Berenang dan Mafaatnya

Tips Mencegah Mata Merah Setelah Berenang Beserta Cara Mengobatinya

TerSurat.com Yogyakarta – Tahukah Anda bahwa klorin yang ditambahkan ke kolam renang saat bercampur dengan air seni, keringat, dll. Dapat menyebabkan mata merah? Baik atlet maupun orang biasa sering kali mengalami mata merah setelah berenang. Agar tidak berulang terus menerus, usahakan untuk menghindari mata merah setelah berenang.

Baca juga: Anak Anda Takut Berenang tenang ?? Berikut 7 Langkah Positif Dengan Anak Yang Takut Berenang

Klorin di kolam menyebabkan iritasi mata

Klorin umumnya dicampur ke dalam kolam renang untuk mencegah penyebaran kuman dan wabah penyakit. Namun kaporit yang bercampur dengan cairan tubuh seperti urine, keringat, sel kulit, deodoran yang menempel di tubuh, atau sisa riasan pada tubuh menimbulkan berbagai masalah seperti:

  • Mengurangi jumlah klorin yang tersedia untuk membunuh kuman
  • Menciptakan iritan yang dikenal sebagai kloramin

Kloramin dianggap sebagai faktor risiko mata merah setelah berenang. Bagaimana mencegah iritasi mata merah setelah berenang

1. Gunakan kacamata renang

Kacamata renang adalah salah satu alat yang paling direkomendasikan untuk berenang. Selain bisa melihat dengan jelas di dalam air, kacamata juga bisa membantu mencegah iritasi mata setelah Anda selesai berenang. Itu karena kacamata renang dirancang untuk melindungi mata Anda dari bahan iritan seperti kloramin.

2. Cuci mata Anda

Setelah berenang, coba cuci mata Anda. Ini dapat dilakukan dengan air ledeng dan dengan mata tertutup. Cara ini biasanya cukup ampuh untuk menghilangkan berbagai senyawa kimia yang menempel di sekitar mata Anda.

3. Gunakan obat tetes mata

Coba gunakan tetes mata atau gel air mata sebelum masuk ke dalam air untuk membantu menyeimbangkan cairan di mata Anda dan membuat mata Anda lebih nyaman. Selain itu, biasakan menggunakan obat setelah berenang untuk menghindari iritasi mata merah akibat chloramine.

Baca Juga  Cara efektif menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol dan petai

4. Minum banyak air

Salah satu penyebab mata merah setelah berenang adalah kurangnya cairan dalam tubuh. Oleh karena itu, minum banyak air sebelum dan sesudah berenang untuk menjaga kelembapan mata adalah keputusan yang bijak. Selain keempat tips tersebut, ada cara lain untuk mencegah iritasi mata (mata merah) yaitu:

  • Hindari buang air kecil atau besar di kolam.
  • Jika mendesak, tinggalkan kolam dan segera gunakan toilet.
  • Basuhlah tubuh Anda sebelum berendam agar kotoran yang menempel di tubuh Anda hilang.
  • Gunakan topi renang atau topi yang dirancang untuk perenang

Mencuci mata setelah berenang bisa mengobati mata merah Lantas bagaimana jika sudah mengikuti langkah-langkah di atas, akan tetapi mata Anda tetap merah setelah berenang, Anda mungkin memerlukan perawatan atau segera periksa atau konsutasi ke dokter terdekat. Seperti dilansir American Optometric Association, membilas mata hingga bersih dengan air hangat akan membantu menghilangkan iritasi pada permukaan mata. Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan kompres dingin pada mata untuk mengurangi peradangan dan iritasi. Setelah selesai, coba gunakan obat tetes mata untuk mengurangi rasa gatal dan perih di mata Anda. Namun, jika Anda mengalami gejala komplikasi berikut ini, segera hubungi dokter mata Anda.

  • Mata iritasi dan merah yang mengeluarkan nanah
  • Penglihatan kabur dan kabur selama beberapa jam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *