Tips Berinvestasi Emas & Kesalahan Investasi Yang harus dihindari !

Tips Berinvestasi Emas & Kesalahan Investasi Yang harus dihindari!

Yogyakarta, Tersurat.com – Meski dinilai menguntungkan, investasi emas tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar investasi ini dapat berjalan dengan aman dan menguntungkan.

Terlebih lagi bagi pemula, jika investasi tidak dilakukan dengan benar dapat mengakibatkan kerugian. Meski begitu, Anda Kamu tidak perlu khawatir karena investasi emas merupakan investasi yang minim risiko. Selain itu, tidak sulit juga untuk berinvestasi emas.

Selama Kamu melalui semua proses sesuai prosedur, investasi tersebut aman dan menawarkan Kamu kesempatan untuk memperoleh keuntungan yang relatif tinggi.

Tips Investasi Emas untuk Pemula

Tetapkan tujuan investasi
Sebelum Kamu mulai berinvestasi, tanyakan pada diri Kamu apa yang sebenarnya ingin Kamu tuju dengan hasil investasi itu.
Misalnya, Kamu dapat menetapkan tujuan untuk membeli rumah dengan uang tunai dalam 10 tahun, pensiun lebih awal, atau bebas secara finansial.

Tentunya setelah Kamu tahu apa tujuannya, Kamu harus lebih konsisten dalam membeli emas dalam jumlah tertentu, tergantung kemampuan Kamu.

Cek harga emas secara rutin
Setelah Kamu mencapai tujuan investasi tertentu, Kamu perlu bersabar dan tidak langsung membeli emas. Belilah emas saat harga pasar sudah turun karena tentunya ada peluang besar bagi Kamu untuk mendapatkan hasil yang lebih besar di kemudian hari. Kamu kemudian bisa terus memantau pergerakan harga emas.

Tentukan jumlah investasi
Tip investasi emas selanjutnya adalah menentukan jumlah uang yang perlu dikeluarkan. Tentu saja, setelah Kamu mengetahui tujuan investasi Kamu, Kamu telah menghitung berapa banyak yang perlu Kamu kumpulkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Misalnya, jika Kamu ingin berinvestasi emas 10 tahun dari sekarang untuk membeli rumah dengan uang tunai, Kamu dapat memperkirakan tingkat inflasi tahunan industri properti.

Baca Juga  6 Manfaat Inseminasi Buatan pada Sapi ( kawin suntik )

Dengan begitu, Kamu tahu nilai yang perlu dicapai selama 10 tahun ke depan. Sekarang setelah Kamu dapat memperkirakan nilainya, Kamu dapat menentukan periode waktu di mana dan berapa banyak emas yang akan dibeli.

Walaupun investasi emas relatif lebih aman, ada beberapa syarat yang harus Kamu ikuti untuk menghindari kesalahan investasi emas

Lalu apa yang harus hindari agar Kamu tidak terjebak dalam kesalahan investasi emas?

Kesalahan umum saat berinvestasi emas

Tidak memiliki Tempat penyimpanan yang Aman
Emas adalah logam mulia yang mudah dibawa dan diangkut. Ini membuat emas lebih mungkin hilang dan dicuri oleh orang lain.
Saat memutuskan untuk berinvestasi emas, penting untuk memiliki tempat penyimpanan khusus, atau Kamu bisa menyewa tempat penyimpanan dari bank atau pegadaian.

Tidak punya tempat khusus untuk menyimpan emas
Solusinya sekarang adalah menabung emas atau berinvestasi dalam emas digital. Tempat berinvestasi emas secara online tanpa harus menabung secara fisik. Hal ini tentunya dinilai lebih aman karena mengurangi resiko emas batangan dicuri orang lain.

Namun, karena merupakan aset tetap, Kamu benar-benar perlu memastikan rekam jejak perusahaan saat memilih platform untuk berinvestasi dalam emas digital. Jangan biarkan diri Kamu hanya memilih dan membuat kesalahan yang tak terelakkan dengan berinvestasi emas.

Bandingkan harga emas
Kesalahan selanjutnya dalam berinvestasi emas adalah membeli emas dengan cepat. Jadi, sebelum membeli emas batangan, tidak ada salahnya membandingkan harga di beberapa lokasi terpercaya untuk mendapatkan harga terbaik.

Jangan sampai rugi, karena ada penjual yang memasang harga emas terlalu tinggi. Ini sangat penting, terutama bagi Kamu yang tidak memantau pergerakan harga emas.

Tujuan investasi yang salah
Jangan membeli emas untuk dijadikan perhiasan agar terlihat menarik di pesta. Jika tujuan Kamu adalah untuk menghasilkan keuntungan di masa depan, sebaiknya Kamu adalah membeli emas batangan.

Baca Juga  Berbagai Cara Yang Bisa Anda Gunakan Dalam Pemasaran Digital Gimana Metodenya?

Membeli emas batangan jauh lebih menguntungkan karena Kamu tidak dikenakan biaya produksi apa pun saat dijual kembali. Salah satu jenis emas berkualitas adalah emas dengan sertifikat Antam 99,99% yang banyak digunakan di pegadaian.

Jangan lupa untuk menyimpan emas selama lebih dari 2 tahun untuk hasil yang lebih baik. Emas sendiri merupakan salah satu jenis investasi jangka panjang yang artinya keuntungan baru akan terlihat setelah paling sedikit 5 tahun.

Tidak Memantau harga emas
Pergerakan harga emas memegang peranan penting saat Kamu menjual atau membeli emas. Oleh karena itu, sebagai investor, Kamu perlu memastikan bahwa Kamu membeli emas saat harganya rendah dan menjualnya saat harga naik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *