manfaat kambing dan cara ternak

Perlu kamu Ketahui Cara memfermentasi pakan ternak kambing dengan Em4

TerSurat.com Yogyakarta –  Fermentasi pakan kambing dengan Em4 merupakan metode pembuatan pakan kambing yang banyak digunakan. Fermentasi ini memiliki keunggulan yaitu pakan dapat diawetkan untuk beberapa hari kedepan dan nutrisi yang terdapat pada pakan tidak hilang selama fermentasi ini. Cara pembuatan pakan dengan cara fermentasi ini sangat cocok untuk kambing atau domba.

Baca Juga : Istri hamil, tapi ingin memakan sate ?pelajari selengkapnya

Salah satu jenis kambing yang menggunakan pakan fermentasi adalah kambing potong. Kambing iris merupakan salah satu jenis kambing yang diawetkan untuk konsumsi daging. Periode penggemukan kira-kira 6 bulan. Pakan bergizi tinggi dan bermutu tinggi harus diberikan selama periode penggemukan ini agar bobot dapat meningkat dengan cepat. Jika penggemukan lebih cepat maka nilai jual kambing lebih tinggi.

Asupan pakan yang baik dan nutrisi tingkat tinggi diperlukan selama periode penggemukan ini. Jenis pakan yang biasa diberikan pada hewan ternak antara lain rumput, daun pakan ternak, jerami, rumput, dedak padi, vitamin, dan pakan tambahan lainnya. untuk mendukung dan mendukung produktivitas dan penggemukan kambing  hal yang harus kamu ketahui Semua pakan harus tersedia dan disiapkan. Kendala yang banyak dihadapi peternak adalah sulitnya mencari pakan di musim kemarau. Saat musim kemarau, kecukupan pakan hijau sangat terganggu. Pada musim penghujan keberadaan hijauan hijauan sangat umum sehingga permintaan sangat mudah untuk dipenuhi.

Dengan adanya kondisi diatas maka perlu dicarikan solusi agar kebutuhan pakan kambing dapat terus terpenuhi pada saat musim hujan dan kemarau. Salah satu upaya pemenuhan paka pada musim kemarau adalah dengan memfermentasi pakan kambing dengan em4. Fermentasi ini merupakan salah satu cara pembuatan pakan dengan memberikan ragi atau prebiotik agar pakan tetap bergizi baik bahkan dapat meningkatkan pencernaan hewan ternak. Produksi pakan fermentasi sangat sederhana dan tergolong sangat sederhana. Cara pembuatan pakan fermentasi ini adalah dengan menambahkan cairan prebiotik ke dalam campuran pakan hijau atau pakan lain yang bisa difermentasi. Salah satu cairan prebiotik yang umum digunakan adalah prebiotik jenis Em4.

Baca Juga  Program Petani Milenial Jawa Barat Telah Banyak Dapatkan Peminat

Cara memfermentasi pakan kambing dengan Em4

Menurut penelitian para ahli pakan, pakan yang diolah dengan cara memfermentasi pakan kambing dengan em4 memiliki banyak keunggulan. Manfaatnya bisa memperbaiki sistem pencernaan, meningkatkan produktivitas pertubuhan tubuh, dan menambah nafsu makan. Dalam hal perawatan, metode fermentasi ini akan membantu pemberian makan kamp untuk beberapa lama sehingga Anda tidak perlu repot mencari makan. Selain itu pemberian pakan hasil fermentasi membuat kotoran ternak tidak berbau, daging menjadi lebih berlemak dari pada sekedar diberi pakan ternak.

Produksi pakan kambing fermentasi dengan em4 tergolong sangat sederhana dan mudah digunakan. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan Em4 tipe prebiotik yang dapat dibeli di pertanian atau di toko pertanian.
  • untuk mencampur bahan dan memproses fermentasi siapkan tempat yang cukup luas dan rata.
  • Bahan pakan yang dapat difermentasi adalah jerami, daun pisang seal sheet, rumput hijau;
  • Potong atau potong semua pakan menjadi ukuran yang lebih kecil agar cepat dan rata. Anda bisa menggunakan mesin pencacah.
  • Larutkan molase atau air gula dan probiotik em4 (tergantung ukurannya) dengan air dalam 1 dengan jumlah yang disebutkan di atas.
  • Siapkan terpal untuk mengaduk semua bahan, kemudian larutkan cairan prebiotik agar mudah bercampur di atas terpal.
  • Tambahkan semua bahan secara bertahap ke dalam wadah dan injak hingga mengeras.
  • Tutupi semua bahan dengan rapat dengan piring agar proses fermentasi lebih lengkap.
  • Pakan fermentasi ini sudah bisa dibuka dan siap diberikan ke ternak setelah 2 minggu.

Seiring berjalannya waktu, bermunculan berbagai metode dan cara pembuatan pakan kambing alternatif. Salah satu metode terbaru dalam pembuatan pakan kambing adalah pakan ternak instan, dimana semua bahan pakan telah tercampur dari suatu pakan yang lebih dikenal dengan pakan utuh atau whole feed. Pakan lengkap merupakan metode alternatif terbaru dalam pembuatan pakan. Inovasi pakan lengkap ini adalah dengan meracik bahan terbaik untuk tumbuh kembang hewan ternak. Kandungan pakan ini terdiri dari karbohidrat, protein, serat dan vitamin mineral yang diperlukan untuk Ma

Baca Juga  7 alasan seseorang memiliki segudang skill yang belum tentu menjamin kesuksesan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *