buah pisang & manfaatnya

kupas Manfaat buah pisang bagi anda yang gemar berolahraga

TerSurat.com Yogyakarta – Apa yang harus saya makan dengan olahraga? Mungkin banyak orang yang menyarankan makan pisang. Manfaat pisang untuk olahraga dipercaya dapat meningkatkan tenaga dan performa. Benarkah? Apakah pisang bermanfaat untuk olahraga karena Kandungan nutrisinya? Cek jawabannya di sini.

Baca Juga : Sakit Perut Usai Makan Pisang, Apa Penyebabnya?

Manfaat Pisang untuk Olahraga

Selama berolahraga, Anda membutuhkan nutrisi penting untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Makan dengan benar membantu memberikan energi yang cukup untuk otot Anda. Selain itu, pola makan yang sehat dapat mencegah kadar gula darah rendah setelah beraktivitas fisik, yang dapat menyebabkan pusing dan kelelahan.

Anda bisa mendapatkan semuanya dengan mengonsumsi pisang untuk olahraga. nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan Anda salah satunya berasal dari pisang , terutama jika Anda berolahraga.

Selain itu, manfaat pisang dalam berolahraga dapat meningkatkan performa Anda. Untuk memperoleh manfaat tersebut, pisang dapat dikonsumsi sebelum, selama, dan setelah berolahraga. Dengan sekitar 120 kalori dan 16 gram gula, kandungan karbohidrat yang tinggi pada pisang dapat memberikan semburan energi yang cepat dan 1,5 gram protein untuk membantu menutrisi otot.

Satu studi melaporkan bahwa pisang dapat menjadi bahan utama minuman olahraga untuk menggantikan elektrolit yang hilang. Suatu penelitian pernah meneliti bahwa makan pisang selama 15 menit saat berolahraga sama efektifnya dengan minum minuman olahraga . Ini karena vitamin, mineral, serat, dan karbohidrat merupakan kandungan yang terkandung di dalam pisang.

Nutrisi pisang

Di bawah ini adalah kandungan nutrisi dalam pisang yang dapat Anda andalkan untuk mendongkrak energi saat berolahraga.

kalium

Kalium berfungsi untuk merawat otot, dan kekurangan kalium dapat menyebabkan kram dan nyeri. Selama berolahraga, tubuh Anda kehilangan kalium melalui keringat, dan aktivitas fisik yang berkepanjangan dapat menurunkan kadar kalium Anda secara dramatis.

meningkatkan asupan kalium Anda sebanyak 487 miligram, atau 10 persen dari tunjangan harian yang direkomendasikan Kabar baiknya bisa cukup kita dapatkan setelah memakan pisang.

Kalium adalah mineral penting yang dibutuhkan untuk pemeliharaan gula darah dan fungsi jantung yang tepat. Sebagai elektrolit, kalium membantu Anda menjaga keseimbangan cairan dalam sel-sel tubuh Anda, yang dapat membantu mencegah kejang otot. Kalium juga diperlukan untuk pertumbuhan otot dan pembentukan otot.

vitamin C

Manfaat pisang untuk olahraga bisa diraih karena kandungan vitamin C yang tinggi. Sebuah pisang mengandung sekitar 15 persen dari kebutuhan vitamin C per hari.

Vitamin C penting untuk memperkuat otot, tendon, dan ligamen, serta menjaga sistem kekebalan tubuh selama berolahraga. Vitamin C juga mempercepat dan mempercepat penyembuhan luka dan kerusakan jaringan lunak yang diperlukan setelah olahraga berat.

mangan

sejumlah fungsi penting dalam perkembangan tulang dan penyembuhan luka  adalah salah satu kandungan yang di miliki oleh Mineral mangan. Penting juga untuk mengonsumsi mangan yang cukup untuk memproses energi dari makanan yang Anda konsumsi. Mangan membantu aktivitas fisik dan olahraga dengan membantu tubuh Anda mendapatkan hasil maksimal dari diet Anda.

karbohidrat

Pisang juga mengandung karbohidrat yang membantu performa Anda selama berolahraga. Saat berolahraga, otot Anda menggunakan glikogen, sejenis karbohidrat, sebagai bahan bakar. Mengonsumsi sumber karbohidrat dapat meningkatkan daya tahan olahraga Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *