manfaat kambing dan cara ternak

Benarkah sabun susu kambing lebih baik dari sabun mandi biasa?

TerSurat.com Yogyakarta – Susu Kambing merupakan salah satu alternatif susu sapi terbaik karena kaya akan vitamin dan mineral. Susu kambing tidak hanya bisa diolah menjadi makanan, tapi juga bisa diolah menjadi sabun mandi.

Baca juga: Kambing perah Bisnis yang sangat menggiurkan

Faktanya, produk perawatan kulit ini dikatakan memiliki manfaat lebih dari sabun mandi komersial. Benarkah

Proses pembuatan sabun susu kambing

Sabun susu kambing terbuat dari susu kambing murni dan bahan alami lainnya seperti kelapa dan minyak zaitun. Semua bahan mentah ini umumnya dicampur bersama alkali (pelet natrium hidroksida). Meskipun secara alami bersifat basa, dampaknya tidak sebesar sabun mandi komersial. Ini karena molekul minyak dan alkali langsung bergabung membentuk sabun. Pembuatan sabun juga menghasilkan gliserin, yang secara alami melembabkan kulit. Dibuat dengan alkali merupakan salah satu bukti bahwa itu sabun asli. Pembersih kulit atau rambut apa pun yang dibuat tanpa natrium hidroksida bukanlah sabun asli, tetapi pembersih.

Manfaat sabun susu kambing

Berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan sabun susu kambing.

  1. Bersihkan kotoran yang membandel

Susu kambing dalam bentuk aslinya mengandung asam laktat dan asam alfa hidroksi (AHA). Asam laktat dikenal sangat efektif dalam membersihkan kulit. Senyawa ini menghilangkan kotoran membandel pada kulit Anda.  Sedangkan kandungan alpha hydroxy acid menghilangkan sel kulit mati penyebab kulit kusam. Ini mempercepat proses peremajaan kulit dan membuatnya tampak cerah dan bercahaya.

  1. Memenuhi kebutuhan nutrisi kulit

Keunggulan lain dari susu kambing adalah kandungan protein dan lemaknya yang tinggi. Protein memperkuat struktur kulit dan membantu membunuh bakteri penyebab jerawat, sedangkan lemak dapat melembabkan dan mencegah peradangan kulit. Selain itu, susu kambing kaya akan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan kulit. Kulit Anda hanya bisa menerima zinc, vitamin A, B kompleks, D, dan vitamin E jika Anda rutin menggunakan sabun susu kambing.

  1. Menyeimbangkan pH kulit

PH sabun susu kambing lebih cocok untuk kulit karena kandungan asam kaprilatnya. Senyawa tersebut dapat menurunkan pH sabun sehingga hampir mirip dengan pH tubuh manusia. Ini memungkinkan kulit menyerap nutrisi lebih baik tanpa menjadi kering.

  1. Bagus untuk menjaga kulit tetap terhidrasi

Krim alami dalam susu kambing membantu menjaga kelembapan pada kulit. Jika Anda menggunakan sabun susu kambing secara teratur, Anda mungkin menemukan bahwa kulit Anda menjadi lebih lembut dan halus. Sabun susu kambing juga dibuat tidak mengandung alkohol, pewarna ,deterjen, atau limbah minyak bumi. Karenanya, produk ini dianggap lebih aman bagi orang dengan kulit sensitif atau orang yang pernah mengalami masalah kulit seperti eksim. Sabun susu kambing adalah salah satu cara anda untuk beralih ke sabun yang lebih alami tanpa bahan kimia yang membahayakan. Produk ini umumnya lebih aman untuk kulit, namun setelah pemakaian rutin akan tetap memperhatikan kondisi kulit untuk menghindari efek yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *