5 Jenis Olahraga Kardio Yang bisa Kamu lakukan dirumah untuk Membakar Lemak dan Mengecilkan Perut!

5 Jenis Olahraga Kardio Yang bisa Kamu lakukan dirumah untuk Membakar Lemak dan Mengecilkan Perut!

Yogyakarta, Tersurat.com – Sudahkah Kamu mengonsumsi makanan sehat tetapi tidak menurunkan berat badan? Menggabungkan pola makan sehat dengan olahraga bisa menjadi solusi.

Salah satu metode pembakaran lemak yang paling efektif adalah dengan olahraga kardio. Selain efektif, aktivitas fisik ini juga mudah dilakukan di rumah dengan banyak variasi sehingga tidak mudah bosan.

    Baca Juga : 5 Gerakan Pemanasan sebelum Berolahraga agar tidak Cidera

Apa itu Olahraga kardio?

Olahraga kardio adalah olahraga yang meningkatkan detak jantung dan pernapasan. Jenis olahraga ini disebut juga dengan senam aerobik karena aktivitas fisik ini membutuhkan banyak oksigen dan otot yang besar.

Apa Manfaat olahraga Kardio?

Salah satu manfaat utama kardio adalah meningkatkan metabolisme sehingga dapat membakar lebih banyak kalori atau lemak. Alhasil, dengan olahraga satu ini dapat mengecilkan perut, paha, atau berat badan secara keseluruhan.

Tentunya untuk hasil yang maksimal, perlu menjaga pola hidup sehat, seperti tidur yang cukup dan makan makanan bergizi.
Kamu juga mungkin merasakan manfaat lain seperti meredakan stres, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjaga kestabilan gula darah dan kolesterol. Berikut olahraga kardio yang bisa Kamu lakukan di rumah tanpa alat olahraga

Olahraga kardio tanpa peralatan olah raga

1. Lompat tali
Lompat tali adalah salah satu metode pembakaran lemak kardio paling murah dan efektif yang dapat dilakukan di rumah. Lompat tali dapat membakar sekitar 220 kalori hanya dalam 20 menit.

lakukan lompat tali 10-30 detik dan istirahat selama 10 detik. Kemudian ulangi ini 10 kali atau sebanyak mungkin.
Agar lebih bervariasi kamu dapat lakukan lompat tali selama 30-60 detik dan langsung melakukan gerakan Jogging di tempat, jumping jack, squat atau push-up selama 30 detik. Ulangi proses ini sebanyak mungkin.

2. Jogging
Kamu bisa melakukan jogging di luar atau di dalam ruangan. Bagi Kamu yang tidak memiliki akses ruangan besar, olahraga ini bisa dilakukan di tempat.

Dibandingkan lari, jogging lebih sedikit memberi tekanan pada persendian, jadi lebih baik bagi orang yang sering mengalami masalah lutut. Jogging juga cocok untuk pemula karena gerakannya yang alami dan mudah.

Rata-rata orang membakar 110 kalori per 1 kilometer. Kamu bisa memulainya dengan jogging selama 15 menit di pagi hari dengan meningkatkan intensitasnya setiap hari.

3. Naik Turun Tangga
Ingin mengecilkan perut dan mengencangkan lemak di paha? Naik turun tangga adalah salah satu olahraga paling efektif. Tak heran jika dapat kehabisan napas setelah melakukan olahraga ini karena tubuh kita menggunakan banyak energi untuk melakukan aktivitas sederhana ini.

Selain itu otot kaki kita juga bekerja keras sehingga kaki bagian bawah bisa terasa lebih kencang. Namun, bagi Kamu yang memiliki masalah lutut, hindari olahraga ini.

4. Zumba
Zumba adalah olahraga kardio terpopuler bagi wanita dan pria segala usia karena konsepnya yang menyenangkan.
Biasanya latihan ini membutuhkan waktu 60 hingga 90 menit dan dapat membakar sekitar 400 kalori. Meskipun lama, waktu yang dijamin Zumba akan terasa sangat cepat!

Bagi kamu yang tidak pandai menari jangan khawatir karena Zumba mudah untuk diikuti semua orang. Kamu bisa melakukan ini di rumah dengan mencari video Zumba di Youtube.

5. HIIT
HIIT (High Intensity Interval Training) adalah jenis olahraga kardio terbaru dan paling efektif untuk membakar lemak. HIIT menggunakan intensitas tinggi dan oleh karena itu membutuhkan durasi yang lebih singkat daripada olahraga lainnya. HIIT yang dilakukan dengan benar dapat memaksimalkan pembakaran lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh selama 24 jam.

Ada banyak variasi latihan HIIT yang bisa kamu coba di rumah seperti jumping jack, squat, lunges, planks, atau push-up. Biasanya, setiap gerakan dilakukan selama 30 detik kemudian dibiarkan istirahat selama 10 detik setelah setiap gerakan, kemudian diulangi selama total 20 menit. Durasi setiap orang berbeda-beda tergantung kemampuan individu masing-masing
Kamu bisa menemukan banyak inspirasi HIIT di media sosial atau di YouTube. Jangan lupa melakukan pemanasan dan pendinginan untuk menghindari cedera!

Nah, itulah olahraga kardio yang bisa dilakukan dirumah untuk menghilangkan lemak berlebih dan menjaga bentuk tubuh Kamu. Disarankan agar kamu melakukannya secara rutin sekitar 3-4 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *