Berenang dan Mafaatnya

3 Kebaikan berenang yang tidak bisa dicapai dengan olahraga lain

TerSurat.com Yogyakarta – Banyak anak-anak dan orang dewasa yang suka berenang. Padahal, berenang merupakan aktivitas rekreasi paling populer untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Selain itu, ternyata renang memiliki banyak sekali manfaat yang membuatnya lebih unggul dari olahraga lainnya, lho! Sesuatu?

Baca juga:  Tips Mencegah Mata Merah Setelah Berenang Beserta Cara Mengobatinya

Berbagai manfaat renang yang tidak dimiliki olahraga lain

Basil Strasburg, PT, ahli terapi fisik dari Cleveland Clinic Rehabilitation and Sports Therapy, mengatakan manfaat berenang tidak perlu diragukan lagi. Jenis olahraga ini bahkan bisa dibilang lebih unggul dari olahraga lainnya.

Berikut 3 manfaat berenang yang tidak dimiliki olahraga lain, di antaranya:

1. Bisa dilakukan oleh siapa saja

Berenang merupakan olahraga universal yang juga dikenal siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Cukup menarik, begitu pula orang dengan kebutuhan khusus. Robert A. Robergs, ahli fisiologi olahraga di University of New Mexico, menunjukkan bahwa manfaat berenang juga bisa dirasakan oleh penderita rematik, gangguan muskuloskeletal, dan masalah berat badan. Ini memperjelas bahwa setiap orang bisa berenang.

Saat Anda masuk ke dalam genangan air setinggi pinggang, tubuh Anda hanya menopang 50% dari total berat Anda. Ketika ketinggian air mencapai dada Anda, Anda hanya menopang 25-35% dari berat badan Anda. Ya, semakin tinggi air, semakin sedikit beban yang harus Anda bawa. Hal ini dipengaruhi oleh daya apung air saat berenang. Itulah mengapa manfaat berenang bisa dirasakan oleh semua orang. Meskipun Anda memiliki masalah otot dan tulang, Anda tidak perlu mengkhawatirkan nyeri karena daya apung air dapat membantu meredakan nyeri dan meningkatkan kebugaran.

2. Memperkuat otot di seluruh bagian tubuh

Apakah Anda sedang mencari jenis olahraga yang dapat menggerakkan seluruh tubuh tetapi mudah dan menyenangkan? Berenang bisa jadi pilihan yang tepat. Tidak hanya terasa menyegarkan, berenang juga akan mendorong seluruh tubuh Anda untuk beraktivitas. Tangan dan kaki Anda secara otomatis akan melawan arus sehingga Anda dapat bergerak maju. Sedangkan otot pinggul, punggung, dan perut bertanggung jawab untuk menstabilkan kepala, tubuh, dan tulang belakang.

Meski tidak terlihat seperti olahraga, gerakan renang dapat membantu membangun kekuatan otot. Jika Anda berolahraga sebagai senam aerobik, maka manfaat renang yang akan Anda rasakan tentunya akan semakin besar dan tentunya akan bermanfaat lebih besar juga hasilnya. Mulai dari memperlancar aliran darah ke tubuh, memperkuat jantung hingga menjaga kesehatan paru-paru. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2016 di jurnal Revista Portuguesa de Pneumologia menemukan bahwa perenang cenderung memiliki paru-paru yang lebih kuat dibandingkan atlet lainnya.

3. Menurunkan risiko cedera

Berenang memiliki risiko cedera paling rendah dibandingkan olahraga berdampak rendah lainnya. Hal ini berulang kali dipengaruhi oleh daya apung air, yang berarti bahwa tekanan tubuh di dalam air berkurang. Dibandingkan dengan berlari, persendian di kaki Anda berisiko cedera karena beban Anda ditopang oleh kaki saat berlari. Sementara itu, saat berenang, persendian Anda sebenarnya terlindungi dari stres dan tekanan karena memeras air bukanlah efek yang berbahaya dan keras.

Namun, ini berbeda untuk atlet renang profesional, karena risiko cedera mungkin lebih tinggi. Perenang berisiko cedera bahu dan lutut akibat gerakan tangan dan kaki yang berulang. Demi keselamatan, selalu ikuti instruksi instruktur untuk menghindari risiko cedera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *