daun ketumbar

Ketahui 4 manfaat daun ketumbar bagi kesehatan

TerSurat.com Yogyakarta – Daun Ketumbar telah menjadi bahan populer di banyak hidangan lezat. Di balik ini banyak sekali manfaat kesehatan dari daun ketumbar yang sayang untuk dilewatkan. Simak detailnya di artikel ini.

Selain sebagai bahan masakan, daun ketumbar selalu dimanfaatkan untuk manfaat kesehatan. Tanaman bernama latin Coriandrum sativum L. ini secara turun temurun digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Baca juga: Kemungkinan manfaat daun kemangi, sayuran sehat yang tidak perlu dimasak

Manfaat daun ketumbar

Manfaat daun ketumbar terutama berasal dari berbagai senyawa bioaktif yang dikandungnya, seperti flavonoid, alkaloid, tanin dan saponin. Selain itu, beberpa kandung yang terkandung di dalam daun ketumbar beberapa di antaranya vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin C dan zat besi.

Berikut 4 Manfaat Daun Ketumbar Yang Bisa Anda Dapatkan:

1. Menjaga kesehatan penderita diabetes

Daun ketumbar memiliki indeks glikemik yang sangat rendah, jadi jika Anda memakannya, mereka tidak akan meningkatkan gula darah Anda secara drastis. Padahal, diyakini bahwa zat yang terkandung dalam ekstrak tersebut menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Daun ketumbar juga dikenal dapat melindungi fungsi hati dan menurunkan kadar lemak darah, yang merupakan masalah umum bagi penderita diabetes.

2. Mencegah penyakit yang ditularkan melalui makanan

Daun ketumbar mengandung partikel yang berupa senyawa dengan sifat antibakteri yaitu dodecenal dan perak. Senyawa ini diketahui dapat membunuh bakteri yang sering ditemukan mencemari makanan dan menyebabkan keracunan makanan bakteri bernama bajteri salmonella, Penelitian juga menunjukkan bahwa daun ketumbar bisa menjadi sumber yang baik untuk membuat nanopartikel perak (partikel perak). Partikel-partikel ini dikenal di dunia medis karena keefektifannya dalam membunuh bakteri.

3. Menjaga fungsi otak

Selain bisa melawan infeksi, ketumbar juga mengurangi peradangan berkat kandungan antioksidannya yang kuat. Ciri ini diyakini bermanfaat dalam meningkatkan fungsi kognitif, yaitu kemampuan berpikir dan mengingat. Mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan alami, seperti daun ketumbar, juga dapat mencegah dan mengobati penyakit akibat penurunan fungsi kognitif, seperti Alzheimer dan Parkinson.

4. Pengendalian tekanan darah

Manfaat daun ketumbar dalam mengontrol tekanan darah diyakini berasal dari kandungan flavonoid di dalamnya. Diketahui bahwa jenis flavonoid yang ada dalam ketumbar memiliki efek yang sama dengan obat antihipertensi dengan penghambat ACE. Dengan khasiat tersebut, daun ketumbar dapat digunakan untuk mengontrol tekanan darah penderita tekanan darah tinggi serta menurunkan risiko penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya yang diakibatkan oleh tekanan darah tinggi, seperti stroke dan gagal jantung.

Untuk mendapatkan manfaat ketumbar secara maksimal, pilih daun ketumbar yang segar, berwarna hijau, dan tidak layu. Itu bisa disimpan di lemari es. Daun ketumbar bisa tetap segar di lemari es selama sekitar satu minggu. Daun ketumbar aman dikonsumsi setiap hari. Anda bisa memanfaatkan ketumbar dengan menambahkannya ke berbagai masakan. Dengan cara ini Anda juga akan mendapatkan rasa makanan yang lebih kaya dan segar.

Namun, keefektifan daun ketumbar sebagai obat herbal perlu diteliti lebih lanjut. Oleh karenanya, maka tidak dianjurkankan menggunakan daun ini sebagai satu-satunya cara pengobatan. Jika Anda ingin memanfaatkan khasiat daun ketumbar untuk mengobati penyakit tertentu, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah berkonsultasi dengan dokter. Dokter nantinya akan memberikan saran pengobatan berdasarkan kondisi kesehatan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *