kumpulan tanaman herbal

Manfaat Bunga Telang Ungu Jarang Diketahui Baik Untuk Kesehatan

Manfaat Bunga Telang Ungu Jarang Diketahui Baik Untuk Kesehatankumpulan tanaman herbal

TerSurat.com Yogyakarta – Belum banyak orang yang mengetahui manfaat bunga telang ungu. Tanaman merambat ini memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, anti-kanker, anti-mikroba dan anti-diabetes.

Baca Juga : 5 Manfaat Yang Tubuh Anda Dapatkan Saat Mengkonsumsi Kunyit

Manfaat Bunga Telang Ungu

1. Dapat Mengobati diabetes

Khasiat bunga telang ungu untuk kesehatan dapat disulap menjadi mengatasi masalah diabetes. Diabetes melitus (DM) adalah kelainan metabolisme yang ditandai dengan hiperglikemia (gula darah tinggi), dislipidemia (gangguan metabolisme lipoprotein), dan metabolisme protein yang tidak normal akibat gangguan sekresi insulin.

Efek hipoglikemik ekstrak bunga telang telah dibuktikan dalam percobaan pada tikus. Pemberian oral ekstrak air bunga Telang (400 mg / kg berat badan) pada mencit dapat menurunkan glikosilasi glukosa serum dan hemoglobin. Salh satu yang menjadikan manfaat yaitu bunga telang ungu di jadiakn untuk  meningkatkan insulin serum, glikogen otot hati, dan tulang.

Aktivitas antidiabetes dari komponen aktif juga dapat dicapai dengan menghambat pembentukan produk akhir glikasi lanjutan (AGEs). Telah dilaporkan bahwa ekstrak bunga telang pada konsentrasi 0,25 hingga 1,00 mg / ml secara signifikan menghambat pembentukan AGE, serta menurunkan kadar fruktosamin dan oksidasi protein.

2. Digunakan Sebagai Anti kanker

Bunga telang memiliki komponen anti kanker yang aktif. Tak heran jika manfaat bunga telang ungu sangat bagus untuk mengatasi masalah kanker. Bahkan sudah ada beberapa penelitian yang secara gamblang menggambarkan manfaat bunga telang ungu ini. Aktivitas antiproliferatif ekstrak bunga telang terhadap enam jenis galur sel kanker telah dilaporkan oleh Neda et al. (2013) dalam International Food Research Journal. Ekstrak air bunga telang dapat menghambat jalur sel kanker payudara MCF-7.

Baca Juga  Ketahuilah Manfaat Daun Perilla (Chinese Basil Leaves) untuk Kesehatan

Hanya saja tidak terlalu efektif dalam menghambat jalur sel kanker payudara MDA-MB231, jalur sel kanker ovarium, jalur sel kanker serviks, jalur sel kanker hati, dan jalur sel kanker kelamin pria. Terdapat manfaat yang lain juga ekstrak metanol bunga telang memiliki aktivitas menekan pada angiogenesis. Angiogenesis adalah proses sel kanker membentuk pembuluh darah baru.

3. Penyegah gaganguan  saraf

Manfaat bunga telang ungu dapat membantu mencegah gangguan saraf karena kandungan antioksidannya. Antioksidan pada bunga telang menahan radikal bebas, penghambat enzim oksidatif, sebagai pengkhelat ion logam dan sebagai kofaktor enzim antioksidan. Banyak penelitian telah menunjukkan hubungan antara radikal bebas dan gangguan mood seperti kecemasan dan depresi, serta penyakit neurologis seperti Parkinson dan Alzheimer.

Antioksidan dapat bekerja melawan peradangan saraf yang disebabkan oleh kerusakan radikal bebas. Dipercaya bahwa inilah penyebab penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson. Dengan mengurangi radikal bebas dengan manfaat bunga telang ungu, antioksidan dapat memperbaiki gejala yang berhubungan dengan kecemasan dan depresi. Berdasarkan metode ORAC, aktivitas antioksidan pada bunga telang lebih baik dibandingkan dengan buah ardisia colorata dan jamblang.

4. Digunaka sebagai anti Antiinflamasi

Bunga telang memiliki sifat anti inflamasi dan analgesik. Tak heran jika manfaat bunga telang ungu bisa menghilangkan rangsangan yang merugikan. Ini termasuk sel yang rusak, teriritasi, dan patogen yang memulai proses penyembuhan. Anti inflamasi merupakan salah satu komponen yang dapat mengurangi peradangan. Zat anti inflamasi juga bekerja sebagai analgesik, yang dapat memengaruhi sistem saraf untuk memblokir sinyal nyeri ke otak. Efek antiinflamasi dan analgesik ekstrak petroleum eter dari bunga Telang (masing-masing 200 mg / kg berat badan dan 400 mg / kg berat badan) pada tikus dilaporkan oleh Shyam Kumar & Ishwar (2012) dalam International Research Journal of Pharmacy. .

Baca Juga  Ketahuilah beberapa Gejala Virus Corona COVID-19 Yang Harus Diwaspadai!!

Aktivitas inflamasi ekstrak etanol bunga telang menunjukkan bahwa kinerja ekstrak bunga telang setara dengan aspirin. Efek anti inflamasi ekstrak bunga telang ungu terhadap inflamasi dapat melindungi dari penyakit inflamasi kronik. Secara khusus dengan menekan produksi mediator pro-inflamasi yang berlebihan dari sel makrofag.

5. Dapat Mengobati Sakit asma

Manfaat kesehatan bunga telang ungu selanjutnya dapat mengatasi masalah asma. Perawatan ini juga telah banyak digunakan di India untuk membantu mengatasi masalah asma dan batuk. Sejumlah penelitian telah dilakukan untuk memastikan khasiat bunga telang sebagai antiasma dan pereda batuk.

Rangkaian penelitian meliputi penggunaan ekstrak bunga telang dosis tinggi (100, 200 dan 400 mg / kg bobot badan hewan uji).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *