manfaat kambing dan cara ternak

Cara Menumbuhkan Rumput gulma (odot) Yang Baik Untuk Pakan Ternak

TerSurat.com Yogyakarta – kali ini saya akan menulis artikel yang menjelaskan cara mudah menanam Rumput gulma (odot) yang baik dan di sukai untuk pakan ternak Anda di lahan pertanian anda Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi anda yang baru mengenal beternak sapi dan kambing.

Bagi Anda yang sudah lama bertani, mungkin Anda sudah tahu kalau rumput Odot merupakan salah satu rumput paling populer di kalangan hewan ternak. Dan yang terpenting adalah mempercepat proses penggemukan hewan.

Baca Juga : Ketahuilah Cara memelihara kambing yang baik agar cepat sukses

Rumput gulma (odot) adalah salah satu bahan pakan berprotein tinggi yang secara alami memiliki pengaruh besar pada penggemukan sapi Anda. Sekilas rumput ini terlihat seperti rumput gajah karena rumput odot masih berhubungan dengan rumput gajah.

Meski begitu, asal muasal kedua rerumputan itu tidak sama, lho. Tahukah anda bawasanya rumput odot sendiri berasal dari Amerika, sedangkan rumput gajah itu sendiri beda dengan Rumput gulma (odot) rumput gajah itu sendiri berasal dari Afrika. Rerumputan odot sangat digemari oleh hewan ternak karena batangnya yang lembut dan seluruh bagian rerumputan tidak memiliki bulu sebanyak rumput gajah sehingga memudahkan untuk dimakan.

Bagi anda yang sudah penasaran dengan cara menanam odotgrass, berikut cara menanam odotgrass yang baik di darat untuk pakan ternak. Eits, tapi sebelumnya kita tahu apa itu Rumput gulma (odot) dulu biar bisa lebih paham tentang Rumput gulma (odot).

Baca Juga  Mana yang terbaik sewa atau beli rumah?

1. Apa itu Rumput Odot?

Rumput odot merupakan salah satu jenis rumput gajah (Pennisetum purpureum). Di luar negeri, rumput ini dikenal dengan nama Napier Grass atau Mott Elephant Grass. Tanaman ini dapat tumbuh di tanah dengan kesuburan rendah pada musim kemarau.

Gulma ini pertama kali ditemukan oleh Dr. W. Hanna di Georgia, AS, kemudian oleh Dr. Mott dan koleganya di Florida, AS.

Ciri khas odotgrass sendiri adalah memiliki tinggi 40-75 cm. Dalam satu rumpun, rumput ini menghasilkan 50–80 batang. Selain itu, batangnya lembut, tidak berbulu, dan menghasilkan banyak ruas dalam satu gumpalan. Dan memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari rumput gajah yaitu 11 persen.

Di Indonesia pada tahun 2007 di Tulungagung  tanaman ini dibudidayakan, Jawa Timur oleh seorang peternak kambing PE bernama Pak Odot. Inilah mengapa rumput ini disebut juga dengan rumput Odot.

Rumput gulma (odot) biasanya digunakan sebagai pakan ternak atau domba. Di musim panas, rumput ini menjadi incaran para peternak karena kualitasnya yang mampu bertahan meski dalam kondisi air yang sulit.

2. Cara menanam rumput odot yang baik

  1. Pembibitan Rumput Odot

Benih Rumput gulma (odot)  dapat diperoleh dengan stek. Bibit dipotong sepanjang 15 cm – 25 cm, kemudian dibenamkan ke dalam tanah.

Sebelum tanam lakukan pemupukan dasar tanah dengan pupuk kandang, dan lokasi penanaman rumput odot harus mendapat sinar matahari penuh.

  1. Pola tanam rumput

Rumput odot bisa ditanam dengan pola di lahan yang hanya ditanami rumput odot (monokultur) atau Rumput gulma (odot) juga dapat ditanam sebagai tanaman tangkapan yang dikombinasikan dengan pakan lain. Karena tanaman ini berukuran lebih pendek dan rumput odot juga dapat digunakan untuk menahan erosi tanah.

Baca Juga  Tips menjaga kesehatan tubuh agar tetap segar saat puasa

3. Cara yang baik untuk menanam rumput odot

  • Langkah pertama yang dilakukan adalah membersihkan areal penanaman dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya.
  • Selanjutnya potong lahan yang akan ditanami, kemudian buatlah bukit atau bedengan atau gunung kecil dengan lebar sekitar 60 cm sampai 80 cm dan tinggi sekitar 20 cm.
  • Pada setiap bukit atau bedengan ditanam minimal 5 ruas di tanah dengan 3 ruas di atas tanah dan 2 ruas di tengah bukit. Beri jarak tanaman 50 cm sampai 75 cm.
  • Serta jarak antar baris, yaitu antara 75 cm dan 150 cm.

4. Pemupukan rumput odot

Berikan pupuk cair untuk pemupukan dasar, gunakan pupuk kandang sapi atau kambing kurang lebih 3 ton per hektar lahan.

Untuk mempercepat laju pertumbuhan, Rumput gulma (odot) dapat dipupuk kembali sekitar 15 hari setelah tanam dengan menggunakan pupuk NPK urea hingga 60 kg per hektar.

Dan pupuk cair atau air kencing kambing yang difermentasi, yang digunakan sebagai pupuk cair untuk pemupukan dengan cara disemprotkan pada tanaman tanah.

5. Waktu panen

dapat dipanen setelah sekitar 70 hingga 80 hari.

  • Ciri khas Odotgrass siap panen adalah memiliki ruas batang sepanjang 15 cm.
  • Pada musim hujan, Odotgrass dapat dipanen dari umur sekitar 35 sampai 45 hari.
  • Odotgrass dapat dipanen antara 40 dan 50 hari di musim kemarau.
  • Metode panen rumput ini memotong rumput pendek yang sejajar dengan tanah.
  • Untuk hasil terbaik, disarankan agar Odotgrass dipanen pertama kali setelah panen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *