Gak hanya cuma buat diet, berikut berbagai kandungan dan manfaat yang terdapat dalam yogurt

Gak hanya cuma buat diet, berikut berbagai kandungan dan manfaat yang terdapat dalam yogurt

Yogyakarta, tersurat.com – Yogurt sendiri merupakan salah satu produk yang difermentasi dengan susu pasteurisasi. Selain itu, ditambahkan Lactobacillus Bulgaricus, bakteri yang dapat menghasilkan bakteri asam laktat dan bakteri nitrifikasi yang menyebabkan keasaman selama proses fermentasi susu.

Yoghurt susu fermentasi sering digunakan dalam minuman dan makanan untuk meningkatkan pencernaan. Namun yogurt juga sering digunakan dalam makanan dan minuman untuk mengurangi sembelit.

    Baca Juga : Deretan brand yogurt yang baik untuk kesehatan, mudah ditemukan loh..

Kandungan nutrisi dalam yogurt

Yogurt dibuat dengan mencampurkan bakteri jenis Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus dan khususnya susu matang. Biarkan campuran ini pada suhu 43-46 derajat Celcius selama beberapa jam. Susu mengandung gula yang disebut laktosa. Bakteri memecah laktosa dan menggantinya dengan asam laktat.

Zat ini membuat susu berlumpur dan memberi yogurt keasaman yang khas. Proses fermentasi makanan seringkali tidak hanya mengubah nutrisi, tetapi juga memperkaya dan meningkatkan kualitas. Tidak seperti susu, 100 g yogurt dapat memberi Anda komponen nutrisi berikut:
Energi 52 kkal, Protein 3.3 g, Lemak 2.5 g, Karbohidrat 4 g, Vitamin A 22 mg, Thiamin (Vitamin B1) 0,04 mg, Riboflavin (vitamin B2) 0,1 mg, Niacin (Vitamin B3) 0,2 mg, Kalsium 120 mg, Fosfor 90 mg, Besi 0,1 mg, Sodium 40 mg, Kalium 299 mg, dan Seng 0,6 mg.

Manfaat asupan pada yogurt ketika dikonsumsi

Jika berbicara tentang manfaat yogurt, sebagian hanya menyadari fakta bahwa yogurt bermanfaat untuk pencernaan dan sering dikonsumsi oleh orang-orang yang mengikuti program diet. Namun, manfaat yogurt lebih dari itu.

1. Sumber protein bagi tubuh
Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan pemulihan sel. Kekurangan protein dapat menyebabkan hilangnya massa otot, pola pikir yang buruk, rambut, kulit, dan kuku. Untungnya, yogurt mengandung sebagian besar protein yang Anda butuhkan. Setiap jenis yogurt mungkin mengandung protein dalam jumlah lain.

Baca Juga  Sedang menjalankan program diet? Ini manfaat yang terkandung dalam jeruk nipis

Jika Anda mencari yang memiliki kandungan protein tertinggi, cobalah Greek Yogurt. 6 ons minyak mengandung 15 sampai 20 gram protein, yang merupakan 30% dari kebutuhan harian Anda.

2. Menjaga kesehatan gigi dan tulang
Yogurt mengandung beberapa nutrisi yang membantu kesehatan tulang, seperti kalsium, fosfor, dan kalium. Beberapa jenis yogurt juga mengandung vitamin D yang membantu menyerap kalsium. Semua nutrisi ini dibutuhkan untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi serta mencegah osteoporosis.

Selain itu, mengkonsumsi yogurt tidak mengikis enamel gigi. Asam laktat yang terkandung di dalamnya justru melindungi gusi dari infeksi.

3. Mengatasi gejala gangguan pencernaan
Selain ekskresi lembut, probiotik yogurt mungkin bisa mengatasi gejala dispepsia. Misalnya, sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa bakteri Bifidobacteria dan Lactobacillus dapat meringankan gejala sindrom iritasi usus besar.

Beberapa penelitian lain juga menemukan bahwa probiotik dapat mencegah diare dan sembelit akibat minum antibiotik. Semua manfaat tersebut bisa Anda dapatkan hanya dengan mengkonsumsi beberapa sendok yogurt saja sebelum memulai aktivitas.

4. Menurunkan tekanan darah tubuh
Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi yogurt 2-3 kali sehari (atau lebih) memiliki tekanan darah yang lebih rendah. Penurunan ini mencapai 50% dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi yogurt sama sekali.

Keunggulan yogurt ini ada pada kandungan potasiumnya yang bisa menghilangkan kelebihan natrium di dalam tubuh. Sodium adalah mineral peningkat tekanan darah yang ditemukan di banyak makanan yang tinggi akan garam.

5. Menjaga kesehatan bagi jantung
Meski memiliki kandungan lemak yang tinggi, yogurt justru dapat meningkatkan kolesterol baik yang disebut HDL (High Density Lipoprotein). Menurut beberapa penelitian, mengkonsumsi yogurt dapat mengurangi risiko penyakit jantung secara keseluruhan. Kemampuan menurunkan tekanan darah juga menyehatkan jantung dan pembuluh darah. Menurut para ahli, manfaat ini lebih besar terutama pada mereka yang telah didiagnosis dengan tekanan darah tinggi.

Baca Juga  Ketahuilah 8 Manfaat Beras Merah Yang Baik Untuk Kesehatan tubuh Anda

6. Membantu dalam menurunkan berat badan
Yogurt sering disebut sebagai camilan sehat lemak-lemak. Ini karena kombinasi probiotik, protein dan kalsium dapat meningkatkan produksi hormon anti rapha, peptida GLP-1 dan YY. Jadi setelah makan yogurt, Anda bisa mengisi kapal lebih cepat dan tidak ingin memakannya lagi sampai waktu makan berikutnya.

Untuk hasil yang lebih baik, pilih yogurt Yunani dengan kepadatan protein yang lebih tinggi. Seperti halnya susu, yogurt merupakan sumber nutrisi yang bermanfaat terutama protein, vitamin, dan mineral. Ini kaya akan buah beri melalui proses fermentasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *