Khasiat teh hijau bagi kesehatan tubuh

Khasiat teh hijau bagi kesehatan tubuh

Yogyakarta, tersurat.com – Teh hijau adalah salah satu minuman tersehat di dunia. Banyak ahli kesehatan setuju dengan pernyataan ini. Tentu saja, tidak ada makanan atau minuman yang benar-benar dapat menghindarkan Anda dari infeksi dan penyakit. Namun kandungan senyawa katekin dalam teh hijau sangat berkhasiat. Katekin dalam teh hijau merupakan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel melawan radikal bebas.

    Baca Juga : Pemanfaatan teh hijau sebagai masker wajah untuk kulit sehat alami

Teh hijau melindungi sel somatik dari kerusakan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa teh hijau memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan makanan lain. Minum teh hijau juga terbukti membantu melindungi sel dan DNA tubuh Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. Secara tidak langsung, antioksidan dalam teh hijau mencegah risiko penyakit kronis dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Antioksidan dalam teh hijau dapat menetralkan dan membasmi radikal bebas di dalam darah. Dengan meminum teh hijau, tubuh Anda akan mendapat banyak manfaat.

Teh hijau melindungi otak dan sistem saraf

Seperti halnya jantung, otak membutuhkan darah dan oksigen agar dapat berfungsi secara optimal. Ngomong-ngomong, teh hijau dapat mencegah penyempitan pembuluh darah, ternyata pada akhirnya meningkatkan sirkulasi darah ke otak.

Berdasarkan penelitian Swiss, konsumsi teh hijau dapat meningkatkan kemampuan otak untuk mengatur daya ingat. Teh hijau juga diketahui dapat menghambat pembentukan plak yang terkait dengan penyakit Alzheimer.

Baca Juga  Yuk Kenali diet pisang untuk menurunkan berat badan

Teh hijau mengontrol gula darah dan mencegah risiko diabetes

Perihal teh hijau yang mengandung senyawa katekin, dipercaya dapat menekan gula darah pada penderita diabetes. Karena teh hijau memiliki kemampuan menurunkan kolesterol dan tekanan darah, maka dapat mencegah kerusakan akibat makanan berlemak.

Satu studi menemukan bahwa orang yang minum setidaknya 6 cangkir teh hijau setiap hari memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

Teh hijau membantu mengurangi risiko kanker

Ada penelitian yang menyimpulkan bahwa teh hijau dapat menurunkan risiko kanker secara signifikan. Buktinya belum kuat, tapi efeknya menjanjikan. Para peneliti berspekulasi bahwa polifenol dalam teh hijau dapat membunuh sel kanker dan mencegahnya terjadi.

Sebuah studi terhadap 472 wanita dengan kanker payudara menemukan bahwa mereka cenderung lebih kecil untuk mengembangkan kanker payudara. Teh hijau diketahui dapat mengurangi risiko kanker prostat pada pria maupun wanita.

Teh hijau mengurangi stres

Manfaat minum teh hijau untuk mood adalah menghilangkan stres. Teh hijau cenderung lebih sedikit kafeinnya dibandingkan kopi. Menurut informasi dan sumber, minum lima cangkir teh hijau sehari dapat mengurangi stres.

Teh hijau meredakan peradangan atau reaksi alergi

Teh hijau mengandung senyawa yang berfungsi sebagai antibakteri dan antioksidan yang dapat menekan peradangan. Oleh karena itu menurut saya teh hijau memiliki kemampuan yang sangat tinggi untuk meredakan jerawat dari yang ringan sampai sedang.

Anda dapat melakukannya dengan meminum teh hijau sendiri dan menggunakannya sebagai masker atau pembersih. Antioksidan flavonoid dalam teh hijau dapat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh reaksi alergi.

Teh hijau dapat mengurangi pembengkakan mata

Menurut beberapa ahli herbal, kafein dalam teh hijau dapat mengurangi tampilan mata panda, mengurangi warna hitam, dan mengurangi bengkak. Caranya? Ambil 2 kantong teh hijau basah dan tekan mata Anda selama 15 sampai 20 menit.

Baca Juga  7 minyak esensial untuk mengobati gigitan serangga

Teh hijau membantu Mengatasi Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Minum dua hingga tiga cangkir teh hijau sehari akan membantu membersihkan saluran kemih. Teh hijau dapat mengurangi peradangan pada saluran kemih. Orang yang minum teh hijau secara teratur memiliki risiko 40% lebih rendah terkena ISK.

Teh hijau membantu menjaga berat badan ideal

Jangan lupa untuk tidak menurunkan berat badan. EGCG, bahan aktif dalam teh hijau, dipercaya mampu menurunkan berat badan, namun sejauh ini belum ada bukti. Teh hijau membantu menjaga berat badan agar bisa bertahan lebih lama.

Syaratnya Anda menghindari minuman manis, gantilah dengan teh hijau. Daripada minum sekaleng soda, lebih baik minum 1 atau 2 gelas teh hijau tanpa gula. Kemudian Anda bisa menghemat 50.000 kalori dan menurunkan berat badan 6-7 kilogram.

Inilah khasiat yang ada dalam teh hijau. Selain itu, meski masih banyak khasiat yang perlu diteliti, teh hijau tetap membantu Anda tetap sehat. Jadi, mulailah mengganti kopi saat ini dengan minuman sehat seperti teh hijau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *