8 Ide taman minimalis kekinian yang unik

8 Ide taman minimalis kekinian yang unik

Yogyakarta, tersurat.com – Siapa yang tidak ingin memiliki taman yang indah di pekarangan? Bayangkan suatu sore duduk dan bersantai di taman Anda sendiri sambil minum kopi dengan pemandangan hijau dan lagu-lagu indie. Istirahat yang sempurna tak tertandingi! Jika Anda memiliki sebidang tanah kecil, jangan bingung. Taman minimalis bisa menjadi solusi yang tepat.

    Baca Juga : Tanaman hias Aglaonema, Cara merawat agar warnanya mengkilap

Taman minimalis untuk mempercantik hunian

Mendesain taman di ruang kecil itu sulit, tetapi juga bisa menguntungkan dibandingkan taman besar biasa. Karena lahannya kecil, biaya tenaga dan perawatan diminimalkan. Selain itu, Anda juga dapat sepenuhnya fokus pada detail tema dan aksen yang Anda berikan pada taman kecil Anda. Masih bingung bagaimana cara membangun taman?

Berbagai inspirasi taman minimalis

1. Memanfaatkan sisa ruang di samping rumah
Anda perlu memanfaatkan sisa ruang pada rumah minimalis yang dibangun di atas tanah yang sempit. Lihatlah halaman kecil di dekat dapur atau di dekat kamar tidur. Nah, sisa ruang ini bisa dibuat menjadi taman yang sangat kecil.

2. Taman minimalis di area balkon
Meski begitu, dalam hal pemanfaatan ruang, Anda juga bisa membuat taman di balkon lantai dua atau tiga rumah. Padahal, salah satu ciri rumah minimalis adalah arsitekturnya yang tidak mengembang dan menumpuk. Karena itu, daripada membiarkan balkon atas menganggur, lebih baik menggunakannya sebagai taman. Karena sedang di lantai atas, tiba-tiba tidak ada cara untuk menanam tanaman di tanah. Karenanya, tanaman hias dalam pot menjadi pilihan tanaman yang paling cocok. Anda juga bisa meletakkan pot ini di sekitar balkon dan menggantungnya di langit-langit.

Baca Juga  Belajar Memahami tanaman hias secara umum beserta deskripsinya

3. Menggunakan model area rumput terbuka
Anda bisa mendesain taman seperti ini agar area taman mungil Anda terlihat lebih luas dan lebar. Intinya, Anda hanya perlu menempatkan rumput bebas tanaman atau rumput gajah di tengah taman. Area berumput ini akan menjadi titik fokus atau focal point yang tepat untuk membuat taman Anda terlihat lebih luas. Anda juga bisa menambahkan tanaman lain di sekitar halaman untuk menambah keindahan taman Anda.

4. Penataan pot semen minimalis
Menanam tanaman langsung di tanah terkadang dapat membuat bentuk berantakan dan ruang sempit. Jadi letakkan tanaman Anda berdampingan minimal dalam pot semen dan sesuaikan dengan bentuk ruang yang tersedia agar taman Anda terlihat lebih kompak.

Taman minimalis yang modern

5. Taman lucu di pojok teras
Tidak ada alasan tanah terlalu sempit untuk membuat taman minimalis. Anda bisa memilih salah satu sudut teras rumah Anda dan mengubahnya menjadi taman dengan bunga berwarna-warni. Meski kecil, taman ini tetap menambah kesegaran dan estetika hunian Anda.

6. Taman minimalis di teras bagian tangga
Tidak jarang bagian utama rumah dibuat lebih tinggi dari teras atau pekarangan. Ini biasanya dilakukan untuk menghindari hal-hal seperti banjir. Nah, menanam tanaman di area anak tangga dan menambahkan rerumputan di antaranya juga bisa menjadi alternatif taman minimalis

Memanfaatkan berbagai lahan untuk taman minimalis

7. Gabungkan dengan kerikil dan batu
Alih-alih mempercantik halaman rumah Anda, meletakkan tanaman Anda secara berlebihan akan membuat terlihat berantakan. Untuk itu, Anda perlu menata komposisi taman secara bijak agar sesuai dengan lahan yang tersedia. Menggabungkan tanaman dan bebatuan dapat membuat taman Anda lebih bersih dan monoton.

Baca Juga  Jangan lupa koleksi tanaman hias gantung unik untuk dekorasi rumah, minimalis!

8. Menambahkan elemen air
Suara alami gemericik air di tengah hiruk pikuk kehidupan kota bisa membangkitkan ketenangan jiwa dan raga. Untuk itu, menambahkan kolam dan air mancur kecil bisa menambah makna pada taman minimalis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *