daun pandan

8 Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan: Mengurangi Demam Untuk Mengontrol Gula Darah

TerSurat.com Yogyakarta – Daun pandan sering digunakan sebagai penambah rasa dalam masakan. Padahal, daun pandan juga sering digunakan dalam pengobatan herbal. Daun pandan banyak digunakan sebagai bahan makanan dan minuman seperti kolak.

Baca juga: Manfaat daun alpukat bagi kesehatan belum banyak diketahui

Aroma dan rasa daun pandan yang tak salah lagi membuat makanan dan minuman terasa semakin nikmat. Di Indonesia daun pandan mudah ditemukan di pasar tradisional maupun modern. Tanaman pandan kini tersebar luas di pekarangan atau di taman. Pandan merupakan tumbuhan tropis yang populer di sejumlah negara seperti Sri Lanka, Thailand, dan Indonesia. Tanaman pandan memiliki daun yang panjang berwarna hijau seperti bilah. Saat daun pandan dirobek, mereka mengeluarkan aroma yang harum. Daun pandan bukan sembarang daun. Daun pandan juga mengandung vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.Daun pandan mengandung vitamin A, zat besi, rendah kalori dan tinggi serat. Daun pandan bersifat antibakteri dan antimikroba. Hal inilah yang membuat daun pandan juga digunakan sebagai tanaman herbal.

Manfaat daun pandan untuk kesehatan

Daun pandan tidak hanya digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan, tapi juga sebagai jamu. Beberapa manfaat daun pandan yang berfungsi sebagai obat herbal.

1. Meredakan nyeri sendi

Nyeri sendi biasa terjadi di antara orang-orang di negara itu. Daun pandan efektif meredakan nyeri sendi. Khasiat daun pandan sebagai obat herbal untuk nyeri sendi sudah lama dikenal. Dalam pengobatan Ayurveda, daun pandan yang dicampur dengan minyak kelapa dioleskan pada persendian yang sakit. Ini karena daun pandan memiliki khasiat anti inflamasi. Namun, efektivitas daun pandan pada pengobatan nyeri sendi baru dibuktikan pada penelitian pada tikus. Lebih banyak penelitian masih dibutuhkan.

2. Gula darah

Manfaat lainnya antara lain daun pandan yang berguna untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Hasil penelitian terhadap 30 orang dewasa menunjukkan kadar gula darah normal dengan meminum teh daun pandan hangat.

3. Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi merupakan masalah yang cukup besar di kalangan masyarakat negeri ini. Seseorang dengan tekanan darah tinggi membutuhkan perawatan segera untuk menghindari terjadinya penyakit kronis. Daun pandan efektif menurunkan tekanan darah. Untuk merasakan khasiatnya, yang perlu Anda lakukan adalah merebus 3 gram daun pandan dalam 2-3 gelas air hingga mendidih, sisakan setengah airnya. Anda meminum ramuan herbal ini dua kali sehari, pagi dan sore.

4. Menghilangkan ketombe

Dikutip dari buku Medicinal Plants in the Neighbourhood, karya Dr. Setiawan Dalimartha, daun pandan efektif menghilangkan ketombe. Daun pandan bisa menjadi solusi bagi Anda yang bermasalah dengan ketombe. Untuk membuat jamu daun pandan ini cukup mudah bagi anda untuk menggiling daun pandan yang sulit untuk dicuci. Setelah itu, usapkan daun pandan dengan sisik di kulit kepala.

5. Mengobati diare

Daun pandan memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang membuatnya efektif dalam menyembuhkan diare.Untuk merasakan khasiatnya, yang harus Anda lakukan adalah meminum air rebusan yang terbuat dari daun pandan setiap pagi dan sore hingga sembuh.

6. Menyebuhkan  Insomnia

Daun pandan mengandung alkaloid yang memiliki efek menenangkan, mengapa sampai saat ini membuat daun pandan efektif untuk mengobati insomnia Anda. Anda tinggal merebus daun pandan lalu menambahkan satu sendok teh madu. Mereka meminum air hangat yang terbuat dari daun pandan.

7. Meredakan  demam

Daun pandan yang diperkenalkan memiliki efek farmakologis antibakteri.

Efek ini menyebabkan daun pandan dapat menurunkan demam. Untuk merasakan khasiatnya, yang perlu Anda lakukan hanyalah menyediakan dua hingga tiga lembar daun pandan segar. Anda kemudian mencuci dan merebus daun pandan dalam dua gelas air sampai mendidih. Setelah itu saring dan minum air rebusan daun pandan tersebut setelah dingin dua kali sehari.

8. Meredakan kecemasan

Minum air rebusan pandan secara rutin bermanfaat untuk menghilangkan rasa cemas. Karena daun pandan memiliki khasiat menenangkan.

Apakah kamu ingin mencoba?

Yang perlu Anda lakukan adalah memasak tiga hingga lima lembar daun pandan yang sudah dipotong-potong hingga mendidih. Setelah itu saring dan minum bila sudah dingin.

Meski kaya akan manfaat, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi daun pandan secara berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *