kumpulan tanaman herbal

6 jenis tanaman herbal untuk membantu mencegah infeksi virus corona

6 jenis tanaman herbal untuk membantu mencegah infeksi virus coronakumpulan tanaman herbal

TerSurat.com  Yogyakarta – Pandemi Covid-19 membuat khawatir banyak orang melakukan berbagai hal berbagai cara agar daya tahan tubuh kuat dan tidak mudah terjangkit virus corona baru. Satu hal yang umum di kalangan masyarakat Indonesia adalah konsumsi selai atau berbagai jenis tanaman herbal yang dipercaya dapat meningkatkan stamina atau kekebalan tubuh. Padahal, asumsi atau metode ini bukan hanya sekedar penemuan.

Baca juga: Inilah tumbuhan herbal yang bisa menambah stamina

Kepala Coronavirus Kementerian Kesehatan (B2P2TOOT) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Akhmad Saikhu, MSc. PH., Menjelaskan bahwa ada beberapa jenis tumbuhan yang secara empiris bermanfaat untuk meningkatkan stamina sehingga baik untuk mencegah infeksi virus corona. Berikut daftarnya:

1. Gotu kola.

Tanaman yang memiliki nama latin Centela asiatica ini memiliki manfaat sebagai imunomodulator pada penyakit yang membutuhka1n pertahanan sel dan humoral sistem imun yang termasuk juga kedalam salah satu jenis tanaman tradisional. Kandungan glikosida triterpenoid dan senyawa asiatikosida dapat mempercepat perbaikan sel kulit dan meningkatkan resistensi non spesifik.

2. Bawang Putih

Tanaman yang bernama latin Allium sativum ini dikenal memiliki banyak khasiat seperti: Menjaga kesehatan dengan mengatur hormon Mengatur aliran darah Bahkan dapat meningkatkan fluiditas seksual. Jika dilihat lebih jauh, bawang putih ini juga memiliki fungsi peningkat kekebalan yang mengesankan. Bawang putih mengandung allicin, komponen kuat yang dapat menghancurkan bakteri dan infeksi.

3. Temulawak

dengan nama latin Curcuma xanthorrhiza Roxb. Diketahui memiliki efek yang baik pada peningkatan stamina atau kekebalan. Temulawak mengandung beberapa senyawa kimia yang terdapat pada rimpang, antara lain: Fellandrean dan Turmerol, atau minyak atsiri yang sering disebut minyak evaporasi, Kamfer Glycosides Foluymetic Carbinol Curcuminoids Curcuminoids terdiri dari kurkumin dan desmetoxicurcumin, yang antara lain bermanfaat, untuk: Mencegah Racun Antioksidan Sel Hati

Baca Juga  Bad mood? Jangan remehkan 5 alasan medis ini saat merasa bad mood

4.  Meniran

Tanaman dengan nama latin Phyllanthus niruri   ini secara empiris dapat digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya Pengobatan Penyakit Ginjal Sariawan Malaria Tekanan Darah Tinggi Kencing Turun Nyeri ginjal Batu kencing dan gangguan bilier Sebagai obat diare Sebagai salah satu antipiretik Dalam dunia farmasi, jangan khawatir ekstrak meniran juga telah teruji secara klinis sebagai imunomodulator atau penguat kekebalan tubuh.

5. Tanaman kunyit 

dengan nama latin Curcuma domestica Val terbukti mengandung bahan aktif spesifik yaitu kurkuminoid dan ukanon tipe A, B, C dan D yang merangsang daya tahan tubuh.

6. Koleksi Mangga Lihat

Tanaman dengan nama latin Curcuma Mangga ini memiliki aktivitas fagositik terkuat dibandingkan empon lain yang diketahui adalah mereka meningkatkan stamina. Akhmad Saikhu memastikan khasiat berbagai jenis tanaman sudah teruji secara klinis untuk menambah stamina. Hasil penelitian tentang topik ini juga dipublikasikan oleh B2P2TOOT, Tawangmangu, Karanganyar dalam buku Vademekum Tanaman Obat untuk Pengudusan Jamu tahun 2013. Saikhu menjelaskan saat menghubungi kami. Karena khasiatnya sebagai imunomodulator, enam jenis tanaman yang disebutkan di atas kini cocok dikonsumsi untuk mencegah infeksi virus corona. Tanaman dapat dikonsumsi dengan merebus 2-3 jenis bahan kering per 10 g dalam 400 ml air atau 2 gelas air selama 15 menit. Kemudian diminum 2 kali sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *