini, penurunan berat badan, massa lemak, dan lingkar pinggang yang signifikan dilaporkan pada kelompok yang minum teh hijau secara teratur selama 12 minggu berturut-turut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *