kegunaan beras merah

5 Manfaat Beras Hitam, “Nasi Terlarang” dari China

TerSurat.com Yogyakarta –  Jika Anda telah beralih dari nasi putih ke nasi merah untuk memenuhi asupan gizi makanan Anda, Anda telah membuat perubahan besar! Namun, jika Anda sedang mencari cara lain untuk lebih meningkatkan kualitas gizi makanan Anda, ada baiknya Anda sesekali beralih ke nasi hitam sebagai pengganti nasi Anda.

Baca juga : Brown Rice Vs Shirataki Rice, Mana Yang Efektif Untuk Diet?

Pernahkah Anda mendengar tentang nasi hitam? Tidak mengherankan, penggunaannya dalam makanan sehari-hari masih belum seluas dengan kerabat nasi lainnya. Sejarah beras hitam berakar dari adat istiadat Tiongkok kuno yang hanya disediakan untuk konsumsi kaisar dan keluarganya. Di sinilah nasi hitam dijuluki “Nasi Terlarang” karena jika orang biasa kedapatan makan nasi hitam tanpa izin, nyawa mereka dipertaruhkan.

Tenang saja, di zaman modern seperti sekarang ini, nasi hitam memang gratis untuk semua orang. Selain Filipina, Indonesia bahkan telah menjadi salah satu kawasan budidaya padi hitam terluas di Asia Tenggara. Dan berkat bukti medis dari klaim tentang profil nutrisi dan kemampuan penyembuhannya, beras ini kini dinobatkan sebagai salah satu biji gandum tersehat di dunia.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang berbagai khasiat gizi dan manfaat kesehatan dari mengonsumsi beras hitam.

Manfaat kesehatan dari nasi hitam

Beras hitam sebenarnya merupakan kumpulan varietas beras yang berbeda dari spesies Oryza sativa L., beberapa di antaranya adalah beras ketan. Seluruh butir beras hitam mempertahankan semua sifat alaminya karena tidak melalui proses pemutihan.

Untuk nasi jenis Nasi hitam ini memiliki tekstur yang lengket dan rasa gurih seperti kacang tanah, sangat cocok untuk membuat bubur, sebagai makanan penutup, bahan baku kue beras hitam tradisional, bhan baku roti, dan pasta. Nasi ini juga memiliki tekstur yang lebih padat dibandingkan nasi putih. Apa kelebihannya?

  1. Kaya antioksidan
Baca Juga  Peneliti China Memastikan Obat Antimalaria Dapat Mengatasi COVID-19

Beras hitam memiliki kandungan antosianin yang tinggi. Padahal, kandungannya paling tinggi di antara jenis beras lainnya. Menurut Zhimin Xu, seorang profesor teknologi pangan di Louisiana State University, satu sendok makan nasi hitam mengandung antioksidan, serat, dan vitamin E yang jauh lebih tinggi daripada blueberry dalam jumlah yang sama, menurut Live Strong. Sebagai perbandingan, blueberry merupakan buah nomor satu dengan kandungan antioksidan tertinggi dibandingkan 40 buah dan sayuran lainnya.

Antosianin telah diteliti dan ditemukan untuk membantu mencegah penyakit jantung dan melindungi dari semua jenis peradangan yang menjadi jantung dari banyak penyakit umum saat ini – dari asma hingga radang sendi hingga kanker. Diet yang mengandung beras hitam juga telah terbukti menurunkan trigliserida (lemak jahat dalam darah) dan meningkatkan kadar HDL, yang juga dikenal sebagai kolesterol baik.

  1. Kaya protein

Semangkuk nasi hitam memiliki lebih sedikit karbohidrat daripada nasi merah, tetapi lebih banyak serat dan protein. Satu porsi nasi hitam (100 gram) menyediakan 17% dari asupan protein harian Anda.

  1. Kaya vitamin dan mineral

Beras hitam mengandung sejumlah vitamin dan mineral esensial, di antaranya vitamin E, B1, B2, B3 dan B6, serta seng, magnesium, dan fosfor. Vitamin B kompleks membantu tubuh melepaskan energi dan menggunakannya secara efektif untuk aktivitas Anda di siang hari, sedangkan kandungan magnesium dan zat besi yang dikandungnya memerangi sindrom 3L: lelah, lelah, lesu. Satu porsi nasi hitam terkandung 8 persen dari nilai harian untuk unsur seng, 6 persen untuk zat besi dan 20 persen dari nilai harian untuk fosfor. Seng merupakan mineral yang mendukung sistem kekebalan tubuh, sedangkan fosfor dibutuhkan untuk pembentukan gigi dan tulang. Beras hitam juga mengandung riboflavin yang berperan penting dalam melindungi sel dari stres oksidatif dan radikal bebas penyebab kanker.

Baca Juga  Jangan sampai salah ! inilah perbedaan antara psikolog dan psikiater

Baca juga : Waspadai penyakit musiman dan konsumsilah tanaman herbal ini untuk membantu menjaga daya tahan tubuh

  1. Baik untuk detoksifikasi hati

Menurut beberapa penelitian, nasi ini berperan penting dalam menunjang kesehatan hati – terutama dalam pencegahan perlemakan hati, termasuk perlemakan hati alkoholik. Sekali lagi, ini karena adanya antioksidan tingkat tinggi dalam nasi.

Hati adalah salah satu organ terbesar di tubuh manusia, bertanggung jawab untuk mengubah nutrisi dari makanan menjadi energi untuk digunakan tubuh. Hati juga mengatur hormon dan berperan penting dalam detoksifikasi tubuh. Beras hitam dapat membantu hati menghilangkan zat beracun berkat fitonutriennya, yang sangat mengurangi stres oksidatif dalam tubuh sekaligus membantu memperbaiki dan meningkatkan fungsi jaringan apa pun.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *