6 tips sederhana untuk menghilangkan kecemasan yang berlebiha

6 tips sederhana untuk menghilangkan kecemasan yang berlebihan

Yogyakarta, tersurat.com – Gangguan kecemasan atau anxiety disorder yang berlebihan dapat terjadi pada siapa saja. Secara umum, mereka cenderung bingung dan stres. Tidak jarang kita mengabaikan perasaan ini dan berpura-pura baik-baik saja. Bahkan jika Anda merasa sangat tertekan di dalam.

Baca juga : 6 Fakta kehidupan pribadi Raden Ajeng Kartini yang jarang diketahui

Anda harus tahu bahwa Anda adalah makhluk hidup, bukan robot. Oleh karena itu, ada kalanya Anda perlu istirahat dan menghadapi kecemasan itu. Bukannya membuat dada Anda terasa lebih kencang. Ada banyak cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengurangi kecemasan berlebihan. Misalnya, praktikkan enam tip sederhana berikut ini.

Ciri-ciri mengatasi rasa cemas berlebihan

1. Istirahat yang cukup untuk memperbaiki pola tidur
Tubuh kita sebenarnya butuh 6-9 jam istirahat. Karena itu, tidur yang nyenyak itu penting. Jangan sampai tidur Anda terlarut karena dapat mengganggu aktivitas Anda. Pasti tidak ingin tidur selama kelas atau beraktivitas, kan. Ada baiknya untuk memprioritaskan bahwa Anda tidak boleh meninggalkan istirahat dan tidur. Jika Anda menderita insomnia, bersihkan atau matikan produk elektronik Anda saat Anda pergi tidur. Ini karena radiasi yang dipancarkan benda elektronik membuat kita tidak bisa tidur.

2. Banyak tertawa dan bahagia
Tertawa adalah obat terbaik untuk mengurangi kecemasan. Saat Anda merasa bahagia, Anda tidak akan merasakan kecemasan yang berlebihan. Oleh karena itu, hiburan yang bisa membuat Anda bahagia itu penting. Misalnya, menonton pertunjukan idola favorit Anda atau menonton film komedi yang menarik.

Baca Juga  Apakah perlu memenuhi suntikan Vitamin C?

Cara menghilangkan rasa cemas dan takut

3. Berolahraga secara teratur
Olahraga dianjurkan tidak hanya untuk kesehatan fisik tetapi juga untuk psikologi. Saat berolahraga, tubuh kita menghasilkan endorfin yang berfungsi untuk menenangkan pikiran. Dengan olahraga teratur, Anda bisa dengan mudah tertidur di malam hari. Ada banyak olahraga ringan yang bisa Anda coba. Beberapa dapat dilakukan tanpa bantuan alat.

4. Tenangkan pikiran Anda
Kecemasan dan kegelisahan semakin diperburuk ketika kita tidak bisa mengendalikan diri. Ada kalanya Anda harus melawan kecemasan dengan selalu berpikir positif. Tenangkan pikiran Anda alih-alih menciptakan rasa takut. Anda juga bisa melakukan yoga untuk menenangkan pikiran.

Mengatasi cemas berlebihan yang baik

5. Makan secara teratur dan bergizi
Menurut saya makanan tidak berhubungan dengan kesehatan mental. Pada kenyataannya, makanan yang Anda makan berperan besar dalam mood Anda. Jenis makanan ini tidak bergizi dan sebaiknya hindari junk food dan makanan dengan kadar gula tinggi. Dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Protein dan karbohidrat juga sangat penting bagi tubuh. Jadi jangan menyerah pada beras atau gandum.

6. Pilih untuk berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki suasana positif
Persahabatan bisa berdampak signifikan pada kesehatan mental seseorang. Orang-orang yang dikelilingi oleh orang-orang beracun cenderung merasa kewalahan dan seringkali terlalu cemas. Namun itu tidak terjadi jika Anda selalu memilih berteman dengan orang-orang yang positif. Anda dapat memiliki sejumlah teman penting yang membuat Anda bahagia. Namun, disarankan untuk segera pergi jika teman Anda sedang stres.

Sering merasa cemas dan gelisah

Jadi ini enam cara mudah untuk mengurangi kecemasan yang berlebihan. Praktikkan 6 tips di atas secara perlahan untuk mendapatkan efek positif. Jangan pernah mengabaikan tingkat kecemasan yang terjadi. Kecemasan dapat berdampak negatif bukan hanya buat diri sendiri, tetapi bisa berdampak tidak baik juga untuk sekeliling kita. Jika, kalian sudah merasa pada tingkat yang sangat sulit untuk dihindari, segeralah mencari pertolongan kepada saudara atau teman untuk menemani berkonsultasi dengan dokter. Hal tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga  Aneka ramuan tradisional sebagai obat alami batuk kering dan dahak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *