Ingin Beli mobil tapi budget Tipis, 5 Tips Beli Mobil Bekas Taksi yang harus kamu ketahui

Ingin Beli mobil tapi budget Tipis ? 5 Tips Beli Mobil Bekas Taksi yang harus kamu ketahui

Yogyakarta, Tersurat.com – Membeli mobil bekas memang menjadi pilihan jika kamu memiliki budget terbatas. Tapi jangan khawatir, kini ada solusi yang lebih murah lagi untuk membeli mobil bekas, yaitu dengan membeli mobil bekas taksi.

Perusahaan taksi biasanya melakukan peremajaan armada taksinya dalam kurun waktu tertentu. Selain itu, mobilnya juga dijual dengan harga yang terjangkau. Beberapa penjual telah bekerja sama dengan perusahaan taksi untuk memasarkan mobil ini kepada pembeli, sehingga lebih mudah dalam pengurusannya.

Baca Juga : 6 Hal yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis rental mobil

Meski harganya relatif murah, namun kita perlu mencermati kondisi mobil tersebut. Bagaimana dengan tips berburu mobil bekas taksi? Simak ulasan berikut ini.

Hal Yang harus diperhatikan saat membeli Mobil bekas Taksi

1. Tentukan budget dan ketersediaan jenis kendaraan
Armada taksi menggunakan berbagai jenis mobil. Mulai dari sedan entry level seperti Toyota Etios Liva mulai Rp35 juta, sedan medium seperti Toyota Vios Limo mulai Rp50 juta, sedan mewah seperti Mercedes-Benz C200 dengan harga mulai Rp200 juta hingga MPV mewah kendaraan seperti Toyota Alphard dengan harga mulai Rp 250 jutaan. Kamu harus menyesuaikannya dengan kebutuhan dan budget Kamu agar tidak salah membeli mobil.

2. Lihat jarak yang ditempuh untuk mengetahui kondisi mesin
Tidak dapat disangkal bahwa Kamu akan membeli taksi bekas. Konsekuensinya jarak yang ditempuh sudah cukup jauh. Jarak yang di tempuh bisa hingga ratusan kilometer.

Tetapi jika Kamu beruntung, Kamu juga dapat menemukan taksi bekas dengan jarak tempuh yang sangat rendah, Kamu tahu. Tak sedikit taksi yang jaraknya kurang dari 100.000 km sudah tidak digunakan lagi oleh perusahaan. Jadi, Kamu harus memperhatikan dan mencarinya.

Baca Juga  Civic Nouva, Sang Primadona tahun 90-an yang tak lekang oleh Zaman

Jarak tempuh yang ditempuh memengaruhi kinerja mesin. Semakin jauh jarak tempuh atau jarak tempuh, semakin keras mesin bekerja. Kamu juga bisa mengecek apakah suaranya masih bagus atau tidak pada saat bersamaan.

Cara Cek kondisi Mobil bekas Taksi

3. Perlihatkan kaki-kakinya
Selain mesin, kaki-kaki juga menjadi bagian yang harus diperhatikan karena merupakan salah satu bagian yang rawan rusak dari mobil bekas taksi. Karena jarak tempuh yang tinggi, kaki-kaki tersebut melintasi berbagai medan selama beroperasi.

Selain itu, Kondisi ban mobil jika sudah lama tidak dipakai, akan memyebabkan kemampuan ban mencengkram jalanan jadi berkurang. Jangan sampai kaki-kaki mobil tiba-tiba menemui masalah yang bisa mengganggu perjalanan.

4. Pastikan mobil bukan bekas banjir maupun kecelakaan
Karena sangat banyaknya mobil bekas taksi yang dijual, Kita tidak tahu mana mobil yang pernah kecelakaan dan pernah menerjang banjir atau belum.

Kamu bisa mengecek rangka di bagian depan, samping, dan belakang dengan membuka kap mesin, bagasi, dan pintu mobil. Pada mobil yang mengalami tabrakan, rangka bodi tidak dapat kembali sempurna seperti yang dibuat oleh pabrik. Jadi jika ada rangka bodi yang terlihat kurang rapi, maka sebaiknya hindari.

Sementara itu, Kamu dapat menghindari mobil bekas yang kebanjiran dengan memastikan tempat taksi tersebut beroperasi. Setidaknya dengan cara ini kita bisa meminimalisir mendapatkan mobil bekas banjir.

Untuk lebih detailnya Kamu bisa cek secara detil pada bagian interior mobil. Mobil bekas banjir biasanya akan ada sisa-sisa lumpur yang tidak bersih secara sempurna di sela-sela interior. Jadi, Kamu harus teliti saat mengeceknya.

Kalkulasi Membeli Mobil Bekas Taksi

5. Bandingkan biaya perbaikan sendiri dan perbaikan oleh penjual
Beberapa dealer mobil bekas menjual mobil dengan beberapa pilihan kondisi yang berbeda. Ibarat kondisi bahannya, artinya mobil dalam kondisi dalam, tapi dealer sudah memastikan mobil sudah siap dikendarai. Harga yang ditawarkan relatif murah, namun berbagai perubahan harus dilakukan sendiri untuk menghindari kesan taksi di dalam mobil. Seperti mengecat ulang, mengganti roda, atau menambahkan interior tambahan.

Baca Juga  Motor Custom Japstyle, Motor ala Jepang yang Mulai tumbuh Subur di Indonesia

Dealer taksi bekas biasanya menjual mobil modifikasi. Mereka mengecat ulang, menukar roda, memasang audio, bahkan menyempurnakan tampilan mobil dengan body kit. Namun tentunya ada harga yang harus dibayar untuk perubahan yang sudah dilakukan.

Taksi bekas dalam kondisi bahan lebih cocok untuk Kamu yang memiliki anggaran terbatas namun suka memodifikasi mobil. Sehingga Kamu bisa melakukan perbaikan mobil secara bertahap.

Jika Kamu tipe orang yang tidak punya waktu untuk merawat mobil, membeli mobil yang sudah dimodifikasi dan diperbaiki oleh dealer adalah pilihan yang cerdas, meskipun Kamu harus mengeluarkan lebih banyak uang di awal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *