5 manfaat yang terkandung dalam susu beras dan cara membuatnya

5 manfaat yang terkandung dalam susu beras dan cara membuatnya

Yogyakarta, tersurat.com – Banyak yang mencari pilihan susu rendah lemak. Salah satu susu nabati yang paling banyak dikonsumsi untuk ditukar dengan susu lainnya adalah susu beras. Padahal, apa sih manfaat dari susu beras tersebut?

    Baca Juga : Sudah tahukah Anda bahwa kefir menyehatkan bagi tubuh? Berikut pembahasannya

Berbagai manfaat dalam susu beras

Susu beras biasanya terbuat dari beras merah dan disajikan secara normal tanpa gula. Meski demikian, banyak orang mempermanis menggunakan sari tebu atau menambahkan rasa seperti vanilla atau cokelat. Bagaimanapun cara mengkonsumsi susu beras? Susu beras memiliki manfaat yang tidak sehat. Cek daftarnya di bawah ini.

1.Kandungan alergen yang rendah dalam susu beras
Dibandingkan susu almond dan susu kedelai, susu beras merupakan produk susu nabati yang meminimalkan risiko pemicu alergi. Oleh karena itu, susu ini dapat dikonsumsi oleh siapa saja yang tidak dapat mentolerir laktosa dan alergi kacang.

2.Susu beras termasuk rendah lemak tak jenuh dan rendah kolesterol
Susu beras buatan rumah mengandung sedikit lemak trans dan kolesterol. Dalam produk jadi dan produk kemasan, kedua zat ini dapat hadir dengan efek samping dari proses pembuatan dan tambahan rasa atau gula. Meski demikian, tidak ada peningkatan yang sangat cepat. Kandungan lemak tak jenuh rata-rata produk susu beras adalah sekitar 1 g segelas.

Artinya kandungan lemak trans pada susu beras paling rendah dibandingkan dengan semua susu nabati yang ditukar susu. Oleh karena itu, susu beras sangat dianjurkan bagi mereka yang menginginkan diet rendah kolesterol dan rendah lemak.

Baca Juga  Sering menggunakan digital?? kelelahan akibat penggunaan media digital

Minum susu nabati ini juga dapat membantu kesehatan jantung Anda, karena rendah lemak dan kolesterol. Selain itu kandungan mineral magnesium yang terdapat pada nasi dan susu juga berkhasiat untuk mengatur tekanan darah.

3.Susu beras kaya akan kalsium dan fosfor
Secangkir susu beras dapat memenuhi 30% kebutuhan kalsium tubuh dan 15% kebutuhan penginapan sehari-hari. Kedua mineral dalam susu beras membantu menjaga kekuatan tulang dan gigi.

Kalsium juga menjaga tekanan darah normal, mendukung fungsi otot, dan membantu memelihara membran sel. Manusia adalah komponen dari semua membran sel dan diperlukan untuk mengaktifkan vitamin B.

4.Susu beras sangat kaya akan vitamin
Beras dan susu kaya akan 4%, Vitamin A, 10% Vitamin D dan 25% Vitamin B12 untuk memenuhi kebutuhan tubuh sehari-hari. Vitamin A diperlukan untuk berfungsinya sistem kekebalan dan penglihatan yang sehat. Vitamin D membantu menjaga sistem kekebalan, tulang dan gigi tetap kuat.

Vitamin D juga dapat membantu mengurangi risiko pengembangan jenis kanker tertentu. Vitamin B12 sendiri mendukung sistem saraf dan membantu produksi sel darah merah.

5.Susu beras mengandung banyak antioksidan
Susu nabati ini mengandung lebih banyak mangan dan selenium dibandingkan susu nabati lainnya. Termasuk dalam kedua jenis antioksidan kuat yang melindungi Anda dari infeksi dan kanker. Susu beras juga memiliki manfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi manusia.

Cara membuat susu beras yang baik untuk kesehatan tubuh

Anda bisa membuatnya sendiri di rumah untuk mendapatkan manfaat susu beras. Hanya 1 liter air dan 200 g nasi merah (brown rice). Lihat langkah-langkah sederhana di bawah ini.
1. Campur air dan beras merah hingga lembut seperti susu cair.
2. Biarkan cairan di dalam mixer setidaknya selama 30 menit.
3. Saring cairan secara perlahan ke wadah lain agar susu tidak menumpuk dan terlihat bersih.
4. Setelah beberapa saat, barulah susu beras bisa dikonsumsi. Susu beras bisa minum dalam keadaan dingin.

Baca Juga  Bad mood? Jangan remehkan 5 alasan medis ini saat merasa bad mood

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *