Pahami manfaat minum susu untuk daya tahan tubuh bagi lanjut usia

Pahami manfaat minum susu untuk daya tahan tubuh bagi lanjut usia

Yogyakarta, tersurat.com – Kebiasaan minum susu tradisional identik dengan anak karena dapat menunjang tumbuh kembangnya. Sebagai sumber nutrisi yang baik, para lansia dan orang tua justru minum susu juga. Kedua, berapa banyak susu yang dikonsumsi orang lanjut usia dalam sehari? Silakan periksa penjelasan rinci dari bawah ya.

    Baca Juga : 5 manfaat yang terkandung dalam susu beras dan cara membuatnya

Seberapa pentingkah minum susu bagi lanjut usia

Susu adalah salah satu sumber kalsium dan vitamin D terbesar dan salah satu minuman. Tubuh membutuhkan kedua nutrisi tersebut untuk memperkuat tulangnya. Vitamin D dapat meningkatkan penyerapan kalsium tubuh jika kalsium dapat meningkatkan kesehatan tulang pada lansia.

Kekurangan vitamin D membuat tulang lebih tipis dan lebih rentan patah. Padahal, proses pembentukan tulang baru bisa terhenti meski tubuh tidak memiliki cukup vitamin D. Susu juga memiliki manfaat penting lainnya untuk menjaga kesehatan orang tua:

Susu untuk pencegahan osteoporosis lansia

Pada dasarnya osteoporosis bukanlah bagian dari proses penuaan. Tapi tulang mudah menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Artinya, risiko terkena osteoporosis meningkat seiring bertambahnya usia. Ini berarti orang tua berisiko lebih besar mengalami kondisi tersebut dibandingkan orang yang lebih muda.

Umumnya wanita mudah mengalami kondisi ini saat memasuki masa menopause. Pria, di sisi lain, lebih rentan terhadap osteoporosis ketika kadar hormon testosteron tubuh mereka turun. Tak heran bila para orang tua tetap harus minum susu untuk menunda osteoporosis.

Baca Juga  Jangan sampai salah, kenalilah perbedaan asam urat dan rematik

Selain itu, kandungan kalsium dan vitamin D pada susu meningkatkan kepadatan tulang dan mencegahnya patah. Anda bisa mendapatkan hingga 306 mg kalsium dalam segelas susu rendah lemak, yang dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda. Oleh karena itu, minum susu untuk lansia dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

Susu untuk menjaga kesehatan jantung lansia

Susu mengandung kalsium dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang dan otot para lansia, serta kalium yang baik untuk jantung. Nutrisi ini berperan penting dalam menjaga tekanan darah normal pada lansia.

Pasalnya, makanan dan minuman kaya kalium bisa mengurangi efek natrium pada tubuh. Artinya semakin banyak kalium yang Anda konsumsi, semakin banyak pula natrium yang dikeluarkan dari tubuh Anda melalui urine. Kalium tidak hanya membantu mengurangi tekanan pada dinding pembuluh darah.

Hal ini sangat bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung pada lansia. Meski demikian, perawat lansia dan keluarga perlu membicarakan masalah ini dengan dokter, mengingat potasium dapat memperburuk kondisi penderita penyakit ginjal.

Susu sebagai pencegahan osteoartritis

Osteoarthritis merupakan salah satu jenis artritis yang dapat terjadi pada lansia. Namun asupan susu dianjurkan untuk pencegahan osteoartritis pada lansia. Bagaimana? Menurut Arthritis Foundation, tingginya kadar kalsium, vitamin D, dan protein dalam susu dapat menurunkan risiko penyakit tersebut.

Hal ini karena kalsium susu melindungi tulang yang menopang persendian, yang dapat memperlambat perkembangan osteoartritis. Namun demikian, hanya ketika susu dikonsumsi kita dapat menemukan manfaat yang baik dalam pencegahan osteoartritis. Di sisi lain, Anda tidak akan mengalami efek yang sama saat mengkonsumsi produk olahan susu seperti keju, yogurt, dan produk lainnya.

Baca Juga  Bagaimana Singapura menangani COVID-19, hingga dapat pujian dari WHO?

Oleh karena itu, para ahli merekomendasikan susu kepada lansia untuk kesehatan persendian sebagai salah satu pencegahan penyakit osteoartritis.

Susu untuk menjaga massa otot bagi lansia

Protein merupakan nutrisi penting bagi lansia, terutama jika mereka mengalami penurunan berat badan, menderita penyakit serius, atau sedang dirawat di rumah sakit. Saat ini, tubuh yang menua menghasilkan lebih sedikit protein dari biasanya.

Masalahnya, tubuh membutuhkan protein untuk menjaga massa dan kekuatan otot, kesehatan tulang dan berbagai fungsi sistem pergerakan manusia. Nah, susu adalah minuman kaya protein. Oleh karena itu, ini adalah salah satu minuman yang baik untuk orang tua.

Lansia yang rutin mengkonsumsi susu dapat menjaga kadar protein tubuhnya. Namun tidak hanya itu, para lansia dalam keadaan sehat dan masih membutuhkan olahraga dan aktivitas fisik lainnya untuk kesehatan mereka secara keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *