kegunaan beras merah

5 sumber karbohidrat yang bisa menggantikan nasi putih

TerSurat.com Yogyakarta –  Salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia merupakan  Nasi putih. Faktanya, sebagian besar orang Indonesia tidak merasa makan apa-apa jika belum makan nasi putih. Namun, saat ini beberapa orang lebih sering mencoba makan pengganti nasi putih. Kenapa ini?

Baca juga: Apa yang terjadi pada tubuh saat kita makan lebih sedikit nasi?

1. Gantilah nasi putih dengan pengganti lainnya

TerSurat.com Yogyakarta – Nasi putih sebenarnya merupakan makanan yang kaya akan nutrisi. Nasi putih tidak hanya menjadi sumber energi harian karena tinggi karbohidrat, tetapi juga mengandung banyak nutrisi penting seperti serat, protein, magnesium, dan seng. Meskipun begitu perlu di sadari juga nasi putih merupakan salah satu makanan yang mempunyai  indeks glikemik tinggi. Karena indeks glikemiknya yang tinggi, nasi putih dapat dengan mudah dan cepat diurai menjadi gula, yang kemudian diserap oleh tubuh. Jika Anda terlalu banyak makan nasi putih, kadar gula darah Anda bisa meningkat. Hal ini tentunya berbahaya, apalagi jika Anda menderita penyakit tertentu seperti diabetes. Selain itu, konsumsi berlebihan setiap hari dapat berkontribusi pada penambahan berat badan.

2. Sumber makanan menggantikan nasi putih

Untungnya, ada sumber karbohidrat alternatif lain yang bisa menggantikan nasi putih. Makanan ini cocok untuk Anda yang sedang diet atau sedang mood mengontrol kadar gula darah.

  • Nasi merah

Beras merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan nasi putih. 100 gram beras merah mengandung 0,7 gram serat. Angka ini sedikit lebih tinggi dibandingkan 100 gram nasi putih dengan kandungan serat 0,4 gram. Selain itu, beras merah termasuk dalam kelompok karbohidrat kompleks. Artinya, makanan ini dicerna lebih lama dan menghasilkan perasaan kenyang lebih lama. Nasi merah bisa membantu Anda tidak makan berlebihan. Karena kandungan pati dalam beras merah tidak tinggi dan indeks glikemiknya rendah, beras merah dapat menjadi pengganti nasi yang baik untuk penderita diabetes.

  • Nasi merah
Baca Juga  Anjuran Makan Kurma agar Tetap Sehat

Sama seperti beras merah, beras merah juga mengandung karbohidrat kompleks yang dikenal sebagai sumber karbohidrat yang lebih baik daripada karbohidrat sederhana. Selain beras merah, beras merah juga menjadi pengganti nasi putih yang digemari banyak orang. Nasi merah memakan lebih sedikit makanan daripada nasi putih, sehingga lapisan dedak masih bertahan, memberikan warna, tekstur, dan rasa yang berbeda. Bekatul atau bekatul sendiri dipercaya mengandung sejumlah manfaat bagi kesehatan. Bagian ini sering kali dibuat menjadi minyak, yang berguna untuk mengobati berbagai penyakit. Kandungan magnesiumnya juga empat kali lebih tinggi dibandingkan nasi putih. Mineral ini penting untuk menjaga kesehatan jantung, tulang, otot, dan otak.

  • Roti gandum utuh

Roti merupakan salah satu makanan pengganti nasi. Alih-alih roti putih biasa, pilihlah roti gandum jika Anda menginginkan lebih banyak manfaat. Roti gandum utuh memiliki indeks glikemik lebih rendah daripada nasi putih. Ini akan menjaga gula darah Anda naik dengan cepat dan mencegah rasa lapar datang lebih cepat. Selain itu, roti gandum kaya akan serat. Sepotong roti gandum yang memiliki berat 46 gram mengandung 4 gram serat. Gandum sering dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan. Salah satunya, mengonsumsi gandum dapat menurunkan risiko penyakit kronis seperti gula darah dan penyakit jantung.

Sayangnya, makanan ini tidak disarankan jika Anda memiliki kondisi seperti intoleransi gluten atau penyakit celiac.

  • Oat

Oat adalah biji-bijian yang dapat membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi, gangguan gula darah, penyakit jantung, dan kanker. Makanan ini mengandung kalori lebih sedikit dibandingkan nasi putih, tetapi protein dalam oat lebih tinggi. Selain itu, oat juga mengandung fosfor, tiamin, magnesium, dan seng. Oat bisa menjadi sumber riboflavin yang baik. Riboflavin berperan penting dalam mengubah karbohidrat menjadi energi, membuat sel darah merah, dan membantu pertumbuhan.

Baca Juga  Perhatikan 6 syarat agar penggemukan kambing berhasil

Yang tidak kalah pentingnya adalah kandungan serat pada oat. Serat sangat membantu sistem pencernaan dan meminimalkan risiko kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan obesitas. Perlu Anda ketahui, oat juga mengandung gluten. Anda mungkin perlu menghindari makanan ini jika Anda mengalami intoleransi.

  • Kentang

Kentang juga menjadi makanan yang bisa menggantikan nasi putih, terutama bagi Anda yang sedang diet. Pasalnya, kalori pada kentang lebih rendah dari pada nasi putih. Kentang juga mengandung lebih banyak serat, terutama jika Anda memakannya dengan kulit masih menempel. Kulit kentang bisa meningkatkan kandungan seratnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *