Civic Nouva, Sang Primadona tahun 90-an yang tak lekang oleh Zaman

Yogyakarta, Tersurat.com – Honda Civic memiliki sejarah panjang di Indonesia. Mobil ini sering bertukar desain antara sedan atau hatchback. Untuk versi hatchback sempat populer di era 90-an versi Civic EF, atau yang dikenal dengan Civic Nouva, sehingga harga Honda Civic jadul masih tergolong tinggi hingga saat ini karena peminatnya banyak sekali di luar sana.

Baca Juga : Sejarah Hijet, mobil rakitan pertama Pabrikan Daihatsu di Indonesia

Mengenal Lebih Dalam Civic Nouva

Civic Nouva adalah pendahulu dari Honda Civic Estilo yang dikenal dengan kode sasis SH3. Hatchback ini kompak dan low profile, membuatnya langsung sporty tanpa harus dimodifikasi. Ciri khas desain yang hingga saat ini berbentuk kotak namun sedap dipandang dan tak lekang oleh waktu. Faktanya, dia berusia lebih dari 30 tahun.

Civic Nouva juga dikenal sebagai Civic “Setrika” karena bentuk kaca belakangnya yang besar dan pipih menyerupai bagian punggung setrika. Meski banyak di antara mobil-mobil terbaru yang bermunculan belakangan ini, tidak sedikit orang yang masih mencari hatcback Honda era 90-an ini.

Di awal-awal penjualannya, Honda Civic Nouva memang laris. Untuk mobil masa itu, Honda Civic Nouva tergolong sudah canggih dan mesinnya cukup bertenaga. Bahkan akselerasinya juga tergolong cepat.

Kelebihan Honda Civic Nouva yang membuatnya masih jadi idaman hingga saat ini adalah harganya yang sangat terjangkau dan spesifikasinya yang gahar.

Harga Honda Civic Nouva berkisar antara Rp 40 hingga 55 jutaan tergantung kondisinya. Termasuk relatif murah untuk hathback retro yang tak lekang oleh waktu.

Baca Juga  Apa itu Motor Cafe Racer ? Mengenal Lebih Dalam apa itu Motor Cafe Racer

Kisaran harga untuk Honda Civic Nouva

Berdasarkan daftar penawaran yang tercatat di situs jual beli online, harga untuk Honda Civic Nouva tahun produksi 1990 berkisar di 40an juta dan 50an juta untuk produksi 1991 Dengan daftar tersedia , terlihat bahwa Civic Nouva termasuk mobil yang jarang dijual.

Pasalnya di tahun produksi yang sama, Honda juga memasarkan Grand Civic di Indonesia. Versi sedan ini memiliki populasi yang jauh lebih banyak dan tentunya efeknya membuat versi sedan dari Honda Civic lebih murah harganya. Di tahun yang sama dengan Civic Nouva, harga sedan Honda Civic dijual mulai dari harga 30an juta untuk tahun produksi 1990. Baik Grand Civic dan Civic Nouva adalah generasi keempat dari keluarga Civic.

Honda Civic Nouva, versi hatchback dari Grand Civic

Tidak ada salahnya menyebut Civic Nouva atau EF sebagai versi hatchback dari Civic LX atau Grand Civic. Karena sama-sama menggunakan mesin yang sama, yakni D15B2. Mesin dengan konfigurasi 4 silinder segaris, 16 katup SOHC 1.500 cc. Tenaga yang dihasilkan 92 hp / 6.000 rpm dan torsi 119 Nm / 4.500 rpm.

Namun, kami tidak membahas versi sedan yang sangat ketinggalan jaman. Untuk Civic Nouva, ini merupakan hasil pengembangan dari varian sebelumnya yaitu Civic Wonder yang juga tersedia dalam bentuk model hatchback.
Tak heran jika tampilan mobil ini tak jauh berbeda dengan varian sebelumnya. Ya, meski beberapa bagian telah diubah, baik itu di luar maupun di dalam.

Berbekal mesin berkapasitas besar, banyak pengguna Civic Nouva menjadikan mobil ini sebagai material untuk dijadikan sebagai mobil balap. Bodinya yang kecil membuat Nouva mampu berakselerasi atau bermanuver dengan luar biasa.

Baca Juga  Motor Custom Japstyle, Motor ala Jepang yang Mulai tumbuh Subur di Indonesia

Namun, dengan harga murah, pastinya ada resiko yang harus ditanggung. Banyak pemilik mobil ini yang mengeluhkan mobil ini agak keropos, hal ini disebabkan penggunaan bahan yang masih jauh dari standar.
Bisa dibilang kualitas buildnya tidak begitu bagus saat itu. Kamu perlu melakukan pemeriksaan secara detail agar mendapatkan mobil yang tidak keropos. Maka disarankan bagi pemilik untuk memeriksa lebih lanjut bagian bawah untuk menghindari terjadinya keropos bagian bawah karena memang mobil ini sudah termakan usia.

Penyakit Civic Nouva, turunan dari Civic Wonder

Dengan upgrade besar-besaran, ternyata Honda belum membenahi kaki-kaki Civic Wonder di generasi Civic Nouva menjadi lebih baik. Penyakit bawaan keduanya sama, yakni terletak di kaki – kaki.

Bagian yang sering bermasalah adalah shockbreaker, ball joint, dan bushing arm. Kebocoran shock atau keausan pada kaki – kaki biasanya yang sering terjadi. Dan saat dijalankan, suara yang tidak biasa muncul di bawah setir.

Selebihnya, untuk masalah perawatan Civic Nouva cukup mudah dan spare partnya murah serta mudah ditemukan di pasar suku cadang mobil atau di pasar mobil.

Keunggulan Civic Nouva

Bicara keunggulannya, Civik Nouva memiliki banyak keunggulan termasuk desain belakang yang menginspirasi Honda Brio. Kesan klasik dan elegan membuat tampilan mobil ini semakin bernilai dan memiliki nilai seni yang tinggi.

Memang, gaya kotak masih bisa dilihat dari Civic Nouva, dan mobil inilah yang juga mengakhiri gaya itu. Pada generasi penerusnya, Civic Estilo, desainnya membulat ala kapsul, membuatnya jauh lebih kekal. Namun, penggemar mobil tua ala JDM atau Pasar Domestik Jepang lebih menyukai Civic Nouva yang lebih mudah di-custom sesuai gaya dan selera.

Baca Juga  Modifikasi Motor ala scrambler, Mulai digandrungi oleh kaum milenial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *