daun katuk

7 Manfaat Daun Katuk Bagi Kesehatan, Termasuk Untuk Ibu Menyusui

TerSurat.com Yogyakarta –  Di Indonesia, daun katuk banyak dikonsumsi oleh ibu menyusui. Padahal, bagaimanapun juga, daun katuk bisa menjadi pilihan nabati untuk berbagai menu rumah keluarga Anda. Anda bisa mengolahnya dengan cara menggorengnya, mencampurkannya dengan telur dadar, atau membuat kuah sayur bening. Daun katuk tidak hanya enak, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Memang apa sih kandungan gizi dan manfaat daun katuk? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga : 3 Khasiat Daun Kemangi Untuk Kesehatan, Nggak Cuma Sebagai lalapan

Manfaat daun katuk untuk kesehatan

Karena kandungan nutrisinya, mengonsumsi daun katuk dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh Anda, antara lain:

1. Pengencangan ASI (ASI)

Daun katuk merupakan makanan yang populer untuk ibu menyusui karena dapat mempromosikan air susu ibu (ASI). Diketahui bahwa kandungan daun katuk dapat meningkatkan hormon yang mempengaruhi produksi ASI yaitu hormon prolaktin dan oksitosin. Untuk menyerap lebih banyak protein, gula, dan lemak dalam darah dibutuhkan Kedua hormon iniuntuk  merangsang alveoli payudara . Semua nutrisi ini nantinya digunakan untuk membuat ASI. Kemudian jaringan sel yang mengelilingi alveoli menekan kelenjar, memaksa susu masuk ke saluran yang disebut saluran.

2. Mengatasi dan mencegah peradangan

Daun katuk mengandung vitamin C dan karotenoid yang merupakan antioksidan. Selain itu, antioksidan pada daun ini juga semakin lengkap bila terdapat senyawa flavonoid seperti apigenin, quercetin, dan luteolin. Antioksidan dikenal untuk melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan dan peradangan akibat radikal bebas. Paparan radikal bebas di dalam tubuh bisa berasal dari radiasi, asap rokok, asap kendaraan, atau dari dalam tubuh saat makanan diuraikan.

3. Mempercepat proses penyembuhan luka

Daun katuk tidak hanya menangkal radikal bebas, tetapi juga memiliki khasiat dalam mempercepat penyembuhan luka. Kenapa ini? Vitamin C dalam daun katuk membantu membangun kolagen, protein penting yang membangun kulit. Saat Anda terluka, kulit luar paling sering rusak. Saat Anda mengonsumsi daun katuk, vitamin C dari daun katuk akan dipecah oleh tubuh dan dibawa ke dalam aliran darah ke sel-sel yang membutuhkannya, termasuk kulit yang terluka.

4. Mencegah infeksi bakteri tertentu

Salah satu khasiat daun katuk yang tidak boleh Anda lupakan adalah berpotensi mencegah infeksi. Dalam penelitian yang sama, dilaporkan bahwa ekstrak etanol pada daun katuk dapat menghambat pertumbuhan bakteri Klebsiella pneumonia dan Staphylococcus aureus yang dapat memicu terjadinya pneumonia dan bakteremia.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Apakah Anda tidak ingin mudah sakit? Jawabannya sederhana: Anda perlu menjaga sistem kekebalan Anda tetap kuat. Nah, Anda bisa mencapainya dengan mengonsumsi sayuran hijau seperti daun katuk.

Penggunaan daun katuk untuk sistem kekebalan tubuh dikarenakan kandungan vitamin C. Tubuh tidak memproduksi vitamin ini secara alami, jadi Anda perlu menutupi asupannya dengan makanan dan minuman.

6. Mencegah berat badan berlebih

Kelebihan berat badan (obesitas) dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis. Jika tidak ingin mengalami obesitas, Anda perlu mempertimbangkan pilihan makanan. Anda bisa memperbanyak sayuran hijau seperti daun katuk.

Jika diperhatikan kandungan daun katuknya, terdapat 1 gram lemak untuk setiap 100 gramnya. Konon, sayuran ini rendah kalori. Daun katuk juga mengandung flavonoid, serat, dan air yang bisa membantu perut kenyang lebih lama. Ini secara otomatis menekan keinginan Anda untuk makan makanan yang tidak sehat.

7. Menurunkan gula darah

Salah satu khasiat daun katuk yang sampai saat ini masih dipelajari oleh para ilmuwan adalah kandungan zatnya yang efektif melawan penyakit diabetes. Makan daun katuk dapat menurunkan kadar gula darah merupakan hasil dari Eksperimen manusia. Perlu Anda ketahui bahwa kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan diabetes dalam jangka panjang.Selain itu, mengonsumsi daun katuk memungkinkan seseorang untuk mengontrol berat badannya sehingga risiko terkena diabetes juga menurun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *