kegunaan beras merah

3 Manfaat Luar Biasa Angkak, Beras Merah Buatan China

 

TerSurat.com Yogyakarta -Angkak merupakan nasi putih biasa yang difermentasi dengan jamur Monascus purpureus sehingga memberikan ciri khas warna merah-ungu tua yang diketahui banyak orang. Oleh masyarakat Tionghoa  telah memanfaatkan Beras merah ini dan dimanfaatkan sebagai pengawet makanan hampir di seluruh masyarakat Asia dan di seluruh dunia, pewarna makanan, campuran bumbu masakan dan juga sebagai bahan pembuatan arak beras.

Baca juga: Jika ingin sehat, haruskah Anda mengganti nasi dengan gandum atau nasi merah?

Selain reputasinya di dunia kuliner, nasi angkak juga telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok selama berabad-abad yang dipercaya bermanfaat untuk memperlancar aliran darah dan mengurangi gangguan pencernaan seperti diare. Apa pendapat dunia medis modern tentang manfaat nasi angkak bagi kesehatan?

Berbagai Manfaat Kesehatan Angkak (Beras Ragi Merah.

1. Menyembuhkan Demam Berdarah Dengue (DB)

Di Indonesia, angkak merupakan salah satu obat herbal yang paling populer digunakan untuk menyembuhkan demam berdarah yang tersebar luas pada saat musim hujan. Angkak dapat meningkatkan trombosit darah secara signifikan berkat efek antiinflamasinya. Hal ini berasal dari penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga yang melaporkan penurunan drastis kadar TPO (trombopoietin), ukuran utama yang digunakan untuk menilai keparahan infeksi DB dan potensi perdarahan yang mengancam jiwa, pada sumsum tulang belakang DBD. – Pasien demam.

2. Menurunkan tekanan darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi kronis yang dapat mengancam nyawa. Studi oleh Mayo Clinic menunjukkan bahwa penelitian pada manusia telah menunjukkan bahwa berkat sifat anti-inflamasi, angkak dapat meningkatkan sirkulasi darah dengan memperlebar pembuluh darah dan mengurangi peradangan. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui efek RYR pada gejala penyakit jantung dan risiko kematian dari kedua kondisi ini.

Baca Juga  Tips mengembangkan marketing plan untuk pebisnis

3. Menurunkan kolesterol

Dilansir dari Penn State Hershey Medical Center, angkak umumnya mengandung sejumlah senyawa yang mirip dengan bahan aktif dalam resep obat kolesterol tinggi yang disebut statin. Dokter meresepkan statin untuk menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan mengurangi risiko penyakit jantung. Secara khusus, beras ragi merah ini mungkin mengandung monacolin K, senyawa yang secara kimiawi identik dengan lovastatin, obat penurun kolesterol. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa angkak efektif menurunkan kolesterol jahat (LDL dan trigliserida), yang merupakan 10-33% dari kolesterol LDL.

Namun, peneliti masih belum yakin apakah beras ragi merah menurunkan kadar kolesterol karena bahan kimia statin seperti atau karena hal lain seperti beras ragi merah seperti asam lemak tak jenuh, isoflavon, dan fitosterol, yang bersama dengan monacolin K, mekanisme penurun kolesterol. dari angkak, masih belum jelas bisa menurunkan kolesterol.

Karena kandungan Monacolin K yang tinggi, sediaan ekstrak angkak diklasifikasikan sebagai obat (yang belum disetujui) oleh FDA, mengingat semua kemungkinan efek samping, interaksi obat, dan tindakan pencegahan umum dengan lovastatin. Inilah mengapa FDA meminta produsen untuk menghapus produk Angacak yang mengandung monacolin dari pasaran.

Menurut FDA, dilarang menjual suplemen beras ragi merah yang mengandung zat penurun kolesterol melebihi batas dan mempromosikan nasi angkak sebagai alternatif penurun kolesterol. Pertama, statin telah dikaitkan dengan cedera otot dan ginjal bila digunakan sendiri atau dikombinasikan dengan obat lain.

Ada kekhawatiran bahwa pasien yang diobati dengan statin dapat meningkatkan risiko cedera dan / atau nyeri otot kronis atau cedera ginjal parah dengan atau tanpa angkak (baik suplemen alami maupun herbal). Kedua, FDA percaya bahwa suplemen penurun kolesterol yang mengandung ekstrak angkak relatif baru, belum disetujui karena alasan keamanan, dan melanggar ketentuan Undang-Undang Pangan, Obat, dan Kosmetik Federal.

Baca Juga  5 tips mengolah beras merah agar mengembang dan enak disantap

4. Keunggulan lain dari Angkak

Selain ketiga kondisi di atas, beras ragi merah juga digunakan untuk membantu kondisi kesehatan lainnya, meski belum diketahui efektivitasnya. Kondisi tersebut meliputi:

  • Kadar kolesterol tinggi terkait dengan HIV
  • diabetes
  • penyakit hati, misalnya B. Hati berlemak
  • Penyakit jantung koroner
  • Berbagai Masalah pencernaan, Di antaranya diare dan gangguan pencernaan lainnya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *