manfaat kambing dan cara ternak

Perhatikan 6 syarat agar penggemukan kambing berhasil

 

TerSurat.com Yogyakarta – Cara penggemukan kambing untuk kambing kurus, kambing jawa, kambing etawa dan semua jenis kambing lainnya pada dasarnya sama. Meski prinsipnya sama, namun penggemukan kambing sangat berbeda dengan penggemukan sapi dimana sapi bisa bertambah 1 kg per hari sedangkan kambing hanya berbobot beberapa gram saja. Kambing PE sendiri hanya bisa di pakai 100 gram / hari, harus pakai ransum yang baik. Artinya saat berbisnis lemak kambing kurang terlihat.

Baca Juga : Beginilah Cara Memberikan pakan kambing untuk digemukkan

Penggemukan kambing beternak kambing dengan sistem intensif dan non intensif dengan memberikan ransum yang berkualitas sesuai target pertambahan bobot badan harian yang diinginkan. Karena bobot kambing yang ringan, pertambahan bobot yang bisa dicapai juga tidak besar.

Ada 6 syarat yang harus diperhatikan untuk penggemukan kambing sebagai berikut:

1). Penghapusan semua parasit.

Perawatan pertama yang perlu dilakukan adalah menghilangkan parasit yang ada di tubuh kambing. Parasit ini biasanya berupa cacing dan kutu pada kambing yang dapat diobati dengan obat herbal atau kimiawi yang lebih tepat. Obat herbal bisa menggunakan pinang atau daun pepaya, sedangkan obat kimia memiliki efek yang lebih cepat sehingga bisa langsung beralih ke proses selanjutnya. Setelah parasit dikeluarkan dari kambing, obat herbal dapat digunakan untuk mencegah parasit / cacing menyerang kembali.

tertera di kemasan.

 2). Kandang kambing pasti bagus.

Karena merupakan tempat tinggal utama hewan ternak asalkan dirawat secara intensif dan hampir 100% kegiatan kambing dilakukan di kandang. Setiap orang makan, minum, buang air kecil, buang air besar, tidur di dalam kandang, kecuali saat mandi dan berjemur.

Baca Juga  Cobalah bisnis pembesaran ikan koi dan buat Anda tersenyum bahagia

Kandang yang bagus seperti ini:

3). Jenis kambing ditentukan.

Kambing kacang polong, kambing Bligon, dan kambing PE memiliki kinerja yang berbeda selama penggemukan dan bergantung pada kemampuan kambing untuk mengubah pakan untuk merangsang pertumbuhan tubuh. Kacang kambing begitu saja. Bobot dan ukuran kambing juga bisa diketahui, dan masih lebih baik untuk kambing Bligon dan Etawa daripada kambing Kacang.

4). Perawatan atau pemeliharaan,

perawatan hal-hal yang harus dilakukan selama pemeliharaan termasuk pemberian pakan, pemilihan p), pencegahan penyakit, pengobatan penyakit dan kebersihan kambing dan kandang. Pakan harus memperhatikan tingkat keamanannya. Hindari memberikan pakan yang mengandung sianida secara langsung, padahal kualitas pakannya bagus. Pakan tersebut harus dikeringkan dulu, misalnya daun singkong dan mangkok singkong. Kacang-kacangan seperti lamtoro juga bisa menyebabkan keracunan kambing.

5). Pakan penggemukan harus berkualitas tinggi

Hampir 70% pakan merupakan faktor kritis dalam bisnis kambing. Ada tiga jenis pakan yang bisa kita manfaatkan untuk pakan kambing: Pertama, rumput sebagai sumber serat dan energi. Kedua adalah kacang-kacangan sebagai sumber protein dan yang ketiga adalah konsentrat yang dapat digunakan sebagai pakan penguat. Jika ketiga jenis pakan di atas sulit untuk digunakan, maka Anda hanya dapat menggunakan dua yaitu antara rumput dan legum atau rumput dan konsentrat.

Ada banyak jenis rumput yang bisa dimanfaatkan, seperti rumput odot, rumput ruzi, rumput bachiaria, daun nangka, daun pisang, daun mahoni, dan lain sebagainya. Begitu juga dengan jenis tumbuhan polong-polongan seperti daun kelor, daun lamtoro, daun turi, daun indigofera, daun kaliandra dan masih banyak jenis tumbuhan polong lainnya.

6). Kambing yang dikebiri (dikebiri)

lebih baik. Mungkin ini mengarah pada interpretasi yang kontroversial. Beberapa setuju, yang lain tidak setuju, terutama jika kambing yang dikebiri dimaksudkan sebagai hewan kurban. Kebiri adalah keluarga berencana (KB) hewan ternak jantan dengan cara menghambat sistem reproduksinya atau bahkan menghilangkan fungsinya. Menurut penelitian, kambing yang dikebiri menunjukkan kinerja pertumbuhan yang lebih cepat daripada kambing yang tidak dikebiri.

Baca Juga  6 Cara menyimpan cabai agar lebih awet dan tahan lama

Sebagai peternak pasti pernah melihat kambing jantan yang bersuara keras dan mengeluarkan suara-suara aneh setiap malam berusaha kawin. Atau Anda pasti pernah melihat kambing mengunyah penisnya sendiri hingga akhirnya lemas dari sperma yang keluar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *