peternakan sapi

Kupas vitamin pada daging sapi dengan seksama, vitamin apa dari sayuran?

TerSurat.com Yogyakarta –  Sebagai sumber protein hewani, apakah daging sapi juga mengandung vitamin yang dibutuhkan tubuh? Meski begitu, vitamin apa yang dikandung daging sapi? Lalu apa lagi vitamin dalam daging sapi atau vitamin pada sayuran? Simak ulasannya di sini.

Baca Juga : Ketahui tentang pembentukan dan sumber protein pada ruminansia

Apakah daging sapi mengandung vitamin?

Seperti kebanyakan sumber makanan lainnya, daging sapi juga mengandung vitamin. Ada beberapa jenis vitamin dalam daging sapi, dari vitamin yang larut dalam lemak atau yang larut dalam air.

1. Vitamin apa yang dikandung daging sapi? 

  • Vitamin B.

Situs American Meat Science Association melaporkan bahwa daging merupakan sumber protein hewani yang juga mengandung vitamin B kompleks, walaupun bukan merupakan sumber vitamin B9 (asam folat) yang baik. Vitamin B merupakan vitamin yang membantu proses produksi energi dari makanan yang Anda makan. Dalam 100 gram daging sapi mengandung:

  • 0,07 mikrogram vitamin B1 (tiamin)
  • 0,51 mikrogram vitamin B2 (riboflavin)
  • 1,2 mikrogram vitamin B3 (niasin)
  • 2,6 mikrogram vitamin B12 (cobalamin)
  • 0,4 miligram vitamin B6 (piridoksin)

 

  • Vitamin A.

Tidak semua bagian daging mengandung vitamin A. Anda tidak bisa mendapatkan vitamin A dari potongan daging biasa, fillet atau sirloin saja. Vitamin A dalam daging sapi ditemukan dalam jumlah besar di hati. Jadi jika ingin mendapatkan vitamin A dari daging, sebaiknya makan hati. Vitamin A dalam hati sapi mengandung 5.808 mikrogram. Vitamin A membantu membentuk dan menjaga kesehatan gigi, kerangka, selaput lendir, dan kulit. Vitamin A juga mendukung kesehatan mata secara keseluruhan.

  • Vitamin K.

Daging juga mengandung vitamin K. Namun, vitamin K yang terkandung di dalam daging tergolong rendah. Laman University of North Carolina School of Medicine melaporkan bahwa vitamin K yang terdapat pada daging termasuk dalam kategori rendah, yaitu 2,4 mikrogram per 100 gram daging sapi. Vitamin K dalam tubuh membantu pembekuan atau penggumpalan darah sehingga dapat melindungi Anda dari kehilangan darah dalam jumlah besar.

  • Vitamin D

Daging sapi juga mengandung sedikit vitamin D, yaitu 10 IU (unit) per 100 gram daging. Proporsi vitamin D tertinggi juga tidak ditemukan pada daging, tetapi di hati. Karena itu, Anda tidak bisa mengandalkan asupan vitamin D dari daging sapi saja. Vitamin D sendiri merupakan vitamin yang membantu penyerapan kalsium untuk membangun tulang yang kuat.

  • Vitamin E.

Daging bukan merupakan sumber vitamin E yang baik, kandungan vitamin E pada daging termasuk dalam kategori sangat rendah. Sumber vitamin E tertinggi adalah biji-bijian dan kacang-kacangan, disusul sumber vitamin E dari sayuran. Vitamin E merupakan vitamin yang melindungi jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin E juga membantu melindungi sistem kekebalan tubuh dari virus dan bakteri.

2. Mana lagi vitamin dalam daging atau sayuran?

Vitamin dalam sayuran biasanya lebih kaya daripada vitamin pada daging, kecuali vitamin B12. Sumber vitamin B12 yang baik adalah sumber vitamin B12 yang berasal dari produk hewani seperti daging sapi bukan dari sayuran. Namun keunggulan vitamin lebih banyak didapat dari sayuran. Sumber vitamin B9 atau asam folat yang baik adalah sayuran, buah-buahan, dan produk yang diperkaya dengan asam folat, bukan dari daging. Jika Anda membutuhkan banyak vitamin C, Anda bisa mendapatkannya dari sayuran, bukan daging. Sumber vitamin A yang baik juga terdapat pada beberapa sayuran seperti labu kuning, wortel, dan bayam. Sedangkan pada daging, sumber vitamin A khusus ada di hati dan tidak di semua daging.  Vitamin K sekarang lebih banyak ditemukan pada bayam, brokoli, asparagus dan selada, bukan pada daging. Vitamin E pada sayuran juga lebih tinggi dari pada daging.

3. Vitamin dalam daging sapi tidak dapat menggantikan vitamin dalam sayuran

Meski daging juga mengandung beberapa vitamin, bukan berarti Anda bisa menggantikan daging sapi dengan sayuran. Kenapa begitu? Pertimbangkan dua pertimbangan di bawah ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *