Hasil Final Piala Menpora 2021. Persija Jakarta Jadi Juara Mengalahkan Persib Bandung

Hasil Final Piala Menpora 2021 : Persija Jakarta Jadi Juara Mengalahkan Persib Bandung

Yogyakarta, Tersurat.com – Persija Jakarta menjadi juara Piala Menpora 2021 setelah mengalahkan Persib Bandung dengan agregat 4-1 . Tim Macan Kemayoran mengamankan kemenangan usai mengalahkan Maung Bandung 2-1 di leg kedua babak final. Setelah sebelumnya menang 2-0 di leg Pertama

Bermain di Stadion Manahan, Solo pada Minggu 25 April 2021, Persija tetap bermain ngotot sejak menit pertama walaupun sudah unggul 2-0 di Leg Pertama. Tim Macan Kemayoran kembali mengandalkan Taufik Hidayat untuk menjadi ujung tombak serangan dan langsung menekan barisan pertahanan Persib.

Pada leg pertama yang berlangsung Kamis lalu di Stadion Maguwoharjo Sleman, Persija mengalahkan Persib 2-0. Braif Fatari dan Taufik mencetak dua gol cepat pada pertandingan itu.

Untuk posisi Penjaga Gawang Pelatih Sudirman tetap mengandalkan Andritany Ardhiyasa. Sedangkan Pelatih Sudirman mempercayai Marco Motta, Yann Motta, Otavio Dutra, dan Tony Sucipto untuk lini pertahanan.

Di Lini Tengah Braif Fatari, Rohit Chand, Marc Klok kembali menjadi starter di Leg kedua ini dan Osvaldo Haay, Riko Simanjuntak, Taufik Hidayat di Lini serang dengan Taufik Hidayat sebagai Ujung tombaknya.

Sementara itu, pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts, memasang I Made Wirawan sebagai Kiper dengan barisan pertahanan diisi oleh Achmad Jufriyanto, Bayu Fiqri, Henhen Herdiana, dan Victor Igbonefo.

Untuk Lini tengah Maung Bandung memasang Beckham Putra, Dedi Kusnandar, dan Esteban Vizcarra. Sementara itu untuk pelatih persib bandung tidak melakukan perubahan di lini depan. Seperti di leg pertama, dia memasang Ezra Walian, Frets Butuan dan Wander Luiz.

Jalannya Pertandingan Persib vs Persija

Pada menit ke-4 Persija mengancam sektor pertahanan Persib, Riko berhasil masuk ke dalam kotak pinalti lawan dan mengirimkan umpan silang. Namun, Taufik Hidayat tak mampu menuntaskan umpan dengan baik.

Selang empat menit, Persija kembali menekan pertahanan Persib. Kali ini Taufik mendapatkan bola dari umpan-umpan jauh. Namun, kiper I Made Wirawan mampu mengantisipasi dengan baik.

Persija yang kembali mendominasi permainan mendapat peluang mencetak gol di menit ke-20 melalui Riko Simanjuntak yang menerima umpan dari Osvaldo Haay. Namun, eksekusinya masih belum tepat sasaran.

Persib harus bermain dengan sepuluh pemain setelah Bayu Mohamad Fiqri mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-22 karena melanggar Marco Motta.

Untuk memperkuat barisan pertahanan setelah Bayu mendapat kartu merah, Pelatih Robert memasukkan Ardi Idrus. Pada menit ke-25 ia masuk menggantikan Esteban Vizcarra.

Karena kalah jumlah pemain, Persib mencoba menciptakan peluang mencetak gol melalui serangan balik cepat dan memanfaatkan set piece. Namun mereka tetap kesulitan mereka tetap tidak bisa mengancam ke gawang Andritany Ardhiyasa. Hingga babak pertama usai Persib Bandung tetap tidak bisa menciptakan gol balasan.

Di babak kedua, pelatih Persib melakukan pergantian strategi dengan memasukkan Ferdinand Sinaga menggantikan Wander Luiz dan menggantikan Henhen Herdiana dengan Supardi Nasir.

Baru enam menit memasuki babak kedua, Persija berhasil mencetak gol melalui Osvaldo Haay melalui umpan dari Riko Simanjuntak.
Setelah gol tersebut, Persija menurunkan tempo serangannya dan memainkan umpan-umpan pendek di areanya sendiri untuk mengulur-ulur waktu.

Pada menit ke-67, Persib mendapat peluang untuk mencetak gol dari tendangan bebas. Namun, tendangan Ferdinand Sinaga masih membentur mistar.

Pada menit ke-75, Braif Fatari ditarik dari lapangan karena mengalami cedera dan digantikan oleh Ramdani Lestaluhu.
Pada menit ke-78, Pelatih Robert memasukkan Farshad Noor dan Erwin Ramdani untuk menggantikan Beckham Putra dan Frets Butuan untuk menambah intensitas serangan.

Terbukti dengan masuknya Erwin dan Farshad menambah kecepatan Persib dalam menyerang Persija di menit-menit terakhir. Keberanian para pemain Maung Bandung melakukan tekanan membuahkan sejumlah tendangan bebas.

Dengan tendangan bebas dari Ferdinand pada menit ke-84 Persib akhirnya berhasil mencetak gol balasan. Tendangan Ferdinan sinaga gagal ditepis oleh kiper Andritany dan masuk ke gawang Persija.

Setelah Persib berhasil mendapat gol balasan, Persib semakin menigkatkan intensitas serangannya. Pada menit ke-88 giliran Dedi Kusnandar yang mengancam gawang Persija dengan tendangan bebas. Namun, bola masih melambung dari gawang Persija.
Persija kembali mencetak gol melalui Riko Simanjuntak di tambahan waktu setelah menerima umpan dari Osvaldo Haay melalui skema serangan balik.

Di menit-menit terakhir perpanjangan waktu, Persija melakukan pergantian pemain. Taufik Hidayat ditarik diganti oleh Nico Saputra, dan Salman Alfraid menggantikan Toni Sucipto.

Kemenangan 2-1 atas Persib di leg kedua final Piala Menpora 2021 membawa Persija meraih kemenangan 4-1 secara keseluruhan agregat.

Susunan pemain leg Kedua

Persib : I Made Wirawan (Penjaga Gawang), Achmad Jufriyanto, Bayu Mohamad Fiqri , Henhen Herdiana, Victor Igbonefo, Beckham Putra Nugraha, Dedi Kusnandar, Esteban, Ezra Walian, Frets Butuan, Wander Luiz

Persija : Andritany Ardhiyasa (Penjaga Gawang), Marco Motta, Otavio Dutra, Toni Sucipto, Yann Motta, Braif Fatari, Marc Klok, Osvaldo Haay, Riko Simanjuntak, Rohit Chand, Taufik Hidayat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *