4 Langkah efektif untuk mencegah asam urat

4 Langkah efektif untuk mencegah asam urat

Yogyakarta, tersurat.com – Asam urat adalah salah satu jenis artritis yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Bagi masyarakat umum, kondisi ini disebut juga encok. Oleh karena itu, sebagai bagian dari pencegahan encok, perlu dilakukan penjagaan kadar asam urat pada kisaran normal. Lalu bagaimana cara mencegah asam urat?

    Baca Juga : Makanan-makanan pantangan dan dianjurkan bagi penderita rematik

Berbagai cara yang dapat mencegah terjadinya asam urat

Kadar asam urat yang normal harus dipertahankan untuk mencegah encok. Minimumnya adalah 6,0 mg/dL untuk wanita dan kurang dari 7,0 mg/dL untuk pria. Di luar angka ini, kelebihan asam urat dalam tubuh dapat menumpuk dan mengkristal di persendian, menyebabkan berbagai gejala asam urat.

Cara untuk mencegah terjadinya penyakit asam urat dan gejalanya

Namun, tidak semua orang dengan kadar asam urat tinggi mengalami gejala tersebut. Namun, orang-orang dalam kelompok ini perlu menjaga kadar asam urat untuk mencegah gejala dan serangan asam urat di masa mendatang. Pencegahan asam urat juga diperlukan bagi mereka yang berisiko tinggi terkena penyakit seperti riwayat keluarga, obesitas, dan usia paruh baya.

1.Batasan makanan dengan kandungan purin yang tinggi
Asupan purin yang tinggi merupakan salah satu penyebab asam urat. Oleh karena itu, perlu untuk menjaga pola makan dan membatasi makanan dengan kandungan purin yang tinggi untuk mencegah terjadinya asam urat.

Makanan pemicu asam urat dengan kandungan purin tinggi antara lain jeroan, seafood, daging tanpa lemak, minuman beralkohol, pemanis atau minuman, dan jenis makanan lainnya. Mengkonsumsi makanan ini bisa meningkatkan kadar asam urat dan menimbulkan gejala sekaligus.

Baca Juga  7 Kebiasaan Gaya Hidup Sehat yang Lebih Baik Dilakukan Pada Malam Hari

Di sisi lain, pilih makanan dengan kemurnian rendah yang dapat mencegah asam urat adalah buah-buahan, sayuran dengan kemurnian rendah, dan makanan sereal (beras merah dan beras merah, roti gandum dan sereal gandum) untuk diet sehat dan seimbang. Harap tetap dan pilih makanan yang tinggi protein, seperti gandum, susu rendah lemak, dan berbagai daging unggas.

2.Olahraga rutin untuk mencegah asam urat
Olahraga rutin dapat menjaga berat badan ideal sebagai langkah pencegahan berbagai penyakit, termasuk asam urat, untuk menjaga kesehatan sendi, dan secara keseluruhan.

Untuk mengurangi risiko asam urat, Anda bisa berolahraga secara rutin selama 30 menit, 5 hari dalam seminggu. Anda dapat melakukan latihan intensitas menengah seperti berjalan kaki, berenang, dan bersepeda.

3.Hindari obesitas dan pertahankan berat badan ideal
Obesitas merupakan risiko asam urat. Oleh karena itu, berat badan ideal yang sehat perlu dijaga agar tidak terjadi obesitas sebagai cara yang mencegah asam urat. Cobalah untuk menurunkan berat badan sampai Anda mencapai bentuk tubuh ideal saat Anda kelebihan berat badan.

Sebuah studi yang dilaporkan di Mayo Clinic menunjukkan bahwa Anda dapat mengurangi jumlah kalori, menurunkan berat badan, menurunkan kadar asam urat, dan mengurangi jumlah serangan asam urat tanpa membatasi makanan yang mengandung purin. Penurunan berat badan juga membantu menjaga kesehatan sendi dengan mengurangi tekanan yang diberikan pada sendi.

Untuk mencapai tujuan tersebut, batasi makanan berkalori tinggi, lakukan aktivitas fisik, dan olahraga secara teratur selama 30 menit setiap hari. Jika perlu, bicarakan dengan dokter Anda tentang metode penurunan berat badan yang tepat.

4.Minum air yang cukup setiap hari untuk mengurangi asam urat
Cairan tubuh dapat membantu mengencerkan dan membersihkan asam urat tubuh. Dehidrasi, di sisi lain, justru bisa meningkatkan risiko serangan asam urat. Karena itu, Anda perlu mengisi tubuh Anda dengan air yang cukup.

Baca Juga  Lebih baik mana dari Vitamin C, suplemen atau makanan?

Minumlah setidaknya 8 gelas air setiap hari sebagai bagian dari pencegahan asam urat. Selain itu, hindari minuman tunggal seperti soda dan jus buah karena dapat menimbulkan gejala asam urat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *