Sering banget dianggap sama, apa sih sebenarnya perbedaan yogurt dan kefir,

Sering banget dianggap sama, apa sih sebenarnya perbedaan yogurt dan kefir?

Yogyakarta, tersurat.com – Yogurt dikenal sebagai sumber probiotik, bakteri baik yang membantu melancarkan pencernaan dan diketahui baik bagi kesehatan tubuh. Namun tahukah Anda bahwa masih banyak manfaat lain dari yogurt yang tidak boleh Anda lewatkan?

Proses fermentasi makanan seringkali tidak hanya mengubah nutrisi, tetapi juga memperkaya dan meningkatkan kualitas. Tidak seperti susu, 100 g yogurt dapat memberi Anda komponen nutrisi yang baik. Yogurt memiliki berbagai macam khasiat, termasuk pencernaan, tulang dan gigi, jantung, dan daya tahan tubuh. Saat Anda mengambil produk fermentasi ini, Anda bisa mendapatkan berbagai efek yang baik bagi kesehatan tubuh.

    Baca juga : Gak hanya cuma buat diet, berikut berbagai kandungan dan manfaat yang terdapat dalam yogurt

Selanjutnya, biji kefir mirip dengan gandum dan beras, tetapi tidak mengandung gluten. Kefir kaya nutrisi dan probiotik yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan manusia dan panjang. Kefir mengandung asam amino, protein lengkap dan banyak mineral. Olahan kefir yang paling populer adalah kefir susu. Selain digunakan dalam susu, kefir dapat diolah menjadi yogurt, campuran saus, dan dapat digunakan sebagai masker wajah. Kefir asam dan pedas.

Yogurt dan kefir memang keduanya memiliki tekstur dan warna yang serupa. Ini membuat banyak orang terkadang kebingungan memilih atau membedakan antara yogurt dan kefir. Mari kita lihat apa perbedaan antara kefir dan yogurt serta apa kesamaan dalam keduanya yang harus Anda ketahui.

Perbedaan antara yogurt dan kefir

Yogurt dan kefir adalah dua fakta yang sangat berbeda. Sangat mudah untuk menemukan perbedaan di antara kedua produk ini. Apa saja bedanya?

Baca Juga  Apa itu keratosis pilaris? Yuk mengenal kondisi bintik kecil pada kulit seperti kulit ayam dan masalah kulit yang sering disangka jerawat

1.Nutrisi dan kandungan probiotik
Kefir umumnya mengandung lebih banyak lemak dibandingkan yogurt. Meski demikian, kefir mengandung protein dan probiotik yang lebih tinggi dibandingkan yogurt. Secara umum, kefir mengandung probiotik tiga kali lebih banyak dibandingkan yogurt. Tentu saja, semakin banyak probiotik yang dikandung makanan Anda, semakin tergantung pada pencernaan dan sistem kekebalan Anda.

Tekstur serta rasa dalam yogurt dan kefir
Kefir juga memiliki tekstur yang lebih cair dan paling sering digunakan sebagai minuman. Yogurt, di sisi lain, lebih kental dari kefir. Jika Anda lebih menyukai minuman yang tidak terlalu kental namun memiliki rasa yang lebih tajam, Anda bisa makan kefir. Namun jika teksturnya lebih kental, lebih lembut dan halus, pilihlah yogurt. Karena kandungan probiotik kefir yang lebih tinggi, kefir umumnya lebih asam daripada yogurt alami.

Bagaimana cara membuat? Berikut penjelasan simpel membuatnya

Cara membuatnya berbeda. Kefir difermentasi pada suhu kamar (suhu normal), sedangkan sebagian besar produk yogurt mulai difermentasi pada suhu tinggi (suhu yang cenderung panas).

Apa saja kesamaan yang terdapat pada kefir dan yogurt?

Kefir dan yogurt sering dianggap sama karena bentuknya yang mirip. Kefir dan yogurt memang memiliki beberapa kesamaan. Ada beberapa alternatif lain untuk membuat yogurt dan kefir dengan non-susu, seperti santan, susu kambing atau susu beras, tetapi secara tradisional kedua juga dibuat dari susu sapi. Sama-sama mengandung banyak protein, kalsium, vitamin B, kalium, dan probiotik. Yogurt dan kefir adalah produk susu yang aman untuk penderita intoleransi laktosa.

Yogurt dan kefir sama-sama cocok untuk campuran smoothies dan sup buah. Kalori dalam kefir dan yogurt meningkat dengan cara yang sama ketika saya memilih kefir dan yogurt, yang memiliki aroma fruity daripada plain atau plain. Selain itu juga terdapat gula yang ditambahkan untuk memberikan rasa buah, baik yogurt maupun kefir.

Baca Juga  Makanan-makanan pantangan dan dianjurkan bagi penderita rematik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *