kumpulan tanaman herbal

6 tanaman herbal dikatakan dapat menurunkan tekanan darah tinggi

6 tanaman herbal dikatakan dapat menurunkan tekanan darah tinggikumpulan tanaman herbal

TerSurat.com  Yogyakarta – Ada sejumlah tumbuhan yang dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Jika tekanan darah naik, penting untuk segera mendapatkan pertolongan pertama untuk menurunkan atau menstabilkan tekanan darah. Seseorang dikatakan mengalami kondisi ini jika hasil tes tekanan darahnya menunjukkan nilai 130/80 mmHg atau lebih.

Baca juga: 6 jenis tanaman herbal untuk membantu mencegah infeksi virus corona

Hipertensi tidak boleh dianggap enteng, karena kondisi tersebut dapat menyebabkan jantung memaksa jantung untuk memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh. Selain itu, peningkatan jumlah atau volume total darah di pembuluh darah menyebabkan organ-organ tersebut bekerja lebih keras, yang meningkatkan tekanan pada pembuluh darah dan memengaruhi peningkatan tekanan darah. Kondisi ini semakin membebani hati dan organ vital lainnya.

Tekanan darah tinggi yang berlangsung lama dan tidak ditangani dengan benar dapat menyebabkan kondisi yang lebih serius seperti penyakit jantung atau stroke. Namun jangan khawatir, Anda bisa mencoba berbagai jenis tumbuhan atau herbal untuk menurunkan tekanan darah. Hal ini tentu saja sejalan dengan konsumsi obat sesuai petunjuk dokter.

Tanaman apa yang bisa digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi?

1 lembar daun kemangi

Salah satu tumbuhan yang dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah adalah kemangi atau kemangi (Ocimum basilicum). Daun kemangi mengandung eugenol yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu kandungan senyawa pada daun kemangi dikatakan dapat membantu mengendurkan pembuluh darah sehingga tekanan darah dapat turun atau kembali normal.

2. Seledri

Selain daun kemangi, Anda juga bisa memanfaatkan seledri untuk menurunkan tekanan darah. Ada penelitian pada hewan laboratorium (tikus) yang menemukan bahwa ekstrak seledri ternyata bisa membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, mengonsumsi seledri dikatakan dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah.

Baca Juga  Boleh ngak sih ibu hamil makan daging kambing, adakah manfaatnya?

3. Bawang putih

Orang dengan tekanan darah tinggi juga disarankan untuk mengonsumsi bawang putih. Karena jenis tanaman ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga kesehatan pembuluh darah. Makan bawang putih dikatakan menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

4. Kayu manis

Meningkatnya tekanan darah? Cobalah kayu manis. Kayu manis dikatakan membantu menjaga kesehatan jantung, termasuk tekanan darah. Belum diketahui bagaimana kayu manis dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, tetapi mengonsumsi makanan ini diyakini dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

5. jahe

Orang dengan tekanan darah tinggi juga bisa menurunkan tekanan darah dengan mengonsumsi jahe. Tanaman ini telah lama digunakan untuk menjaga kesehatan organ jantung, termasuk kadar kolesterol dan tekanan darah.

6. Kapulaga

Kapulaga juga baik untuk penderita tekanan darah tinggi. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi kapulaga secara rutin dapat membantu menurunkan tekanan darah. Pelajari tentang tekanan darah tinggi dan jenis tanaman yang dapat digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dengan bertanya kepada dokter tentang penggunaan Halodoc. Anda dapat dengan mudah menghubungi dokter kapan saja, di mana saja melalui video / panggilan suara dan obrolan. Unduh Halodoc sekarang dari App Store dan Google Play!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *