peternakan sapi

Tips Sukses Memulai Bisnis Peternakan Sapi

TerSurat.com Yogyakarta –  Bagi anda yang mencari peluang usaha desa untung besar, ternak adalah jawabannya. Meskipun menawarkan keuntungan bisnis yang besar, namun sebenarnya dapat menyebabkan kerugian jika Anda tidak berpengalaman dalam peternakan. Seperti yang kita ketahui selama ini, merawat sapi membutuhkan tenaga ekstra dibandingkan dengan merawat hewan lain seperti ayam, kambing, cacing, dll.

Oleh karena itu, banyak dari para peternak yang memiliki gelar sarjana di bidang peternakan karena para peternak tersebut membutuhkan keahlian khusus karena sapi merupakan hewan ternak yang bisa dibilang sulit. Sehingga para ulama ini bisa menekuni bidangnya di peternakan. Sapi membutuhkan perawatan yang intensif dan perhatian khusus dalam perawatannya. Karena jika tidak maka akan menjadi kurang sehat dan kualitasnya menurun.

Jika Anda ingin memulai usaha ternak tetapi sama sekali tidak memiliki pengetahuan tentang cara beternak sapi, Anda harus memiliki niat dan keseriusan untuk mempelajari berbagai tips dan cara memulai bisnis peternakan ini. Usaha peternakan sendiri bukanlah usaha modal kecil yang dalam waktu singkat akan mendatangkan keuntungan.

Baca juga : Kambing perah Bisnis yang sangat menggiurkan

Dalam bisnis ini, Anda membutuhkan kesabaran ekstra dan modal yang besar untuk melakukan breeding, grooming (pemberian pakan dan pemeliharaan kandang) yang tepat, serta strategi bisnis peternakan yang terampil. Sapi bisa dibuat menjadi berbagai jenis masakan dan minuman, antara lain susu, yogurt, sosis, bakso, dan lain-lain. Tidak hanya menjangkau pasar baik pasar tradisional  akan tetapi juga mampu menjangkau pasar modern juga tentunya sudah melalui proses standarisasi yang sesuia dengan standarnya.

Belum lagi permintaan bahan baku daging sapi di pasaran juga sangat tinggi. Hal inilah yang mendorong banyak orang untuk memulai bisnis peternakan dan ini juga bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bagi desa-desa. Anda harus berada di jalur yang benar untuk memulai bisnis ternak. Jika metode ini berhasil, ini adalah awal yang baik untuk upaya pemeliharaan ternak Anda.

Salah satu hal terpenting yang perlu Anda lakukan adalah dapat mengembangkan hubungan dengan peternak lain untuk membangun hubungan dan jaringan bisnis yang lebih menguntungkan. Namun sebelum Anda melakukannya, ada baiknya untuk terlebih dahulu memahami cara kerja tim dalam jaringan perusahaan. Jangan sampai tim yang telah Anda bangun kehilangan Anda karena ini adalah peluang besar bagi Anda dan tim untuk berhasil membuat bisnis peternakan yang Anda jalankan dikenal di berbagai tempat. Sapi yang mudah berkembang biak adalah sapi.

Ada beberapa jenis sapi diantaranya:

1.Sapi Ongole

Sapi ini berkulit putih dan merupakan hewan asli India sehingga dapat beradaptasi dengan iklim tropis. Pertumbuhan dan perkembangan sapi ini relatif lambat, sekitar 4 hingga 5 tahun, sehingga banyak peternak sapi ongole yang saling silang dengan jenis sapi lainnya.

2.Limusin daging sapi

Sapi limousin adalah sapi impor yang berasal dari negara empat musim. Sapi ini berbadan besar dengan daging yang cukup sedikit dengan ciri khas warna putih pada moncong kepalanya dan kulit hitam yang bervariasi dengan warna merah bata dan putih.

3.Sapi brahmana

Sapi brahman memiliki ciri-ciri tubuh yang besar, berwarna coklat sampai coklat tua, dengan warna kepala yang putih dan pertumbuhan daging yang cepat. Sapi brahman juga merupakan sapi impor. Sapi impor disebut sapi karena pertumbuhannya yang cukup pesat dibandingkan dengan sapi lokal.

4.Sapi Madura

Sapi Madura merupakan salah satu jenis sapi lokal yang memiliki ciri khas punuk berwarna merah dan kuning. Sapi madura melalui proses panjang penambahan bobot badan, namun sangat bagus untuk meningkatkan keuntungan dalam usaha peternakan.

5.Sapi Bali

Sapi ini memiliki ciri-ciri putih pada bagian kaki mulai dari lutut ke bawah dan pada bagian belakang punggungnya bergaris hitam (garis belut). Daging sapi jenis ini memiliki struktur daging yang empuk namun rendah lemak. Perawatan sapi Bali juga relatif mudah karena kemampuan adaptasinya yang relatif baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *