Kapasitas besar tempat susun tanaman lebih memiliki segudang manfaat

Ketahuilah Berikut Tanaman Herbal Yang Mudah Tumbuh Di Rumah

Ketahuilah Berikut Tanaman Herbal Yang Mudah Tumbuh Di RumahKapasitas besar tempat susun tanaman lebih memiliki segudang manfaat

TerSurat.com- Tanaman Herbal Yang Mudah Tumbuh Secara Alami Memiliki Berbagai Manfaat Hidup. Berbagai khasiat baik bisa Anda dapatkan dari menanam tanaman herbal di rumah, terutama untuk kesehatan Anda.

Ramuan obat ini biasanya diramu dan digunakan sebagai obat untuk penyakit. Menanam tanaman herbal di pekarangan pada dasarnya merupakan upaya untuk mengatasi gangguan kesehatan ringan secara mandiri baik individu dalam keluarga, kelompok, maupun masyarakat.

Tanaman herbal yang mudah tumbuh bisa menjadi pilihan yang tepat. Tanaman herbal biasanya bisa dijadikan jamu atau bumbu masak. Keberadaan tanaman herbal di rumah tentunya tidak akan membuat Anda repot membeli bahan masakan atau pertolongan pertama untuk berbagai gangguan kesehatan.

Baca Juga : Suplemen dengan kandungan Purwaceng meningkatkan stamina pria

Berikut rangkum tanaman herbal yang mudah tumbuh dari berbagai sumber pada Senin (21/9/2020).

Jahe

Tanaman herba pertama yang mudah tumbuh adalah jahe. Jahe merupakan tanaman yang mudah tumbuh di pekarangan rumah dan termasuk tanamn tropis serimg di gunakan sebagai bahan rempah – rempah. Tanaman ini juga bisa ditanam dalam wadah yang bisa dipindah-pindah jika perlu.

Jahe merupakan ramuan alami yang dapat mengobati ketidaknyamanan perut. Selain itu, bumbu dapur ini juga dapat digunakan sebagai bahan dapur untuk menciptakan cita rasa makanan yang enak.

Lidah buaya

Jenis tanaman herbal yang mudah tumbuh dan memiliki khasiat yang beragam adalah lidah buaya. Tidak memakan banyak tempat, tanaman lidah buaya menjadi favorit banyak orang.

Tanaman ini berkhasiat untuk kesehatan rambut. Anda bisa mengoleskan lidah buaya ke rambut Anda untuk rambut tebal. Selain itu lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat, diabetes, sembelit, radang tenggorokan, dan berbagai penyakit lainnya.

Baca Juga  Brown Rice Vs Shirataki Rice, Mana Yang Efektif Untuk Diet?

Daun kemangi

Daun kemangi adalah ramuan mudah berikutnya untuk ditanam. Meski daun ini menjadi ciri umum dalam sajian kuliner Indonesia, namun tidak banyak orang yang mengetahui khasiatnya. Daun kemangi yang mengandung sifat anti inflamasi dipercaya dapat membantu mencegah nyeri sendi.

Selain itu, unsur antimikroba yang dikandungnya dapat mencegah terjadinya infeksi. sebagai tanaman obat di rumah kemangi jadi pilihan kebanyakan orang.

Rosemary

Tanaman herba selanjutnya yang mudah tumbuh adalah rosemary. Tanaman rosemary berbentuk seperti semak pinus. Batang tanaman yang satu ini berukuran panjang, namun daunnya pendek dan berbentuk seperti jarum. Menanam tanaman ini di rumah akan membuat taman Anda semakin indah.

Rosemary merupakan bumbu pelengkap untuk pengolahan daging. Manfaatnya bagi kesehatan dapat mengurangi gejala flu, mengobati sakit kepala, mengatasi masalah pencernaan seperti kembung, sembelit, dan mual. Selain itu, rosemary juga efektif untuk penyembuhan luka yang cepat, pengobatan eksim yang efektif, menstabilkan tekanan darah, dan meredakan penyakit rematik. Memproses rosemary itu mudah. Rebus daun rosemary dan sajikan dengan teh. Anda bisa menambahkan madu.

Kunyit

Tanaman herba selanjutnya yang mudah tumbuh adalah kunyit. Sama seperti jahe, menanam kunyit tidak membutuhkan perawatan khusus. Tanaman tropis ini mudah tumbuh di mana saja, bahkan dalam pot berukuran kecil.

Selain mudah tumbuh, kunyit dipercaya memiliki banyak khasiat antara lain menyehatkan pencernaan, melindungi kecerdasan otak, menyembuhkan luka, dan mengurangi pembengkakan.

Daun cincau

Daun cincau ini memiliki banyak khasiat diantaranya mengobati berbagai penyakit seperti obat panas, demam, sakit maag, sakit perut atau mual, serta melancarkan saluran pencernaan. Salah satu jenis tumbuhan herba yang mudah ditanam adalah tanaman anggur yang tumbuh. Jadi jika Anda tidak memiliki taman yang cukup luas, Anda bisa memanfaatkan tanaman ini untuk merambat di dinding atau pagar rumah Anda.

Baca Juga  Meskipun terasa lezat, tapi apakah sayur goreng tergolong menyehatkan?

Selama lingkungannya cukup berair dan ada dukungan berupa tumbuhan lain yang dapat berkembang biak, maka daun cincau ini dapat langsung tumbuh. Cara mengolah daun cincau untuk menghilangkan panas adalah dengan memasaknya lalu diuleni hingga airnya mengental dan berubah menjadi hijau. Peras daun cincau dan saring.

Air cincau hasil saringan harus segera diminum, karena jika dibiarkan terlalu lama maka air cincau akan menjadi lebih kental sehingga sedikit sulit untuk menelan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *