daun bruntas

Ketahulah 5 Manfaat Kesehatan Daun Beluntas yang jarang di ketahui

TerSurat.com Yogyakarta – Manfaat kesehatan daun beluntas sudah dikenal ratusan tahun. Dikarenakan kandungan berbagai bahan aktifnya, daun beluntas telah banyak digunakan sebagai obat tradisional di beberapa negara Asia Tenggara, khususnya Thailand, Indonesia dan Malaysia. Manfaat daun belunta (Pluchea indica (L.) Less) tidak perlu diragukan lagi. Daun bergerigi ini merupakan tanaman herbal yang sangat berkhasiat dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit kronis. Daun beluntas banyak dikonsumsi dengan cara direbus atau dibuat teh. Teh herbal atau selai yang terbuat dari daun belunta juga banyak digunakan dan banyak dikonsumsi sebagai minuman kesehatan.

Baca juga: 8 Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan: Mengurangi Demam Untuk Mengontrol Gula Darah 

 Berbagai manfaat daun beluntas

Khasiat daun Beluntas tidak bisa dilepaskan dari kandungan gizinya yang kaya. Ekstrak daun ini diketahui mengandung serat, kalsium, betakaroten, dan berbagai jenis antioksidan seperti asam klorogenat, kafein, quercetin, dan flavonoid yang baik untuk kesehatan.

Selain itu, daun beluntas dianggap anti inflamasi, antibakteri, pelawan kanker, dan pereda nyeri alami. Sifat tersebut didukung oleh berbagai senyawa bioaktif yang dikandungnya.

Berikut beberapa khasiat daun beluntas bagi kesehatan:

1. Periksa kadar gula darah

Salah satu khasiat daun beluntas yang sangat digemari adalah untuk menurunkan kadar gula darah dan menjaganya agar tetap stabil. Daun herbal ini diketahui dapat menghambat pemecahan dan penyerapan gula di usus, serta meningkatkan produksi dan fungsi hormon insulin. Berkat khasiat tersebut, daun beluntas dapat mencegah resistensi insulin dan membantu mengobati diabetes. Namun sejauh ini khasiat daun beluntas untuk mengobati diabetes belum diketahui secara jelas dan perlu penelitian lebih lanjut.

2. Turunkan tingkat kolesterol Anda

Daun beluntas tidak hanya baik untuk mencegah diabetes dan mengontrol kadar gula darah, tetapi juga dikenal dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Dengan kadar kolesterol LDL yang lebih rendah, tubuh Anda akan terlindungi dari penyakit kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke. Namun, untuk menjaga kadar kolesterol dan mencegah penyakit tersebut, Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat dengan tidak merokok, olahraga teratur, makan makanan sehat, dan menjaga berat badan ideal.

3. Mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas

Daun beluntas merupakan tumbuhan perdu yang kaya akan antioksidan. Berkat zat tersebut, daun beluntas sangat cocok dikonsumsi untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas atau stres oksidatif. Dengan mengurangi kerusakan sel dalam tubuh akibat paparan radikal bebas, juga dapat mengurangi risiko terserang berbagai penyakit seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Berbagai macam cara untuk mengomsumsi Dan merasakan manfaatnya daun beluntas, Anda bisa mengonsumsi daun beluntas dalam bentuk suplemen diet, jamu atau teh herbal.

4. Mengurangi resiko kanker

Sebuah studi laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak daun Beluntas ternyata memiliki khasiat anti kanker. Daun ini diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker seperti glioblastoma dan kanker serviks. Namun, keefektifan ramuan ini sebagai pengobatan kanker masih harus diselidiki lebih lanjut. Sejauh ini, belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa daun beluntas memiliki efektivitas yang sama dengan obat kemoterapi melawan kanker.

5. Mendukung proses penyembuhan luka

Daun beluntas juga memiliki sifat anti inflamasi dan antibakteri. Selain itu, daun ini telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi nyeri. , Daun beluntas dianggap sebagai tanaman herbal untuk mempercepat proses penyembuhan luka karena daun beluntas memiliki berbagai khasiat tersebut. Selain berbagai manfaat yang tertera di atas, daun beluntas juga memiliki potensi manfaat untuk menjaga kesehatan dan fungsi sistem pencernaan, menghilangkan rasa sakit dan kejang otot, serta mengatasi keputihan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *