Siapa yang gak ingin rambut sehat berkilau, Ikutilah tips berikut ini

Siapa yang gak ingin rambut sehat berkilau? Ikutilah tips berikut ini

Yogyakarta, tersurat.com – Rambut bisa dirawat dengan beberapa cara agar sehat dan berkilau. Cara yang mudah dilakukan tanpa harus ke hairdresser adalah dengan memilih produk perawatan rambut yang tepat, menerapkan kebiasaan yang baik untuk menunjang kesehatan rambut, dan merawat bagian dalam rambut melalui asupan makanan yang sehat yaitu dengan memberikan nutrisi.

Rambut yang terlihat indah dari kejauhan memang tidak selalu tanpa masalah. Seiring waktu, rambut Anda bisa menjadi kering, lepas, atau retak. Sinar matahari, iklim, dan polusi tampaknya memainkan peran penting dalam perubahan dan kerusakan rambut. Belum lagi penggunaan blow dry, straight you atau flat iron, curling iron, dan pewarna rambut. Lihatlah berbagai cara menata rambut agar mahkota Anda selalu sehat dan indah.

    Baca Juga : 6 Masker rambut alami yang mudah dibuat, gak pakai ribet!

Di bawah ini berbagai tips perawatan rambut yang bisa Anda lakukan saat berada di rumah setiap hari.

Tips merawat agar rambut sehat berkilau

• Mulai dari kulit kepala
Anda bisa memulai metode perawatan rambut yang sehat, indah, dan berkilau tanpa melupakan kesehatan kulit kepala Anda. Mengapa? Ini karena akar rambut sudah tertanam di bawah kulit kepala. Menurut spesialis perawatan rambut dan kulit kepala, folikel rambut dipengaruhi oleh kesehatan jaringan kulit di sekitarnya dan suplai darah. Karena itu, kulit kepala merupakan inti dari rambut yang sehat.

Beberapa ahli memilih produk perawatan rambut yang mengandung alkohol berlemak atau mengatakan myristyl, cetyl, dan stearyl. Jangan lupa untuk membungkus kepala Anda setiap 2-3 hari sekali dan pijat kulit kepala Anda selama 30 detik. Pijat kulit kepala meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang folikel rambut untuk menghasilkan rambut tebal dan berkilau. Selain itu, oleskan minyak zaitun atau vitamin E ke kulit kepala. Kemudian gunakan topi untuk melindungi kulit kepala dan rambut Anda dari sinar UV yang berbahaya.

Baca Juga  Tak Perlu Biaya mahal ! Berikut 5 Bahan Alami Untuk Memutihkan Wajah

Nutrisi untuk rambut sangat penting

• Keramas
Disarankan untuk memilih shampo yang sesuai dengan jenis rambut (biasanya normal dan kekeringan) dan sesuai dengan masalah rambut (ketombe, pecah-pecah, rontok). Hindari sampo yang mengandung bahan keras seperti ammonium lauryl sulfate atau sodium lauryl sulfate. Ah, misalnya, disarankan menggunakan air hangat saat keramas. Air panas menghilangkan minyak alami dari rambut, dan air dingin bisa membuat rambut kusam. Oleskan kondisioner setelah keramas. Rambut lembut dan berkilau serta mudah ditata. Biarkan selama 2-3 menit sebelum dicuci seluruhnya.

• Pasca keramas
Rambut yang masih basah rentan mengalami kerusakan. Karena itu, jangan menyisir atau menggosok rambut yang basah dengan handuk. Tata rambut Anda saat sudah 90% kering dan keringkan kepala Anda sendiri menggunakan metode perawatan rambut yang umum.

• Manajemen harian
Ingatlah untuk mempraktikkan metode perawatan rambut dengan sedikit penggunaan aksesori rambut agar mahkota Anda tetap sehat. Merajut atau mentato kepala Anda terlalu sering (terutama terlalu ketat), jangan menyisirnya terlalu lama atau terlalu rapi, dan selesaikan kepala Anda secara teratur (setiap 10-12 minggu untuk mencegah ujung terbelah). Mengurangi penggunaan produk perawatan rambut kimia dan alat penata rambut yang menggunakan panas.

• Vitamin sebagai nutrisi Rambut
Konsumsi juga mempengaruhi kesehatan dan kecantikan rambut. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya protein (telur, susu, kacang-kacangan, ikan, ayam, daging), zat besi (kacang-kacangan, kerang, tiram, labu, bayam) dan asam lemak omega-3 (salmon atau sarden), Keju, yogurt). Anda bisa mengonsumsi suplemen biotin atau menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung sel kulit mati untuk mengurangi atau mencegah rambut rontok.

Konsultasi dengan dokter untuk perawatan rambut lebih lanjut

Selain mempraktikkan berbagai perawatan rambut yang disebutkan di atas, ada baiknya jika Anda bisa berkonsultasi dengan dokter dan membantu menjaga rambut Anda agar tetap indah dan sehat. Apalagi jika Anda memiliki keluhan terkait kesehatan rambut.

Baca Juga  Berbagai perawatan kulit yang justru bikin jerawat di wajah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *