buah pisang & manfaatnya

Yuk Kenali diet pisang untuk menurunkan berat badan

TerSurat.com Yogyakarta   Pisang baik untuk sarapan atau sebagai camilan jika Anda menginginkan asupan yang lebih sehat. Namun, tahukah Anda bahwa pisang juga bisa membantu menurunkan berat badan? Cari tahu tentang spesifikasi diet pisang.

Baca Juga : Ketahuilah 6 Manfaat Pisang Yang Menjadi Buah Favorit Banyak Orang Ini

Apa diet pisang?

Diet pisang adalah jenis diet di mana makan pisang di pagi hari adalah aturan utamanya. Diet ini dikenal dengan istilah banana diet dalam bahasa Inggris disebut juga morning banana diet atau diet pisang Asa. Diet pisang diciptakan oleh suami dan istri Jepang. Istrinya Sumiko Watanabe adalah seorang apoteker dan spesialis di bidang pengobatan pencegahan penyakit. Suaminya Hitoshi Watanabe sedang belajar konseling dan pengobatan tradisional Tiongkok. Diet ini dimulai saat pasangan Sumiko dan Hitoshi ingin menikah. Hitoshi bertambah gemuk dan ingin menurunkan berat badan sebelum menikah. Setelah mencoba berbagai diet dan aktivitas fitnes, akhirnya Hitoshi berhasil menurunkan berat badannya dari 80 kg menjadi 72 kg, namun ia tidak bisa menurunkan berat badan lebih dari 72 kg. Mengetahui hal ini, Sumiko menyarankan diet pisang dan diet ini membuat Hitoshi mencapai berat badan yang diinginkan. Hitoshi kemudian menyebarkan diet pisang ke komunitas-komunitas di Internet dan terjadi banyak diskusi.

Apa Aturan Makan Dengan Diet Pisang?

Tentu saja diet ini tidak hanya mencakup makan pisang untuk sarapan pagi. Di bawah ini panduan lengkap diet pisang bagi Anda yang ingin mencobanya.

  1. Makan pisang yang belum diolah untuk sarapan

Dalam diet ini, pisang menjadi makanan pertama kali yang wajig di komsumsi setelah bangun tidur sebelum memakan makanan yang lain. Pisang yang dimaksud adalah pisang utuh dan bukan pisang olahan seperti pisang goreng atau banana cake. Anda dapat memiliki lebih dari satu buah sesuai dengan keinginan Anda. Jika Anda tidak suka pisang, Anda dapat mencoba buah-buahan lain tetapi hanya mengkonsumsi satu jenis buah saja, mengganti pisang dengan apel. Setelah itu, tunggu 15 hingga 30 menit sebelum Anda bisa mengonsumsi makanan lain.

  1. Minum air
Baca Juga  5 Manfaat Minum Susu Secara Teratur untuk Kesehatan Anak Yang Wajib Diketahui Orang Tua

Dianjurkan untuk minum air putih, terutama jika Anda mengonsumsi pisang untuk sarapan pagi. Dianjurkan untuk tidak minum air dingin, dan yang terbaik adalah minum air pada suhu kamar. Anda juga bisa minum teh jahe hangat atau air putih agar tubuh tetap hangat. Jika Anda ingin meminum minuman jenis lain, tunggu 15 hingga 30 menit setelah ritual sarapan pisang Anda selesai. Diet ini tidak mengharuskan Anda mengonsumsi hingga 2 liter air per hari. Hal ini dikarenakan kebutuhan setiap individu berbeda-beda berdasarkan keadaan individu dan kondisi lingkungan seperti cuaca dan kelembaban.

  1. Anda bisa makan apa saja untuk makan siang dan makan malam

Saran makanan datang dari Jepang, terutama nasi dengan lauk pauk. Untuk makan malam Anda harus makan sebelum jam 8 malam. Jika Anda makan terlalu dekat dengan waktu tidur, tubuh Anda masih harus bekerja untuk mencernanya saat Anda tidur. Hal ini berakibat pada kenyataan bahwa pada saat bangun keesokan harinya anda tidak merasa segar dan lelah (letih) karena waktu tidur anda tidak digunakan sesering mungkin untuk mengistirahatkan organ tubuh anda. Tubuh yang lelah tidak berfungsi maksimal dan justru memicu penambahan berat badan. Anda juga disarankan untuk memperhatikan sinyal yang diberikan tubuh Anda: saat Anda benar-benar lapar, saat Anda benar-benar kenyang.

  1. Ngemil

Makanan ringan diperbolehkan, tetapi hanya satu jenis makanan ringan yang diperbolehkan antara makan siang dan makan malam. Camilan bisa berupa coklat, biskuit, atau makanan manis lainnya. Namun, hindari camilan berbahan dasar susu seperti es krim. Setelah itu, Anda tidak disarankan untuk makan camilan lagi. Makanan penutup setelah makan malam juga tidak direkomendasikan.

  1. Tidur yang cukup dan hindari bangun karena alarm
Baca Juga  6 tips sederhana untuk menghilangkan kecemasan yang berlebihan

Akan lebih mudah bagi Anda untuk mengontrol berat badan saat tubuh Anda tidak lelah. Tidur sebelum tengah malam dan bangun dari tempat tidur tanpa bangun karena alarm adalah kunci untuk menjaga tubuh Anda bekerja secara normal tanpa sumber stres tambahan. Bangun karena alarm membuat otak Anda stres atau stres, menyebabkan sistem pencernaan Anda tidak berfungsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *