Berbagai varietas buah Strawberry yang jarang diketahui

Berbagai varietas buah Strawberry yang jarang diketahui

Yogyakarta, tersurat.com – Strawberry.. Siapa sih yang gak kenal sama buah yang sangat fenomenal ini. Warna, bentuk, aroma dan rasa yang khas membuat buah ini digemari oleh banyak masyarakat. Makanan dan minuman berbahan strawberry sudah tidak asing lagi bagi banyak orang di seluruh dunia. Namun selama ini belum banyak orang yang mengetahui kandungan tumbuhan.

    Baca Juga : Pembedaan jenis strawberry berdasarkan tipe dan varietas

Strawberry bagus untuk kesehatan dan kecantikan

Strawberry termasuk dalam kategori buah yang dapat menyegarkan karena bersifat asam dan manis. Asam tersebut dapat memberikan kesan yang segar dan menyala. Selain itu strawberry juga dapat dikonsumsi yang dapat memberikan kesehatan. Tak hanya kesehatan, strawberry juga mampu menjaga kecantikan kulit dan wajah.

Strawberry masuk dalam kategori tanaman subtropis

Tanaman strawberry termasuk divisi Spermatophyta, divisi Angiospermae, kelas Dicotyledonae, strain Rosaceae, genus Fragaria dan Fragaria spp. Tanaman ini telah dikenal sejak zaman Romawi, namun buah strawberry yang dikenal pada masa itu berbeda dengan yang dikenal saat ini.

Saat ini, strawberry yang kita cari dan konsumsi umumnya adalah Fragaria X ananassa var Duchesne, hasil persilangan antara F. virginia L. var Duchesne di Amerika Utara dan F. chiloensis L. var Duchesne di Chili. Persilangan dua buah strawberry itu dilakukan pada tahun 1750. Perkawinan tambahan dilakukan untuk menghasilkan strawberry yang besar, lembut, dan manis.
Strawberry adalah buah subtropis. Oleh karena itu strawberry yang ditanam di Indonesia merupakan hasil introduksi. Varietas strawberry yang dapat dibudidayakan di Indonesia adalah sebagai berikut.

Jenis-jenis buah Strawberry

1. Sweet Charlie yang berasal dari Amerika Serikat. Varietas ini banyak dibudidayakan di dunia karena berbuah dengan cepat, buahnya berwarna jingga kemerahan besar, dan aromanya yang kuat sehingga sangat produktif dan tahan terhadap serangan Colletotrichum.

2. Oso Grande yang berasal dari California. Varietas ini sekarang banyak digunakan di seluruh dunia. Ukuran buahnya sangat besar, buahnya terlalu padat, mempunyai tekstur seperti busa, dan menghasilkan panen yang tinggi.

3. Tristar yang berasal dari Amerika Barat. Varietas ini membutuhkan panjang hari yang netral. Cocok untuk pengolahan makanan ukuran buah kecil dan sedang serta tahan terhadap penyakit embun tepung dan penyakit red stelle.

4. Nyoho berasal dari dua negara, yakni dari Jepang Selatan dan Korea. Biasanya varietas ini ditanam di atas PVC. Bentuk buahnya sangat menarik, mengkilat, buahnya padat, sangat manis, dan sangat cocok untuk bahan kue.

5. Hokowaze berasal dari Jepang Utara. Varietas ini unggul, harum, agak lunak, sangat rentan terhadap serangan verticillium dan antraks serta tahan terhadap penyakit.

6. Rosalinda berasal dari Florida. Varietas ini memiliki hasil yang tinggi dengan aroma buah yang kuat. Varietas ini digunakan untuk berbagai olahan dan hiasan.

7. Chandler yang berasal dari California. Varietas ini sudah banyak dibudidayakan di dunia. Ukuran buah besar, hasil tinggi, dan ketahanan terhadap serangan virus.

Strawberry dapat dibudidayakan di dataran tinggi Indonesia

Berbagai varietas ini terutama dapat ditemukan di daerah dataran tinggi seperti Lembang, Cianjur, Cipanas, dan Sukabumi dari Jawa Barat, Batu dan Situbondo dari Jawa Timur, Magelang dan Purbalingga dari Jawa Tengah, Bedugul dari Bali, Berastagi dari Sumatera Utara.

Pada umumnya strawberry dapat dibudidayakan di dataran tinggi (1000-1500 dpl), sinar matahari tidak terlalu menyengat, suhu relatif rendah (22-28 ° C), kelembaban udara 80-90%, dan curah hujan 600 -. Ini 700mm / tahun. Tempat yang baik untuk menanam strawberry adalah tanah berpasir yang kaya bahan organik, dengan tanah liat di lereng pegunungan. Kaya bahan organik, tanah sangat keropos, dan akarnya bisa tumbuh optimal. Kandungan bahan organik yang tinggi juga cocok untuk pasokan nutrisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *