6 Cara menyimpan cabai agar lebih awet dan tahan lama

6 Cara menyimpan cabai agar lebih awet dan tahan lama

Yogyakarta, tersurat.com – Jangan asal-asalan menyimpan cabai ya. Banyak orang suka menyimpan cabai di lemari es untuk waktu yang lama, tetapi ini bukan hanya tentang menyimpannya tanpa penanganan yang tepat. Saat disimpan dalam waktu lama, cabai dapat berubah bentuk dari masalah biasa. Misalnya, mudah kering dan akan membusuk untuk digunakan nanti. Hal ini dapat terjadi terutama jika lemari es dibiarkan terbuka untuk penyimpanan, karena sering kali cabai cepat mengering saat suhu rendah.

Tips agar cabai awet dalam jangka panjang

1. Simpan di lemari es
Jika Anda menyimpan paprika di lemari es, mereka bisa tahan sekitar 5-6 hari. Saat disimpan pada suhu kamar, mereka hanya bertahan sekitar 2 hari. Namun, jika kelembapan di dalam ruangan relatif tinggi, dilakukan dalam waktu 2 hari.

Cabai bisa bertahan 5-6 hari di lemari es, apalagi jika suhu di lemari es dijaga pada 5 derajat Celcius. Ketika suhu rendah dikontrol dan stabil, ini mencegah penguapan dan mempersingkat waktu peluruhan.

2. Jangan dicuci
Cabai yang disimpan di lemari es harus segar. Anda juga perlu memisahkan paprika segar dari cabai busuk terlebih dahulu. Selain itu, untuk menambah daya tahan saat disimpan di lemari es, Anda tidak harus mencuci cabai terlebih dahulu.

Jangan mencucinya, karena meningkatkan kelembaban yang mengandung kadar air dan cenderung cepat rusak. Masukkan ke dalam wadah plastik berlapis kertas dan tutup rapat.

Cara agar cabai tidak mudah busuk

3. Buang batangnya
Cara menyimpan lebih banyak cabai untuk waktu lama dan tidak segera busuk. Ini bisa dilihat dari awal mula Anda membelinya. Tentunya jika tidak ada kekurangan pada awalnya, kesegaran lada akan lebih awet.

Baca Juga  Rawat kucing kesayangan yang harus kamu tau

Pilih yang baru agar tidak cepat rusak. Setelah memastikan kualitas lada yang dibeli baik, ibu tinggal memisahkan lada dari batangnya. Penting untuk menjaga agar cabai awet saat disimpan sebelum diolah, ya.

4. Simpan dalam wadah kedap udara
Agar cabai lebih awet, cara penyimpanannya adalah dengan menyiapkan wadah yang tertutup rapat. Sebelum memasukkan merica ke dalam wadah, Anda harus meletakkan dasar wadah dan alas tisu bagian dalam. Tentunya hal ini sangat berguna agar cabai lebih awet. Dalam hal ini, Anda juga harus memeriksanya.

Jika Anda merasa tisu agak basah, Anda bisa menukarnya dengan tisu baru yang masih kering. Setelah itu, Anda tinggal memasukkan semua cabai yang ingin Anda simpan ke dalam wadah. Pastikan wadah tidak penuh dengan apa yang ingin Anda masukkan untuk menghindari kerusakan pada cabai.

Merawat cabai agar tahan lama

5. Bungkus dengan tisu kering dan tambahkan bawang putih
Cara lain untuk menyimpan cabai di lemari es adalah dengan menggunakan wadah kedap udara. Jangan mencuci cabai atau tangkai batang sebelumnya. Tutup wadah dengan kain kering, tambahkan satu bawang putih segar, lalu tambahkan merica. Kemudian merica bisa bertahan hingga 3 bulan.

Bumbu dapur lain mempengaruhi cabai cepat rusak

6. Jangan mencampur cabai dengan bumbu lainnya
Saat menyimpan cabai di lemari es, jangan letakkan di samping produk lain secara tidak sengaja. Tidak disarankan meletakkan cabai di dekat produk susu seperti susu, telur, dan keju. Ini menyerap aroma lada, karena aroma lada sangat melekat. Di sisi lain, sebaiknya cabai tidak dekat dengan sayuran lain.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda lakukan di rumah. Sederhana saja, tetapi Anda bisa mencoba cara di atas dan membuat cabai lebih awet dan tahan lama untuk lemari es Anda. Jadi jangan taruh di lemari es sekarang. Jika ingin cabai tidak tercampur dengan produk lain, ada beberapa cara yang cocok, seperti mencuci cabai.

Baca Juga  5 tips mengolah beras merah agar mengembang dan enak disantap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *